SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Harianjogja.com, KULONPROGO-Serangan hama wereng ternyata juga melanda Desa Banaran, Kecamatan Galur sejak dua pekan terakhir. Rencananya Jumat (25/10/2013) pukul 06.30 WIB pemerintah desa setempat akan melakukan penyemprotan insektisida secara massal.

Kepala Desa Banaran, Dwi Haryanto mengungkapkan, lahan pertanian yang terserang wereng berada di beberapa titik. Serangan hama itu menyebabkan tanaman padi di wilayah setempat akhirnya mati karena mengering.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah banyak yang mati. Jadi penyemprotan besok itu untuk memutus daur hidup wereng agar tidak lagi menyerang ketika penanaman baru dilakukan,” ujar Dwi kepada Harian Jogja, Kamis (24/10/2013).

Mengenai total luasan lahan yang kena serangan wereng, Dwi tidak bisa merinci secara pasti. Pasalnya, petak lahan yang terserang hama wereng menyebar di seluruh bulak pertanian di wilayah itu.

“Kami susah merinci luasannya kalau masalah itu. Hanya saja penyemprotan ini merupakan upaya yang ketiga kalinya,” tandasnya.

Sebelumnya, lanjut Dwi, penyemprotan sudah dilakukan di wilayah itu. Pekan lalu, Dinas Pertanian da Kehutanan bersama Pemdes telah melakukan penyemprotan awal. Untuk penyemprotan terakhir merupakan upaya pembersihan agar daur hidup wereng benar-benar terputus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya