SOLOPOS.COM - Kunjungi STP (SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Kunjungi STP (SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Solo (Solopos.com)–Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) RI, Alex Retraubun  menilai Solo Techno Park (STP) yang ada di kawasan Kentingan, Jebres, Solo bisa menjadi embrio pelaksanaan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

STP juga dinilai telah mencuri start sebelum MP3EI itu dilaksanakan. “Sehingga saya yakin, satu-satunya techno park yang ada di Indonesia ini akan selalu dikaitkan dengan pelaksanaan MP3EI. Apa yang sudah dikembangkan di STP ini, sudah sangat sesuai dengan arahan MP3EI, khususnya di Pulau Jawa yang menjadi koridor pengembangan industri jasa,” kata Alex, kepada wartawan, di sela-sela kunjungannya ke STP, Rabu (20/7/2011).

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti diketahui, pemerintah baru saja meluncurkan MP3EI di mana dalam masterplan tersebut pemerintah membagi proses pembangunan Indonesia jangka panjang hingga tahun 2030 ke dalam enam koridor.

Di antaranya, koridor Sumatera, koridor Jawa, koridor Kalimantan, koridor Sulawesi, koridor Bali dan Nusa Tenggara serta koridor Papua dan Maluku. “Harapannya, di enam koridor tersebut juga punya techno park yang sesuai dengan kompetensi masing-masing koridor,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Alex bersama Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), meninjau sejumlah peralatan teknologi baru yang dikembangkan di STP bersama Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Solo. Salah satunya, industri pengolahan rumput laut, listrik dengan sumber energi cahaya, dan pelatihan pengelasan kapal di bawah laut.

(haw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya