Wali Kota Solo Wajibkan ASN Isi BBM di SPBU Pedaringan

Seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Solo akan diwajibkan untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraannya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pedaringan yang siap beroperasi tahun depan

Wali Kota Solo Wajibkan ASN Isi BBM di SPBU Pedaringan

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo meninjau lokasi pembangunan SPBU Pedaringan, Jebres, Solo, Jumat (30/8/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Solo akan diwajibkan untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraannya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pedaringan yang siap beroperasi tahun depan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, saat meninjau lokasi pembangunan SPBU Pedaringan, Jebres, Solo, Jumat (30/8/2019) pagi. Dengan kebijakan itu, Wali Kota berharap dapat mendorong SPBU menyentuh break event point (BEP) alias balik modal pada 2025.

“Wajib isi di SPBU Pedaringan karena akan menguntungkan Pemkot, bisa untuk mengaspal jalan bahkan membangun rumah sakit. Ini untuk kesejahteraan rakyat. Anggota DPRD juga harus ngisi [BBM] di sini. Sekalian untuk ngecek, apakah saat pengisian itu meterannya sudah benar atau belum,” kata Rudy, sapaan akrab Wali Kota.

Setelah SPBU itu beroperasi, Rudy mengatakan langkah selanjutnya adalah membangun convention hall tak jauh dari lokasi itu.

Sementara itu, Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pergudangan dan Aneka Usaha (PAU) Pedaringan, Solo, Chriswanto Tri Santoso, mengatakan hingga pekan kedelapan, perkembangan proyek tersebut sudah 27 persen.

“Kendalanya pemindahan tiang listrik, tiang Telkom, dan jaringannya, juga peninggian jaringan serta pemotongan pohon,” kata dia dalam laporan penyelenggara.

Pembangunan yang ditarget rampung akhir Desember 2019 itu dikerjakan CV Astha Bhawana sebagai konsultan perancana, PT Bale Rante Perkasa sebagai kontraktor, dan CV Har Enko selaku pengawas.

Nilai investasi SPBU itu Rp12 miliar dan dibangun di lahan seluas 2.700 meter persegi. Saat ini pengerjaannya menyasar rangka atap.

“SPBU Pedaringan memiliki empat pulau pompa dengan empat pompa dispenser yang masing-masing terdiri dari 6 nozel. Tangki pendam tujuh unit dengan kapasitas total 130 kiloliter. BBM yang akan dijual adalah Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamina Dex, Pertamax Turbo, dan Dexlite,” terang Chriswanto.

Sejumlah fasilitas yang tersedia di SPBU, antara lain toilet, musala, kafe dalam dan luar ruangan, minimarket, ATM center, gerai oli, dan LPG serta pengisian nitrogen.

Berita Terkait

Berita Terkini

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).