Wali Kota Solo Rilis SE Terbaru, Siap dengan Pembatasan Lebih Ketat?

SE terbaru Wali Kota Solo tentang PPKM yang terbit Selasa (30/11/2021) mengatur pembatasan yang lebih ketat pada hampir semua lini untuk antisipasi libur Nataru.

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melayani wawancara awak media di Kompleks Balai Kota Solo, Kamis (4/11/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melayani wawancara awak media di Kompleks Balai Kota Solo, Kamis (4/11/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo memperketat pembatasan aktivitas masyarakat di semua lini mulai pekan ini untuk antisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pembatasan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 serta Pencegahan Penanggulangan Covid-19 Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang terbit Selasa (30/11/2021).

Ada sejumlah aturan baru yang muncul dalam SE itu di antaranya imbauan untuk tidak pulang kampung dan larangan bepergian pada momentum Nataru. Kemudian juga ada aturan untuk satuan pendidikan, pelaksanaan ibadah, dan perpanjangan jam operasional mal/pusat perbelanjaan agar tak memicu kepadatan pada jam tertentu.

Baca Juga: 9.002 M2 Tanah Milik Warga akan Dibebaskan untuk Rel Layang Joglo Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta aturan dalam SE itu dicermati mengingat bakal diterapkan selama PPKM Level 3 pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022. “Ora sah [tidak usah] liburan, ASN juga enggak usah mudik. Kami akan beri sanksi. Aturan detailnya di SE terbaru,” katanya kepada wartawan, Selasa siang.

Gibran juga mempersingkat waktu liburan anak sekolah dan meminta pembagian rapor dilaksanakan pada Januari 2022. Ia meminta para orang tua mengawasi anak-anaknya agar tidak liburan. Libur khusus Nataru, selain tanggal merah, ditiadakan dan tetap menggelar pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pembatasan Jumlah Wisatawan

“Tanggal merah Natal ya di rumah saja. Nonton film Home Alone yang diputar di televisi. Enggak usah ke bioskop, menunggu kasusnya reda dulu. Eman [sayang], menahan diri dulu, jangan pulang kampung, jangan ke tempat wisata. Pokoknya pahami SE-nya ya,” jelas Gibran.

Baca Juga: Hanya Naik Rp21.000, Ini Usulan Nilai UMK Solo 2022

Sejumlah aturan dalam SE itu, di antaranya juga membatasi jumlah wisatawan sampai dengan 50% dari kapasitas total dan melarang pesta perayaan dengan kerumunan di tempat terbuka/tertutup. Pada malam Tahun Baru, Pemkot bakal menutup seluruh alun-alun dan meminta masyarakat mengurangi penggunaan pengeras suara yang menyebabkan orang berkumpul secara masif.

Kemudian, membatasi kegiatan seni budaya dan tradisi baik keagamaan maupun nonkeagamaan yang biasa dilakukan sebelum Pandemi Covid-19. Satgas Kelurahan dan Satgas Jogo Tonggo nantinya melakukan pendataan pemudik mulai tanggal 20 Desember.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bupati Sukoharjo: Masyarakat Tak Perlu Takut Divaksin Booster!

Saat ini, BUpati mengungkapkan status Sukoharjo masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Tepergok Coret-Coret Pintu Toko di Solo, 2 Pelaku Vandalisme Ditangkap

Tim Sparta Polresta Solo menangkap dua pemuda yang tepergok tengah melakukan aksi coret-coret pintu bekas toko di Jl A Yani, Rabu (19/1/2022) dini hari.

Keindahan WKO Bisa Dinikmati Maksimal di Gunung Kemukus pada Bulan Ini

Keberadaan Waduk Kedung Ombo menambah daya tarik Objek Wisata Gunung Kemukus di Sragen. Keindahan maksimal bisa dinikmati wisatawan saat air Waduk Kedung Ombo mencapai ketinggian puncak.

Kecemplung Kali Pas Naik Motor, Warga Trucuk Klaten Ditemukan Meninggal

Titik Dwi Sumiati, 60, warga Desa Gaden, Trucuk, Klaten, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal di Kali Kuning, Kecamatan Trucuk, Kamis (20/1/2022) malam.

Di Sukoharjo, Anak-Anak Diajak Naik Mobil Patroli Polisi Usai Divaksin

Adanya varian baru virus Covid-19 jenis Omicron menjadi tantangan bersama untuk menurunkan angka penularan dengan cara percepatan vaksinasi maupun penerapan protokol kesehatan.

Ini Rahasia Kenikmatan Seduhan Teh Kemuning

Cita rasa teh asli Kemuning, Karanganyar begitu sedap dan berbeda dari produk lain karena diolah dengan cara tradisional.

Sedapnya Teh Kemuning Karanganyar, Beda dari Pabrikan

Cita rasa teh tradisional dari perkebunan di Kemuning, Ngargoyoso, Jawa Tengah, amat sedap dan berbeda dengan buatan pabrik.

Ini Kronologi Motor Tukang Ojek Asal Jumapolo Dibawa Kabur Penumpang

Entah apa yang membuat Sabar Mualim, tukang ojek asal Matesih, Karanganyar, mau menyerahkan sepeda motornya dipinjam penumpang yang belakangan diketahui adalah penipu ini begitu saja.

Niat Cari Jalan Halus, 2 Truk Ini Terperosok ke Jalan Rusak di Sragen

Dua truk sarat muatan terperosok ke jalan yang rusak di Jl. Gabugan-Sumberlawang tepatnya di dekat SMPN 1 Tanon, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Jumat (21/1/2022).

Tega! Bukannya Bayar, Pengojek Solo-Karanganyar Bawa Kabur Motor Sabar

Sepeda motor milik tukang ojek asal Karanganyar, Sabar Mualim, 49, digondol penumpang saat mengantarkan dari Solo-Karanganyar, Kamis (20/1/2022).

Vaksinasi Booster di Wonogiri Menyasar Petugas Pelayanan Publik

Petugas pelayanan publik yang divaksinasi booster di Wonogiri seperti polisi, TNI, perangkat desa, dan pegawai instansi pemerintah.

Warga Lansia Ditemukan Meninggal Dunia di Parit Miri Sragen

Seorang warga lansia ditemukan meninggal dunia di parit Dukuh Sumberjo RT 013, Desa Girimargo, Kecamatan Miri, Sragen.

Berkat Jembatan Gantung, Warga Girpasang Bisa Keluar Kampung Malam Hari

Sebelum ada jembatan gantung, warga Girpasang tidak berani keluar malam karena jalan setapak di tepian jurang kondisinya  licin.

Meski Deg-Degan, Warga Girpasang Kini Bisa Bawa Pulang Motor ke Rumah

Selama ini, akses utama warga melewati jalan setapak di tepian jurang dan dikenal dengan nama 1.001 anak tangga.

Kerabat Mangkunegaran Solo soal Calon MN X: Bhre Sosok yang Visioner

Kerabat Pura Mangkunegaran Solo yang juga penari Irawati Kusumorasri menyebut GPH Bhre Cakrahutomo sebagai sosok yang visioner dan punya jaringan luas.