SOLOPOS.COM - Rumah dinas Wali Kota Solo di Kompleks Loji Gandrung Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan keluarganya segera menempati bangunan rumah dinas baru yang masih di sekitar kompleks Loji Gandrung, Solo.

Bangunan utama Loji Gandrung yang selama ini untuk rumah dinas Wali Kota akan dialihfungsikan untuk kegiatan umum. Pantauan Solopos.com, aroma cat baru menguar dari rumah dua lantai di belakang Kompleks Rumah Dinas Loji Gandrung itu, Kamis (13/8/2020) siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hunian bergaya Jawa-Eropa itu tampak berbeda dibanding bangunan sekitarnya. Pagar putih setinggi dua meter mengelilingi rumah. Bangunan berlantai tegel kunci batik itulah yang menjadi rumah dinas baru Wali Kota Solo.

2 Pengurus PAN Solo Dikabarkan Mundur Karena Kecewa Rekomendasi Jatuh Ke Gibran-Teguh, Ini Respons Ketua DPD

Ekspedisi Mudik 2024

“Ini mulai [pindah fungsi]. Saya bersihkan dulu [Loji Gandrung]. Fungsinya nanti untuk rapat, pertemuan, dan sebagainya sehingga [rumah dinas] saya geser sedikit. Tidurnya pindah, supaya nanti antara kegiatan umum dan rumah tangga itu terpisah,” kata dia kepada wartawan, Kamis.

Rudy, sapaan akrabnya, menyebut rumah dinas baru itu sebagai rumah jabatan. Sedangkan Loji Gandrung untuk rapat-rapat yang sifatnya insidental. "Syukur-syukur (Loji Gandrung) bisa untuk museum," kata dia.

Guest House

Rudy mengatakan rumah dinas baru Wali Kota Solo itu dahulunya adalah guest house namun kurang sesuai sehingga jarang digunakan. Setelah rumah dinas wali kota bergeser ke bekas guest house itu, sayap kanan kiri Loji Gandrung bisa gantian beralih fungsi menjadi rumah tamu.

Positif Covid-19 Dari Klaster Inspektorat Solo Tambah 2 Orang, Kantor Boleh Buka Mulai Jumat

“Dulu itu enggak ada yang mau tinggal di guest house itu, hla pada takut, ya, saya tiduri saja,” jelasnya.

Rumah dinas baru Wali Kota Solo dengan Loji Gandrung saling terhubung melalui pintu kayu. Renovasi bangunan tersebut sampai bisa digunakan untuk rumah dinas berlangsung bertahap.

rumah dinas wali kota solo
Bagian dalam salah satu ruangan di Rumah Dinas Wali Kota Solo di kompleks Loji Gandrung, Laweyan, Solo. (Istimewa)

Setelah rampung dibangun pada pekan ini, Rudy berencana menggelar doa bersama untuk pemberkatan yang dipimpin Romo. Proses pemberkatan dilanjutkan dengan memercikkan air suci di beberapa ruang.

Hal itu dengan harapan agar siapa saja yang menempati rumah jabatan mendapatkan berkah yang melimpah dari Tuhan dan selalu mendapatkan kebahagiaan.

Banjir Dukungan, Ini Prediksi Perolehan Suara Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Rencana membuat Loji Gandrung lebih terbuka untuk umum ketimbang hanya sebagai rumah dinas Wali Kota Solo itu sudah mengemuka sejak 2017. Bangunan perpaduan budaya Eropa dan Jawa atau Indis itu sempat direvitalisasi yang rampung pada akhir 2018.

Sejarah Panjang

Revitalisasi yang utamanya menyasar halaman depan dan drainase tersebut menelan anggaran senilai Rp2,3 miliar. Rudy mengatakan ketika terbuka untuk umum, masyarakat bisa mengetahui sejarah panjang yang mengiringi perjalanan Loji Gandrung.

Mulai ketika dibangun pada 1830 hingga berfungsi sebagai rumah dinas orang nomor satu di Kota Solo. “Bahkan dulu Bung Karno [Presiden pertama RI Ir Soekarno] sering menginap di sini saat berada di Solo,” ungkap Rudy.

Masih Soal Rusuh Mertodranan, Kiai dan Ulama NU Soloraya Datangi Mapolresta Solo

Istilah terbuka untuk umum berarti area tersebut dibuka 24 jam untuk masyarakat. “Jadi warga kalau masuk ke dalam ruangan-ruangan di bangunan utama silakan, foto-foto atau selfie juga boleh. Mau rapat di Loji Gandrung pun boleh,” kata dia.

Sebelumnya warga hanya bebas memasuki pelataran bangunan cagar budaya (BCB) itu selama berlangsungnya Car Free Day (CFD) setiap Minggu pagi. Di luar waktu tersebut, pengunjung harus memberitahukan keperluan mereka kepada petugas keamanan saat memasuki kompleks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya