Wanita Ini 2 Kali Mencapai Puncak Himalaya Dalam 11 Hari
Dailymail Chhurim Sherpa, wanita Nepal yang berhasil mencapai Puncak Himalaya dua kali hanya dalam waktu 11 hari

NEPAL—Bukan perkara gampang untuk bisa mencapai puncak Gunung Everest. Butuh energi, persiapan dan mental luar biasa.

Hebatnya seorang wanita Nepal berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di bumi ini dua kali hanya dalam waktu 11 hari.

29, nama wanita itupun mendapat penghargaan dari pemerintahnya dan disebut sebagai Pahlawan Nepal. Penghargaan diberikan langsung Menteri Pariwisata Nepal Posta Bahadur.

Dia juga masuk dalam Guinness Book of Record. Rekor paling pendek sebelumnya adalah dua kali mendaki Himalaya namun dalam satu musim pendakian. Rekor itupun dipegang oleh Chhurim.

Chhurim mencapai puncak gunung setinggi 29.035 kaki itu pertama kali pada 12 Mei tahun lalu. Dengan kondisi lelah dia bisa kembali dengan selamat ke base camp pendakian.

Namun dia merasa ada panggilan dari gunung untuk dia naik lagi. Wanita yang tinggal di di perbukitan timur laut Kathmandu  itupun kembali naik bersama tim pendakian yang berbeda. Hanya seminggu setelah dia berhasil mencapai puncak pertama dia pun bergerak naik lagi.

“Dia menunjukkan kemauan yang kuat dan semangat yang luar biasa," kata juru bicara Himalyan, sebuah kelompok pendakian di Gunung Himalaya seperti dikutip Dailymail, Selasa (26/2/2013)

"Dia adalah seorang wanita yang sangat berani."

Gunung Himalaya merupakan salah satu gunung yang menjadi tantangan terberat pada pendaki. Wanita pertama lokal untuk mencapai puncak adalah Pasang Lhamu, 32, yang berhasil menaklukkan jalur ganas itu pada 1993. Namun dia tewas ketika perjalanan turun karena serangan badai. Sejak itu tercatat hanya 21 wanita Nepal yang bisa mencapai puncak.

Sampai saat ini sekitar 3.000 orang telah mencapai puncak Gunung Everest sejak Edmund Hillary dan Tenzing Norgay  pertama kali menaklukkannya pada 1953.

Musim pendakian Everest dimulai pada akhir April ketika ada sebuah jeda singkat antara musim semi dan musim hujan yang menawarkan kondisi terbaik untuk mendaki.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom