SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bengkulu–Wakil Presiden (Wapres) Boediono menyatakan pembangunan keagamaan yang menjadi salah satu fokus pemerintah merupakan bagian intgral yang tak terpisahkan untuk mewujudkan karakter bangsa.

“Pemerintah memfokuskan pembangunan agama sebagai pembentukan karakter dan mewujudkan bangsa Indonesia yang cinta damai, sejahtera, dan berkeadilan,” kata Wapres Boediono pada penutupan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-23 di Bengkulu, Sabtu malam (12/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wapres yang didampingi Ibu Herawati Boediono, Menteri Agama Suryadharma Ali, dan Gubernur Bengkulu Agusrin M. Najamudin, mengatakan memperbaiki kehidupan bangsa dan bernegara juga tak lepas dari pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Artinya, pembangunan SDM yang positif sebagai wujud ukhuwuah islamiah yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat dan keluarga yang sakinah secara nyata,” kata Wapres.

Menurut Boediono, SDM yang berkualitas juga penentu bangsa ini ke depan sehingga praktik kebiasaan hidup dalam kerukunan beragama yang berkeadilan, mulia akan menjadi kekuatan karakter bangsa yang benar dan mantap.

Olah karena itu, Wapres mengimbau semua lapisan masyarakat agar menjadikan MTQ sebagai bagian yang substansi hubungan antara umat manusia dan Tuhan, serta hubungan Tuhan dan umat manusia, dan hubungan dengan alam semesta.

“Kandungan Al Quran harus didalami dan dimaknai agar kepribadian umat Islam yang terbesar di Indonesia berjalan dengan baik,” katanya.

Ia menegaskan, “Al Quran juga harus kita jadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan karena kandungannya jika kita maknai memiliki banyak arti untuk membawa umat manusia ke kehidupan yang lebih baik yang bermoral dan bermatabat.”

Wapres pada kesempatan itu juga memberikan piala tetap dan piala bergilir kepada kafilah Jawa Barat yang keluar sebagai juara umum MTQ Nasional Ke-23 di Bengkulu. Untuk juara kedua diraih DKI Jakarta dan ketiga Banten.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya