Kategori: Solo

Wali Kota Solo Gibran Jawab Soal Viaduk Gilingan Kerap Banjir, Ini Katanya


Solopos.com/Suharsih

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan tanggapan terkait kondisi viaduk Gilingan, Banjarsari, yang kerap tergenang air saat hujan deras.

Seperti saat hujan deras Minggu (7/3/2021) siang, jalan viaduk Gilingan tergenang air hingga ketinggian 90 sentimeter (cm). Akibatnya, arus lalu lintas terpaksa dialihkan meski ada pula kendaraan yang nekat menerobos genangan air.

Baca Juga: Tiwas Bikin Geger! Dikira Tenggelam, Bocah Sukoharjo Ini Ternyata Lagi Nonton TV Di Rumah

Genangan air itu berlangsung kurang lebih selama 60 menit. Tim Patroli BPBD Solo menyebut air menggenang karena mengantre masuk ke saluran drainase yang banyak sampah. Setelah petugas turun membersihkan sampah, genangan air perlahan-lahan surut.

Menanggapi kejadian itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melalui akun Instagram @gibran_rakabuming mengakui masalah genangan air viaduk Gilingan telah lama terjadi.

Baca Juga: Tergenang Air Hingga Ketinggian 90 Cm, Ini Foto-Foto Kondisi Viaduk Gilingan Solo

"Banyak warga mengeluh dengan kondisi viaduk di kawasan Gilingan, lantaran rawan terjadi banjir di musim penghujan. Permasalahan ini telah lama terjadi," tulis akun @gibran_rakabuming, Senin (8/3/2021).

Arus Lalu Lintas Terganggu

"Apabila hujan lebat, maka jalanan akan tergenang air hingga 90 cm yang berimbas pada terganggunya arus lalu lintas di sekitar Jalan Ahamd Yani," lanjutnya.

Baca Juga: Rel Layang Joglo Solo Naik Dari Viaduk Gilingan, Ratusan Hunian Di Nusukan Bakal Tergusur

"Saya bersama Kepala DPU menjadikan ini catatan khusus, tentu percepatan perbaikan drainase harus segera dilakukan," tulis Gibran mengenai kondisi viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo.

Sebagaimana diberitakan, viaduk Gilingan, Banjarsari, tergenang air hingga ketinggian 90 cm saat hujan deras pada Minggu siang. Arus lalu lintas sempat dialihkan karena tidak memungkinkan dilewati kendaraan.

Baca Juga: 5 Pedagang Pasar Jambangan Karanganyar Meninggal Positif Covid-19

Tak hanya viaduk Gilingan, beberapa ruas jalan Kota Solo juga digenangi air pada waktu yang sama. Salah satunya yang cukup parah adalah Jl Sutan Syahrir.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih