Wamen Perdagangan: Akselerasi Vaksinasi Percepat Pemulihan Ekonomi

Program vaksinasi penting untuk pemulihan ekonomi Indonesia, untuk itu semua pihak didorong ikut melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19.

 Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga (tengah-depan) saat memberikan sambutan dalam kunnjungan pelaksanaan vaksinasi di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (31/7/2021) siang. (Solopos.com/Ika Yuniati)

SOLOPOS.COM - Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga (tengah-depan) saat memberikan sambutan dalam kunnjungan pelaksanaan vaksinasi di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (31/7/2021) siang. (Solopos.com/Ika Yuniati)

Solopos.com, KARANGANYAR — Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Republik Indonesia, Jerry Sambuaga, menegaskan pentingnya program vaksinasi untuk pemulihan ekonomi, untuk itu semua pihak didorong ikut melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19.

Program vaksinasi khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat penting. Harapannya segera tercipta herd immunity dan roda perekonomian kembali pulih.

Maka dari itu Jerry mendorong semua pihak untuk ikut menyelenggarakan akselerasi vaksinasi. Selama ini banyak instansi swasta maupun pemerintah yang menurutnya terus bekerjasama untuk melakukan vaksinasi. Kerjasama seperti itu yang harus didukung bersama.

“Ketika pemulihan cepat, vaksinasi tinggi, Covid-19 turun, maka akan ada banyak kelonggaran dalam rangka meningkatkan aktivitas masyarakat, lalu semua berjalan normal. Kalau sudah begitu ya ujung-ujungnya ekonomi akan pulih,” kata Jerry saat memberikan sambutan di sela-sela kunjungan vaksinasi De Tjolomade, Colomadu, Karanganyar, Sabtu siang.

Baca juga: Ayem, Pemkab Karanganyar Jamin Ketersediaan Oksigen Medis untuk Warga

Selain akselerasi vaksinasi, sejumlah asosiasi juga mendorong berjalannya roda ekonomi dengan memberikan stimulus. Misalnya subsidi bagi para UMKM, diskon pajak untuk penyewa, dan lainnya.

Salah satu asosisasi yang mendukung percepatan atau akselesari vaksinasi adalah Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). Khusus wilayah Soloraya, program tersebut dipusatkan di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, sejak, Sabtu (17/7/2021) sampai Sabtu (31/7/2021). “Saya vaksin ini adalah solusi yang paling efektif saat ini,” tambah Jerry.

Baca juga: Update Covid-19 Indonesia 31 Juli 2021: Positif 37.284, Sembuh 39.372, Meninggal 1.808 Orang

Akselerasi Vaksinasi Untuk Herd Immunity

Acara dalam rangka akselerasi vaksinasi tersebut juga didukung oleh Kementerian Koperasi UKM, TNI, Pemerintah Provinsi Jateng, serta Tokopedia. Dalam kesempatan itu Jerry didampingi Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM – Hanung Harimba Rachman, Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar, Ketua Umum HIPPINDO – Budihardjo Iduansjah, dan sejumlah pejabat daerah lain.

Budihardjo mengatakan pembukaan sentra vaksinasi ini merupakan dukungan kepada pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity. Harapannya pemulihan ekonomi segera terwujud. “Ini juga menjadi bentuk kepedulian kami kepada masyarakat agar akses untuk mendapatkan vaksinasi gratis makin mudah,” ucapnya.

Sampai saat ini HIPPINDO telah membuka sentra vaksinasi di enam kota besar. Dimulai dengan Jakarta pada 7 Juni, Soloraya, Bandung Raya, Yogyakarta, sekitar Semarang, dan Surabaya. Kota lain segera menyusul dengan target total 700.000 penerima.

 

 

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

PTM SMA/SMK di Solo Bisa Lanjut Pekan Depan, Ini Syaratnya

PTM terbatas sejumlah SMA/SMK di Kota Solo tersebut bisa saja dilanjutkan karena situasi Covid-19 yang dinilai kian membaik.

Pemdes Gempol Klaten Larang Warga Selfie dan Nongkrong di Jalan Ini, Kenapa Sih?

Papan larangan di Gempol Klaten itu bertuliskan Disepanjang Jalan Ini Dilarang Nongkrong, Selfie, dan Hal-Hal yang Negatif. 

UPK DAPM Kedawung Sragen Bagi-Bagi Sembako Senilai Total Rp70 Juta

Warga yang mendapat bantuan sembako itu merupakan nasabah simpan pinjam perempuan (SPP) sekaligus anggota kelompok binaan dari UPK DAPM Kedawung.

Waduh, Ada 1.000 Pengajuan Cerai Masuk ke PA Karanganyar

Dari seluruh aduan yang masuk ke PA Karanganyar, pengajuan perceraian mendominasi dibandingkan dispensasi pernikahan.

SKK Migas dan Pemkot Solo Sepakati Kerja Sama Pengembangan Pendidikan dan Riset

SKK Migas mengajak Solo Technopark bekerja sama dengan mempertimbangkan potensial yang ada untuk membangun kapasitas nasional.

Muhammad Rohani Gantikan Muh. Abdullah sebagai Anggota KPU Boyolali

Muh. Abdullah, yang dinilai telah melanggar kode etik setelah terlibat perkara kesusilaan.

Terowongan Gunung Pegat, Kokoh Berdiri Meski Berumur Hampir Seabad

Dari dalam terowongan disebut-sebut kerap mengeluarkan gas beracun serta pernah ada yang meninggal dunia

Buang Limbah Ciu Sukoharjo ke Anak Sungai Bengawan Solo, Pelaku Beralasan Hemat Biaya

Pelaku pembuangan limbah ciu ke anak Sungai Bengawan Solo di wilayah Sukoharjo mengaku buang limbah ke sungai karena lebih hemat biaya.

Konflik Internal Persis Solo, Michele Kuhnle Akhirnya Meminta Maaf

Mantan Humas Persis Solo Michelle Kuhnle melalui ibundanya menyampaikan permintaan maaf kepada manajemen PT PSS pimpinan Kaesang Pangarep.

Catat! 2.569 Pekerja di Solo Terdampak Covid-19

Sebanyak 2.569 di antaranya terdampak Covid-19, dengan perincian 2.460 dirumahkan dan sisanya mengalami PHK.

Masih Ada 1 Kasus Positif, Satgas Covid-19 Juwiring Klaten Belum Izinkan Pemancingan Buka

Satgas Covid-19 Kecamatan Juwiring, Klaten, belum mengizinkan tempat wisata pemancingan buka karena masih ada kasus positif yang belum sembuh.

Gelontor 25.000 Dosis, Menhub Berharap Bisa Bantu Atasi Ketimpangan Vaksinasi Covid-19 Soloraya

Kementerian Perhubungan menggelontorkan 25.000 dosis vaksin Covid-19 untuk wilayah Soloraya salah satunya ke Boyolali.

Terungkap! Begini Alur Pembuangan Limbah Ciu yang Cemari Sungai Bengawan Solo

Dua pelaku yang tertangkap polisi Sukoharjo di Polokarto memeragakan alur pembuangan limbah ciu yang mencemari Sungai Bengawan Solo.

Wow, Atlet Judo Wonogiri Tak Pernah Gagal Tembus PON Sejak 1989

Sejak 1989, Wonogiri belum pernah absen mengirim atlet judo ke ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON, termasuk tahun ini di Papua.

Pemkot Solo Perluas Sasaran Vaksinasi Covid-19, Warga KTP Luar Kota Boleh Mengakses

Pemkot Solo memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada warga ber-KTP luar Solo yang berdomisili di Kota Bengawan.

Karanganyar Punya Pabrik Produksi APD di Gondangrejo, Langganan Kemenkes dan RS di Indonesia

Kabupaten Karanganyar memiliki pabrik yang memproduksi alat pelindung diri (APD) berskala nasional, PT Natatex Jaya Garmindo.