SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gresik [SPFM], Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Rudi Rubiandini menilai, Indonesia lebih mudah jadi negara berhasil dari pada jadi negara gagal. Rudi di Gresik Jumat (22/6) mengatakan, Indonesia bukan negara gagal, karena Failed State Index itu meriset 178 negara yang berpotensi gagal, didalamnya termasuk disebutkan Amerika Serikat, China dan negara maju lainnya.

Menurut Rudi, setelah dirinya mengecek situs yang menyebutkan Indonesia negara berpotensi gagal, ternyata Indonesia berpotensi menjadi negara berpotensi gagal diurutan 63. Justru dengan peringkat 63 tersebut, Indonesia justru semakin mudah menjadi negara berhasil. Bahkan dari 12 kunci penilaian, Indonesia hanya memiliki 3 faktor yang membuat Indonesia berpotensi jadi negara gagal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rudi menjelaskan, ketiga factor tersebut adalah demografi, pertumbuhan penduduknya sangat tinggi, kestabilan keamanan seperti alutsista dan masalah pengurusan para pengungsi.

Sementara banyak hal yang dapat dibanggakan Indonesia, antaralain pertumbuhan kualitas ekonomi Indonesia yang mencapai 6,5 persen, Ligitimasi yang mencapai angka 62 persen, dan kesetabilan dari perencanaan pembangunan yang relatif stabil.[dtc/hen]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya