Wan Azizah Istri Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia Pengganti Mahathir Mohamad
Wan Azizah Wan Ismail, istri Anwar Ibrahim. (Reuters-Bazuki Muhammad)

Solopos.com, JAKARTA — Mundurnya Mahathir Mohamad dari posisi Perdana Menteri (PM) Malaysia memunculkan pertanyaan terkait siapa yang akan menggantikannya. Kabar terakhir menyebutkan Deputi PM Malaysia Wan Azizah Wan Ismail akan menjadi PM sementara.

Dilansir Bloomberg, Senin (24/2/2020), Mahathir telah menyerahkan surat pengunduran diri ke Raja Malaysia dan partai pengusungnya, yaitu Bersatu. Bersatu menegaskan bakal tetap mendukung Dr. M, panggilan akrab Mahathir.

Pemimpin berusia 94 tahun itu juga tetap mendapat sokongan dari sejumlah partai lain, termasuk Democratic Action Party, yang merupakan partai terbesar di parlemen. Partai tersebut sudah lama bekerja sama dengan Anwar Ibrahim yang sebelumnya digadang-gadang akan menjadi pengganti Mahathir.

Dianggap Religius, Elektabilitas Anies Baswedan Susul Prabowo

Pada hari yang sama, sebelum menyerahkan surat pengunduran diri, Mahathir terlebih dulu bertemu dengan Anwar Ibrahim. "Dia menyampaikan dengan jelas dirinya tidak akan bekerja sama dengan mereka yang terkait dengan rezim terdahulu," papar Anwar seusai pertemuan tersebut.

Dia melanjutkan Raja Malaysia akan menentukan apakah Wan Azizah Wan Ismail akan menjadi PM sementara. Wan Azizah merupakan istri Anwar dan sekarang menduduki posisi Deputi PM.

Meski demikian, masih belum diketahui dengan pasti apakah Wan Azizah bakal terus menjadi PM atau akan ada kabinet baru. Kantor Berita Bernama melaporkan Anwar Ibrahim dan Wan Azizah sudah bertemu dengan Raja Malaysia tak lama setelah kabar mundurnya Mahathir beredar.

Pilpres 2024: Tak Ada Jokowi, Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi

Kantor berita tersebut menyatakan bahwa mobil yang membawa keduanya terlihat meninggalkan Istana Negara pada pukul 15.15 waktu Kuala Lumpur, setelah menghabiskan waktu selama 40 menit di sana.

Pada Senin (24/2/2o20) pagi, Wan Azizah sempat mengunggah cuitan di akun Twitter resminya. "Manusia merancang, Allah yang akan menentukan. Yakinlah bahwa Allah akan bersama dengan orang-orang yang sabar. Insya Allah," demikian isi cuitannya.

Sebuah sumber mengatakan kepada Malay Mail bahwa Mahathir telah menunjuk Wan Azizah sebagai PM Malaysia sementara. Penunjukan itu dilakukan setelah partainya, PPBM, memilih meninggalkan koalisi Pakatan Harapan yang berkuasa.

Polda DIY Tetapkan 2 Tersangka Baru Susur Sungai Maut SMPN 1 Turi

"Wan Azizah adalah perdana menteri sementara," kata seorang sumber yang dekat dengan presiden PKR Anwar Ibrahim ketika ditanya apakah dia akan menggantikan Mahathir, Senin (24/2/2020).

Sebelumnya, Mahathir telah berjanji akan menyerahkan jabatannya kepada Anwar Ibrahim yang merupakan suami Wan Azizah. Janji itu merupakan kesepakatan dalam koalisi partai pendukung Mahathir yang disebut Pakatan Harapan.

Sumber: Bloomberg, Bernama


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho