SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Wapres RI Boediono menerima anugerah  Gelar Doktor Honoris Causa dari Monash University Australia, yang diserahkan secara resmi di Istana Wapres Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Acara pemberian anugerah itu, dihadiri oleh Presiden Ri Susilo Bambang Yudhoyono, para Menteri seperti Menteri Keuangan, Menteri Perhubungan, wakil Menteri, serta beberapa mantan wakil Presiden seperti BJ Habibie, dan Try Sutrisno.

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Dalam sambutannya, Wapres mengatakan dirinya pernah berkuliah di Monash Melbourne Australia pada 1960 lalu, ketika Fakultas Ekonomi dan Politik tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat.

“Saat itu, saya ikut aktif dalam beberapa aktivitas pergerakan ekonomi, yang juga diikuti oleh universitas lain di Australial ujar Boediono dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Boediono juga menyampaikan mengenai demokrasi di Indonesia, baik dari sisi sosial ataupun politik.

Menurutnya, kemajuan dalam melaksanakan  demokrasi di Indonesia sudah terjadi, walaupun masih ada beberapa catatan.

Misalnya saja, saat ini sudah ada  kebebasan berpendapat. Konstitusi kita teguh menjamin kebebasan arus informasi maupun kemerdekaan kita untuk bersuara.

Kemudian, tranparansi sebagai norma kehidupan publik sejalan dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan akuntabilitas. Selanjutnya, penegakan hukum kian membaik, seperti misalnya penindakan terhadap kasus korupsi.

“Saat ini, Demokrasi kita tengah berkonsolidasi. Ini adalah sebuah pekerjaan besar yang tengah berlangsung dan masih banyak lagi yang harus kita kerjakan,” tambahnya.

Hasil terbaik yang bisa diharapkan dari proses politik yang demokratis, katanya, dengan mekanisme checks and balances, adalah proses perbaikan dan kemajuan terus menerus namun secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya