SOLOPOS.COM - (ist)

(ist)

Jakarta (Solopos.com)–Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof Dr Boediono MEc menyaksikan operasi katarak kepada 6.000 pasien  kurang mampu di Departemen Mata RSCM Kirana, Jakarta, Selasa (29/11/2011).

Promosi Jadi Merek Bank Paling Berharga di RI, Nilai Brand BRI Capai US$5,3 Miliar

Operasi katarak itu terlaksana atas kerja sama Persatuan dokter spesialis mata Indonesia (Perdami) dan PT Sido Muncul, Bantuan itu merupakan bagian dari kegiatan Gerakan Penanggulangan Buta Katarak di Indonesia yang pencanangannya dihadiri pula oleh Wapres Boediono di RS Mata AINI Prof Dr Isak Salim Jakarta, pada awal tahun 2011 lalu.

Operasi katarak ke-6000 ini merupakan bukti serius yg dilakukan atas pencanangan gerakan penanggulangan katarak yg dimotori oleh PT Sido Muncul dan Perdami dengan  didukung oleh RS dan klinik mata di Indonesia.

Direktur Utama PT Sido Muncul Irwan Hidayat sangat bersyukur dapat melaksanakan bantuan operasi katarak kepada 6.000 pasien kurang mampu bersama Perdami dengan bantuan banyak pihak.

“Kami berkomitmen untuk meneruskan program operasi katarak dengan target 12.000 operasi mata pada tahun 2012. Untuk itu, kami membutuhkan kembali bantuan banyak pihak agar kegiatan tersebut dapat terealisasi di tahun mendatang,” ujar Irwan pada rilis yang diterima Espos, Selasa.

Ketua Perdami Prof Dr dr Nila F Moeloek Sp.M (K) menyatakan senang dengan apa yang telah dilakukan bersama PT Sido Muncul dan menyambut baik dengan program operasi katarak berikutnya di tahun 2012.

“Kami berharap dari berbagai pihak untuk ikut membantu mengurangi jumlah penderita buta katarak di Indonesia yang jumlahnya mencapai  lebih dari 240 ribu orang, yang merupakan jumlah penderita buta katarak tertinggi di Asia Tenggara,” ujar Nila.

Selain menyaksikan proses operasi katarak, Wapres juga menyaksikan penandatanganan komitmen dari beberapa pengusaha/yayasan/lembaga yang berkomitmen akan membantu membiayai operasi katarak bagi warga kurang mampu pada tahun 2012.

Pada kesempatan tersebut, secara simbolis diwakili oleh tiga pihak yaitu PT Sido Muncul bersaman Perdami memberikan bantuan untuk 12.000 penderita buta katarak di Indonesia, Kick Andy Foundation 500 mata dan Harian Umum Indo Pos sebanyak 500 mata.

Selama ini, kerja sama yang dilakukan PT Sido Muncul bersama Perdami hingga menjelang akhir tahun 2011 telah memberikan bantuan operasi katarak di 19 provinsi, dengan  67 kota melalui 93 rumah aakit.

Adapun daerah-daerah yang telah dibantu adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Batam (Kepulauan Riau), Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTT, Maluku, Sulawesi Selatan, Kalsel, Kaltim, dan Kalbar

(nad/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya