Wamen Perdagangan: Akselerasi Vaksinasi Percepat Pemulihan Ekonomi

Program vaksinasi penting untuk pemulihan ekonomi Indonesia, untuk itu semua pihak didorong ikut melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19.

 Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga (tengah-depan) saat memberikan sambutan dalam kunnjungan pelaksanaan vaksinasi di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (31/7/2021) siang. (Solopos.com/Ika Yuniati)

SOLOPOS.COM - Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga (tengah-depan) saat memberikan sambutan dalam kunnjungan pelaksanaan vaksinasi di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (31/7/2021) siang. (Solopos.com/Ika Yuniati)

Solopos.com, KARANGANYAR — Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Republik Indonesia, Jerry Sambuaga, menegaskan pentingnya program vaksinasi untuk pemulihan ekonomi, untuk itu semua pihak didorong ikut melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19.

Program vaksinasi khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat penting. Harapannya segera tercipta herd immunity dan roda perekonomian kembali pulih.

Maka dari itu Jerry mendorong semua pihak untuk ikut menyelenggarakan akselerasi vaksinasi. Selama ini banyak instansi swasta maupun pemerintah yang menurutnya terus bekerjasama untuk melakukan vaksinasi. Kerjasama seperti itu yang harus didukung bersama.

“Ketika pemulihan cepat, vaksinasi tinggi, Covid-19 turun, maka akan ada banyak kelonggaran dalam rangka meningkatkan aktivitas masyarakat, lalu semua berjalan normal. Kalau sudah begitu ya ujung-ujungnya ekonomi akan pulih,” kata Jerry saat memberikan sambutan di sela-sela kunjungan vaksinasi De Tjolomade, Colomadu, Karanganyar, Sabtu siang.

Baca juga: Ayem, Pemkab Karanganyar Jamin Ketersediaan Oksigen Medis untuk Warga

Selain akselerasi vaksinasi, sejumlah asosiasi juga mendorong berjalannya roda ekonomi dengan memberikan stimulus. Misalnya subsidi bagi para UMKM, diskon pajak untuk penyewa, dan lainnya.

Salah satu asosisasi yang mendukung percepatan atau akselesari vaksinasi adalah Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). Khusus wilayah Soloraya, program tersebut dipusatkan di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, sejak, Sabtu (17/7/2021) sampai Sabtu (31/7/2021). “Saya vaksin ini adalah solusi yang paling efektif saat ini,” tambah Jerry.

Baca juga: Update Covid-19 Indonesia 31 Juli 2021: Positif 37.284, Sembuh 39.372, Meninggal 1.808 Orang

Akselerasi Vaksinasi Untuk Herd Immunity

Acara dalam rangka akselerasi vaksinasi tersebut juga didukung oleh Kementerian Koperasi UKM, TNI, Pemerintah Provinsi Jateng, serta Tokopedia. Dalam kesempatan itu Jerry didampingi Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM – Hanung Harimba Rachman, Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar, Ketua Umum HIPPINDO – Budihardjo Iduansjah, dan sejumlah pejabat daerah lain.

Budihardjo mengatakan pembukaan sentra vaksinasi ini merupakan dukungan kepada pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity. Harapannya pemulihan ekonomi segera terwujud. “Ini juga menjadi bentuk kepedulian kami kepada masyarakat agar akses untuk mendapatkan vaksinasi gratis makin mudah,” ucapnya.

Sampai saat ini HIPPINDO telah membuka sentra vaksinasi di enam kota besar. Dimulai dengan Jakarta pada 7 Juni, Soloraya, Bandung Raya, Yogyakarta, sekitar Semarang, dan Surabaya. Kota lain segera menyusul dengan target total 700.000 penerima.

 

 

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

Bupati Sukoharjo melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada satu keluarga pasutri pedagang kaki lima (PKL) wedangan di depan SMP Negeri 3 Kartasura ini.

Belum Sempat Bertemu Pembeli, 2 Kurir Sabu-Sabu Asal Karanganyar Diringkus BNNP DIY

Dua pemuda asal Karanganyar dibekuk BNNP DIY saat hendak bertransaksi sabu-sabu di jalan raya Solo-Jogja di wilayah Sleman.

Keren, 3 Warga Sragen Ini Ambil Bagian dalam PON XX 2021 di Papua

Dua atlet dan satu asisten pelatih itu dilepas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Ruang Transit, Setda Pemkab Sragen, Kamis (16/9/2020) sore.

Pemkab Sukoharjo Jamin Sekolah Gratis dan KIS Keluarga Kartasura Tidur Di Warung Wedangan

Selain tawarkan rusunawa, Pemkab Sukoharjo memberikan jaminan sekolah gratis bagi anak-anak keluarga yang tinggal di kolong meja wedangan Kartasura.

Bed Isolasi RS Covid-19 Solo Mulai Kosong, Sukarelawan Dibebastugaskan

Bed ruang isolasi untuk merawat pasien di RS rujukan Covid-19 Kota Solo sudah jauh menurun bahkan mulai kosong dalam beberapa hari terakhir.

BPBD Karanganyar: Waspadai Bencana Awal Musim Hujan

BPBD Karanganyar mulai melakukan sosialisasi antisipasi bencana ke masyarakat di kawasan rawan bencana alam.

115 Desa di Boyolali Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar 15.000 orang

Melalui pengoptimalan tim vaksinasi desa, diperkirakan vaksinasi Covid-19 di Boyolali akan selesai di tahun ini.

Pemkot Solo-Kemenperin Kerja Sama Kembangkan AK Tekstil, Gibran: Terpenting Lulusan Terserap Industri

Pemkot Solo bekerja sama dengan Kemenperin dalam pengembangan Akademi Komunitas atau AK Tekstil terutama penyerapan tenaga kerja.

Bioskop Sukoharjo Sudah Kembali Buka, Ini Syarat bagi Pengunjung

Bioskop di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, sudah mulai buka, Kamis (16/9/2021), menyusul turunnya level PPKM dan zona risiko Covid-19.

Gibran Masuk Bursa Pilkada DKI Jakarta, Pengamat Politik Refly Harun: Cek Ombak

Pengamat politik nasional Refly Harun menyebut wacana Gibran maju sebagai cagub pada Pilkada DKI Jakarta hanya untuk cek ombak.

Angka Kesembuhan di Klaten Lebih Tinggi dari Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Tapi...

Angka kesembuhan Covid-19 di Klaten dinilai jauh berada di atas angka terkonfirmasi Covid-19 dalam sehari, Kamis (16/9/2021).

Arisan Online Menjamur di Soloraya, Pengacara Solo Sebut ini Pemicunya

Arisan online marak di Soloraya belakangan ini dan tak sedikit yang akhirnya mbledos, uang member sulit kembali.

3 Warga Sragen Dibekuk Polisi Karanganyar Gara-gara Transaksi Sabu-Sabu

Tiga warga Sragen ditangkap aparat Satnarkoba Polres Karanganyar gara-gara transaksi narkoba jenis sabu-sabu di jalan Solo-Sragen.

Dilaporkan ke Polisi oleh Advokat dan Warga, Begini Tanggapan Bupati Sragen

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dilaporkan oleh empat warga dan 18 advokat ke Polres Sragen, Kamis (16/9/2021).

Dukung Penanganan Covid-19, Telkomsel Serahkan Alat Kesehatan ke Grup 2 Kopassus

Telkomsel kembali menyalurkan bantuan alat medis dalam rangka mendukung penanggulangan Covid-19 di Indonesia