SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Kota Madiun untuk ke-14 kalinya mendapatkan penghargaan bergengsi tingkat nasional di bidang kebersihan, yakni Piala Adipura 2018 pada kategori kota sedang.

Prosesi penyerahan penghargaan Adipura, seperti dikutip dari laman resmi Pemkot Madiun madiunkota.go.id, Selasa (15/1/2019), berlangsung di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019). Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto hadir untuk menerima piala yang diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Penghargaan yang diberikan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini menjadi bukti perjuangan pemerintah dan masyarakat Kota Madiun untuk melestarikan lingkungan tak pernah putus.

Hal ini sebagaimana dijabarkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya saat penyerahan Adipura. Menurut dia, upaya menjaga kebersihan wilayah kota tak dapat terwujud tanpa peran aktif masyarakat. ‘’Partisipasi masyarakat untuk mencapai hal itu,’’ tuturnya.

Jusuf Kalla mengatakan, seiring berjalannya waktu Adipura juga mengalami perluasan kapasitas. Dulu hanya sebatas kebersihan wilayah, sampah, pasar, dan tempat umum lainnya. Namun, sekarang juga ditambah isu-isu lingkungan lainnya. Seperti penghijauan dan budaya masyarakat.

Karenanya, daerah yang berhasil mendapatkan Adipura berarti memiliki komitmen kuat untuk menjaga kebersihan. Serta, berhasil mengubah perilaku masyarakatnya untuk hidup bersih dan sehat.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menuturkan bahwa ada 146 penerima penghargaan. Rinciannya, satu Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, dan lima Plakat Adipura. Serta, Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 (sebelas) kabupaten/kota di Indonesia.

Program Adipura merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya, untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan kota berkelanjutan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya