Tutup Iklan

Wali Kota Solo Kritik Usulan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengritik keras usulan kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Usulan yang disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, itu mematok Rp42.000 per kepala untuk penerima bantuan iuran (PBI). Rudy, sapaan akrab Hadi Rudyatmo, menyebut kenaikan iuran tak akan merampungkan defisit yang dihadapi oleh badan hukum publik itu. Kenaikan iuran, kata dia, hanya akan menambah angka kemiskinan.

“Justru akan menambah angka kemiskinan, terutama peserta mandiri. Mereka pasti akan kesulitan membayar, yang rentan miskin akan jadi miskin. Kalau kenaikan memang menyelesaikan masalah dan bikin BPJS enggak lagi berutang, ya tidak apa-apa. BPJS itu sekarang masih menunggak puluhan miliar di RSUD kami, kok. Kami sebenarnya sudah mengantisipasi kenaikan PBI itu dengan bikin RSUD di tiap kecamatan. Sekarang baru dua di Banjarsari dan Pasar Kliwon. Uangnya kan berputar di pemerintah juga,” kata dia, kepada wartawan, Rabu (28/8/2019).

Saat kesulitan membayar, peserta JKN-KIS mandiri dimungkinkan menghentikan kepesertaan. Capaian universal health coverage atau cakupan kesehatan semesta pun juga menjauh dari 100 persen. Terlebih apabila mereka akhirnya harus beralih menjadi PBI. Keuangan pemerintah bakal habis untuk mengakomodasi mereka.

“Kalau sudah keluar dari kepesertaan BPJS, target pemerintah tentang jaminan kesehatan tidak jalan. Sementara kalau jadi PBI APBD, kami yakin enggak mampu (membayar iuran),” ucapnya.

Jika masyarakat miskin bertambah, Rudy menyebut kewajiban pemerintah bakal semakin berat. Sebab pemerintah harus menyediakan berbagai jenis bantuan sosial. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Bantuan Pangan Nontunai (BNPT).

“Kalau yang rentan miskin jadi miskin, negara harus menyediakan bantuan lebih besar lagi. Mestinya dihitung dahulu sebelum menaikkan iuran,” pungkas Rudy.

Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Solo, Dian Renata, mengatakan di Kota Bengawan, Kementerian Sosial (Kemensos) telah menonaktifkan 4.879 peserta JKN-KIS PBI APBN mulai 1 Agustus 2019. Dari jumlah itu, sebanyak 825 di antaranya masuk kategori sangat miskin (P1), miskin (P2), rentan miskin (P3), hampir miskin (P4), dan rentan risiko sosial (P5).

Dari hasil verifikasi PBI yang dinonaktifkan itu, terdapat 918 jiwa yang tidak memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan). Sehingga total data yang disinkronkan dengan e-Sik (Sistem Informasi Kemiskinan secara elektronik) milik Pemkot berjumlah 3.961 jiwa.

“627 Jiwa yang masuk kategori P1-P3 akan kami usulkan agar masuk ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Desember. Data yang tidak masuk dalam e-Sik sebanyak 3.136 akan kami verifikasi dan validasi lagi. Kalau ternyata masuk P1-P3, mereka juga diusulkan masuk DTKS. Sampai Desember itu, kalau ribuan warga ini sakit, Pemkot akan menanggung seluruh biayanya,” kata dia, Rabu. 


Berita Terkait

Espos Premium

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

Beda dengan tahun lalu, saat perjalanan bisnisnya gelagepan. Seperti terkena virus corona bergejala berat. Kesulitan bernapas, seperti orang berenang mau tenggelam. Tapi tahun ini ceritanya lain.

Berita Terkini

Jelang Reuni 212, Tangerang Batasi Akses Masuk ke Jakarta

Jika ada warga yang terindikasi hendak mengikuti Reuni 212, pihaknya akan langsung menyuruh mereka untuk memutar balik ke arah Kota Tangerang.

Kawal Presidensi G20, Kominfo Luncurkan Website Baru

Kementerian Kominfo luncurkan website baru untuk dukung Presidensi G20 Indonesia.

Asyik! Ikut Tes Acak Covid-19, Siswa di Klaten Dapat Doorprize

Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi menggelar uji petik tes antigen kepada siswa dan guru secara acak.

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

Beda dengan tahun lalu, saat perjalanan bisnisnya gelagepan. Seperti terkena virus corona bergejala berat. Kesulitan bernapas, seperti orang berenang mau tenggelam. Tapi tahun ini ceritanya lain.

Nissan Bakal Mulai Bisnis Baru dan Gelontorkan $17,6 Miliar

Skema Nissan hadapi era elektrifikasi, salah satunya gelontorkan dana untuk bangun infrastruktur.

Waspada Omicron, Pejabat Negara Dilarang Bepergian ke Luar Negeri

Larangan terhadap pejabat negara tersebut berlaku kepada seluruh lapisan jabatan, terkecuali bagi yang melaksanakan tugas penting negara.

Diterjang Lahar, Jaringan Air Bersih di Kali Boyong Sleman Putus

Hujan deras yang turun di puncak Merapi pada Rabu (1/12/2021) menyebabkan putusnya jaringan air bersih di Kali Boyong, Pakem, Sleman.

Reuni 212 bakal Digelar di Plaza Manahan, Kapolresta Solo: Tidak Boleh!

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menegaskan akan membubarkan massa yang nekat menggelar Reuni 212 Soloraya di Plaza Manahan maupun tempat terbuka lainnya.

Alami Gangguan Jiwa, Suami di Kudus Bacok Istri

Seorang ibu di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), menjadi korban penganiayaan atau pembacokan suami yang mengalami gangguan jiwa.

Pembuang Bayi dalam Kardus Di Nguter Sukoharjo Diduga Warga Sekitar

Polisi menduga pelaku pembuang bayi yang ditemukan meninggal dalam kardus di Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, adalah warga sekitar.

Tidur Sambil Duduk, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Jika dilakukan dalam jangka waktu lama, apakah ada risiko jika tidur dalam posisi duduk tersebut?

Indonesia Bertekad Hasilkan Terobosan Besar dari Forum G20

Presidensi G20 Indonesia merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi global, dengan partisipasi aktif membangun tata kelola dunia yang lebih sehat.

Sebut Penetapan UMK 2022 Jateng Inkonstitusional, Buruh Siapkan Gugatan

Buruh di Jateng yang tergabung dalam Aliansi Buruh Jawa Tengah menyebut penetapan UMK 2022 di Jateng yang diputuskan Gubernur Ganjar Pranowo inkonstitusional.

Bupati Grobogan Minta Permasalahan Pertanian di MT Satu Diselesaikan

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengingatkan masih ada pekerjaan rumah terkait pertanian pada musim tanam satu (MT-1).

Duh, 1.826 Prajurit TNI Terinfeksi HIV/AIDS

Panglima TNI mengakui, kesatuan terus memberikan pendampingan kepada prajurit yang terinfeksi HIV/AIDS agar mereka bisa disiplin dalam melakukan pengobatan di fasilitas kesehatan TNI AD.

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Siap Hadapi Sidang Perdana Kasus Narkoba

Pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie mengaku sudah siap mental untuk hadapi sidang perdana kasus narkoba