SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo (JIBI/Solopos/Dok)

Keraton Solo memberikan gelar kepada sejumlah pejabat.

Solopos.com, SOLO — Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memberikan gelar atau kekancingan bagi sejumlah pejabat daerah. Gelar tersebut diberikan Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII pada Minggu (3/12/2017) malam di Sasana Narendra Keraton Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kekancingan dari Raja Keraton Solo diberikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, Pangdam IV Diponegoro Mayjen Wuryanto, Kapolda Jateng Irjen (Pol) Condro Kirono, dan Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo. Pejabat di tingkat Provinsi Jateng menerima gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) sedangkan Wali Kota Solo mendapat gelar Kanjeng Pangeran (KP).

Rudy, sapaan akrab F.X. Hadi Rudyatmo, mengungkapkan pemberian gelar oleh PB XIII dilakukan sebelum prosesi Adang memperingati tahun dal. Gelar tersebut diberikan kepada mereka yang telah memiliki peran untuk kemajuan Keraton.

“Dulu KRT [Kanjeng Raden Tumenggung], sekarang KP yang diberikan untuk kategori Dharma Nagara,” kata Rudy ketika dijumpai wartawan di Balai Kota Solo, Senin (4/12/2017).

Rudy pun mengaku tidak mengetahui alasan Keraton meningkatkan gelarnya menjadi KP. Namun selama ini Rudy diketahui getol dalam upaya merevitalisasi Keraton, bahkan menjadi salah satu mediator penyelesaian internal Keraton.

“Kapolda, Pangdam, Sekda juga sama melakukan pembangunan untuk Keraton,” katanya.

Setelah mendapatkan KP, Rudy memastikan tidak akan menyematkan gelar itu ke dalam nama resminya.

“Kalau saya cukup dimaknai dan dijadikan sebagai semangat membangun bangsa. Jadi lihat kinerja saya saja. Itu yang penting. Nanti kalau pakai tambah gelar KP ndadak [harus] merubah akte kelahiran,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya