SOLOPOS.COM - Ilustrasi penambangan minyak dan gas bumi (JIBI/Bisnis/Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, menyambangi Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/2/2014). Susilo mengaku datang ke KPK untuk berkonsultasi terkait perpanjangan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) sejumlah blok minyak dan gas (migas) yang hampir kadaluwarsa.

“Kami konsultasi dengan KPK. Karena kita diundang untuk membuat peraturan menteri mengenai perpanjangan KKKS blok-blok [migas] yang sudah mau expired, yang sudah mau berakhir,” ujar Susilo di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (25/2/2014)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Susilo, terdapat banyak proyek KKKS blok migas yang akan segera berakhir. Setidaknya, hingga 2017 nanti, terdapat 10 KKKS yang akan berakhir masanya. “Sampai 2017 itu ada kira-kira sepuluh, kemudian yang berakhir 2017-2022 itu, saya lihat ada delapan sampai sembilan. Terus dari 2022 sampai 2030 ada 10,” jelasnya.

Susilo menjelaskan, nantinya ESDM dan KPK akan membuat aturan-aturan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait KKKS blok migas. Aturan ini nantinya akan menciptakan transparansi sehingga tidak terjadi kecurangan yang dapat merugikan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya