SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita mengendarai atau naik motor. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Saat ini sudah buka hal baru wanita mengendarai atau naik sepeda motor. Nah, buat kamu para wanita, tetap berhati-hati dan ikuti tips aman mengendarai motor berikut ini ya.

Memilih sepeda motor sebagai kendaraan yang digunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari memang menjadi solusi efektif atas banyak hal.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Buat kalian yang tinggal di kota besar, motor jadi solusi menghindari kemacetan. Karena dengan menggunakan sepeda motor, perjalanan akan menjadi lebih mudah dan cepat. Tak heran juga kendaraan roda dua ini jadi andalan bagi pria maupun wanita.

Pentingnya tata cara berkendara yang benar wajib diketahui baik bagi para kaum pria maupun wanita. Namun bagi para wanita yang mungkin masih belum mengetahui tata cara berkendara yang benar, boleh simak tips-tips berikut ini, dikutip dari Astramotor.co.id.

 

1. Perlengkapan dasar

Perlengkapan dasar yang dimaksud adalah helm, jaket, ikat rambut (apabila rambut pengendara cukup panjang) yang bertujuan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya gangguan pada pengendara oleh rambutnya ketika sedang berkendara. Gunakanlah jaket agar terhindar dari sengatan sinar matahari, dan untuk melindungi pengendara dari serangan masuk angin.

 

2. Gunakanlah alas kaki yang seharusnya

Penggunaan sepatu hak tinggi saat mengendarai sepeda motor akan mengganggu keseimbangan tubuh saat mengendarai motor. Apabila memang ada keperluan tertentu yang mengharuskan pengendara menggunakan sepatu hak tinggi, maka alangkah baiknya pengendara memakai flat shoes ketika memulai berkendara, lalu setelah sampai tujuan pengendara dapat berganti sepatu ke sepatu dengan hak tinggi. Dan juga, sepatu dapat disimpan pada bagasi motor. Jadi jauh lebih aman dan praktis.

 

3. Usahakan tidak menggunakan rok

Menggunakan rok ketika mengendarai sepeda motor sangat tidak dianjurkan, terlebih jika rok yang digunakan adalah rok ketat yang dimana dapat mempengaruhi batas gerak kaki pengendara ketika berada di jalur lambat atau kondisi yang berhenti mendadak. Alangkah baiknya rok disimpan di dalam bagasi motor terlebih dahulu apabila rok memang ingin digunakan. Hal ini bertujuan demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara dalam berkendara.

 

4. Gunakanlah aksesori seperlunya

Penggunaan aksesoris ketika sedang berkendara memang tidak dilarang namun tidak dianjurkan, terlebih saat sedang mengendarai sepeda motor. Karena penggunaan aksesoris ini dapat mencuri perhatian para penjahat yang mungkin akan mencelakai para pengendara.

 

5. Gunakan tas yang tepat

Pakailah tas yang mudah dibawa dan yang tidak menyulitkan pengendara ketika berkendara. Apabila tasnya mudah dibawa, maka tas bisa disimpan di dalam bagasi motor. Hindari juga penggunaan tas tangan/handbag, dikarenakan dapat memancing tindakan kriminal seperti penjambretan atau hal lainnya.

 

Itulah tips-tips berkendara yang mungkin masih belum diketahui oleh para pengendara wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya