SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat kelahiran bayi laki-laki ternyata lebih banyak dibanding dengan bayi perempuan. Hal ini menyebabkan jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki lebih banyak dibanding dengan penduduk berjenis kelamin perempuan berdasarkan hasil sensus penduduk di 2010.

“Waktu lahir, kalau tidak ada treatment apa-apa atau lahir secara normal, secara natural, kelahiran laki-laki lebih banyak dari perempuan, perbandingannya 105 kelahiran laki-laki berbanding 100 untuk kelahiran perempuan,” kata Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagaakerjaan BPS Wendy Hartanto Media Workshop BPS 2010 di Hotel Golden Flower, Jalan Asia-Afrika, Bandung, Sabtu (13/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan, yang menjadi faktor dari banyaknya jumlah penduduk laki-laki disebabkan masih tingginya rasio kematian perempuan akibat dari kelahiran. “Banyaknya wanita yang meninggal sewaktu melahirkan membuat laki-laki lebih banyak. Disamping itu di Indonesia lebih banyak yang lahir itu bayi laki-laki,” tuturnya.

Namun Wendy mengatakan, tingkat harapan hidup laki-laki di Indonesia jauh lebih rentan dibandingkan dengan perempuan.

“Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010, jumlah laki-laki memang lebih banyak yakni mencapai 119,51 juta sedangkan perempuan mencapai 118,05 juta. Namun jika dilihat dari harapan hidup, perempuan justru lebih tinggi dibandingkan laki-laki karena secara kromosom laki-laki memang lebih rentan sehingga laki-laki mudah meninggal daripada perempuan,” ujar Wendy.

Berdasarkan data BPS dari 237,56 juta penduduk Indonesia, jumlah penduduk laki-laki tercatat sebanyak 119,51 juta sedangkan perempuan tercatat 118,05 juta.

Berdasarkan hasil sensus, juga terungkap bahwa laju pertumbuhan penduduk untuk periode 2000-2010 mengalami peningkatan 1,49% atau naik dibanding 10 tahun sebelumnya yang sebesar 1,45%.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya