SOLOPOS.COM - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (Antara/HO-@ericahyadi_)

Solopos.com, SURABAYA — Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, dikabarkan akan mendampingi suporter Persebaya atau yang akrab disapa Bonek, menyaksikan laga tunda PSIS Semarang kontra Persebaya di Stadion Jatidiri, Semarang, Rabu (29/3/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, mengatakan, Wali Kota Eri Cahyadi secara langsung akan mengawal dan mendampingi rombongan tim suporter dari Kota Surabaya menuju ke Kota Semarang.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Beliau [wali kota] ingin budaya Tret Tet Tet juga dihidupkan kembali. Wali Kota Eri menyampaikan bahwa Bonek sudah berubah dan beliau berharap sekali Bonek akan tertib karena seduluran saklawase [persaudaraan selamanya],” kata Wiwiek.

Menurut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkomitmen untuk melindungi, serta menjaga nama baik Bonek dalam mendukung Persebaya Surabaya, serta nama baik Kota Surabaya.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, salah satunya seperti peristiwa di Kota Semarang pada Rabu (8/2/2023) lalu yakni terdapat oknum yang mengenakan atribut suporter Tim Bajol Ijo yang melakukan aksi tidak terpuji dan meresahkan warga.

Oleh karena itu, lanjut dia, Pemkot Surabaya kembali menggelar pertemuan bersama koordinator tiap tribune dan perwakilan manajemen Persebaya di Balai Surabaya pada Sabtu (25/3/2023).

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut Pemkot Surabaya seusai mengikuti rapat koordinasi Persiapan Pengamanan Pertandingan BRI Liga 1 antara PSIS Semarang lawan Persebaya Surabaya, bersama Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin, panitia pelaksana pertandingan, serta aparat kepolisian, yang digelar secara daring pada Jumat (24/3/2023).

Wiwiek mengaku, dalam pertemuan tersebut, mereka bertukar pikiran dalam pembahasan teknis keberangkatan para suporter menuju ke arena laga pertandingan. Sebab, panitia pelaksana menyediakan alokasi 1.000 tiket khusus untuk suporter Persebaya Surabaya.

“Kami berkoordinasi dengan koordinator tribune tentang mekanisme pemberangkatan. Tentunya untuk memberangkatkan teman-teman Bonek ke Semarang bisa berjalan dengan lancar. Kami melihat sebetulnya para koordinator tribune ini juga sangat profesional, artinya sudah sering melakukan aktivitas untuk pemberangkatan para Bonek,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa rapat koordinasi Persiapan Pengamanan Pertandingan BRI Liga 1 PSIS Semarang VS Persebaya Surabaya, antar Pemkot Surabaya dan Pemkot Semarang akan kembali digelar.

“Mekanisme pembahasan di Jumat [24/3/2023] kemarin itu belum mengundang koordinator tribune. Jadi kalau besok Senin [27/3/2023] ada meeting [rapat koordinator], harapannya koordinator tribun bisa memberikan masukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat pertandingan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya