SOLOPOS.COM - Bak sampah dipenuhi bungkus makanan dan minuman meluber di Jl, Slamet RIyadi seusai CFD Solo, Minggu (22/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo akan melakukan tindakan tegas terhadap pedagang dan pengunjung yang membuang sampah sembarangan saat Car Free Day atau CFD di Jl Slamet Riyadi, Minggu pagi.

DLH akan memberi teguran langsung bagi pengunjung dan pedagang yang buang sampah sembarangan. DLH juga akan meminta bantuan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, untuk turut mengawasi warga yang beraktivitas di CFD dan membuang sampah seenaknya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

DLH sudah sering memberikan sosialisasi kepada pengunjung dan pedagang tetapi mereka masih bandel dan terus membuang sampah sembarangan. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Solo, Arthaty Mulatsih, kepada wartawan, Selasa (2/8/2022), mengatakan sudah berusaha memberikan fasilitas di CFD agar warga tak buang sampah sembarangan.

Tetapi hasilnya belum optimal, bahkan menurut DLH beberapa pedagang dan pengunjung CFD tetap masih membuang sampah tidak pada tempatnya, pun dengan para pengunjung.

“Kami sudah melakukan upaya sosialisasi kepada para pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, tetapi masih sering ditemui sampah berserakan setelah CFD. Padahal, kami juga memfasilitasi tempat sampah di 40 lokasi berbeda, tetapi masih tidak membuahkan hasil,” ungkapnya.

Baca Juga:DLH Solo Kritik Pedagang dan Pengunjung CFD Tak Disiplin soal Sampah

Sanksi

DLH Solo siap mengambil langkah tegas bagi pengunjung dan pedagang yang ketahuan buang sampah sembarangan. Mengenai sanksinya, masih akan dibahas lebih lanjut dengan dinas-dinas terkait.

“Kami berusaha melalui publikasi dan edukasi untuk membuat warga dan pedagang taat dan tidak membuang sampah sembarangan. Kami masih akan terus membahas hal ini dengan dinas-dinas terkait, seperti Dinas Perdagangan Solo,” ulasnya.

Selain itu, DLH Kota Solo juga akan berusaha meminta bantuan dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, untuk menertibkan pengunjung CFD yang membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Seru! Finalis PPS 2022 Ajak Anak-Anak Dolanan Bareng di CFD Solo

Sejauh ini, DLH Solo terus berupaya menghubungi putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut. “Kami akan coba berkolaborasi dengan Mas Gibran untuk menertibkan pengunjung dan pedagang, karena isu persampahan di CFD ini sudah berlarut-larut dan harus segera diselesaikan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya