SOLOPOS.COM - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat bertemu dengan Kepala Stasiun TVRI Jawa Timur Asep Suhendar di Balai Kota Surabaya, Kamis (28/7/2022). (FOTO ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Solopos.com, SURABAYA — Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memerankan sosok Sukarno dalam film dokumenter mengenai perjuangan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) Ir Sukarno yang dibuat TVRI bekerja sama dengan pemerintah kota setempat.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (28/7/2022), mengatakan, TVRI akan membuat film dokumenter yang dimulai saat Bung Karno dilahirkan, bersekolah, kembali ke Kota Surabaya untuk tinggal bersama di indekos H.O.S Tjokroaminoto, memperdalam agama Islam, hingga menikah dengan putri sulung H.O.S Tjokroaminoto.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“Berlatar di Kota Surabaya, film dokumenter tersebut akan ditayangkan pada 13 Agustus 2022, sekaligus menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia,” kata dia seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Idul Adha 1962, Presiden Sukarno Ditembak dari Jarak Dekat

Menurut dia, kerja sama dengan TVRI sekaligus untuk menghimpun film dokumenter perjuangan para Pahlawan Nasional dari Kota Surabaya yang telah dibuat oleh TVRI untuk mengisi konten yang ada di museum Kota Surabaya.

Harapannya, kata dia, agar Arek-Arek Suroboyo bisa lebih mudah memahami semangat dan tetesan darah dari para pejuang Kota Surabaya.

Tidak hanya itu, ia juga didapuk menjadi aktor yang akan memerankan tokoh Bung Karno. Yakni, saat scene Bung Karno menghadiri penerimaan gelar Honoris Causa (HC) ke-25 untuk dirinya pada tahun 1964 di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Espos Plus: Sukarno Ditembak saat Idul Adha dan Penghasilan Google

“Persiapannya ya dijalani saja, di scene itu Pak Rektor menyampaikan Bung Karno lahir di Blitar. Tak berselang lama, Bung Karno langsung menyampaikan kalau dirinya lahir di Kota Surabaya,” katanya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu menyatakan sejak kecil dia telah mengidolakan sosok Bung Karno.

“Maka tanpa sadar, kebijakan seperti program padat karya yang saya ambil itu dari buku nya Ir. Soekarno. Yakni, bagaimana beliau melibatkan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan dan kebodohan,” kata Eri Cahyadi.

Baca Juga: Presiden Timor Leste Mengaku Penggemar Berat Presiden Sukarno

Kepala Stasiun TVRI Jawa Timur Asep Suhendar mengatakan,masyarakat Indonesia bisa menyaksikan film dokumenter Bung Karno pada 13 Agustus 2022. Sebab, film tersebut akan menjadi salah satu produk elektronik andalan dari TVRI.

“Dari 30 stasiun penyiaran di Indonesia, TVRI mengangkat Ir Sukarno karena beliau bukan hanya sebagai tokoh nasional, melainkan telah menjadi tokoh dunia yang berasal dari Kota Surabaya dan diharapkan Surabaya juga bisa juga ikut mendunia,” katanya.

Untuk merepresentasikan tokoh Bung Karno, ia mengaku bahwa TVRI memilih Wali Kota Eri Cahyadi untuk memerankan tokoh tersebut.

Baca Juga: Solo, Sala, Surakarta, Bung Karno Pilih Sala

Dia menilai, Wali Kota Eri Cahyadi merupakan salah satu pemimpin muda yang memiliki semangat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat di Kota Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya