Wali Kota Solo Gibran Ingin Final Piala Menpora di Solo
Ilustrasi Sepakbola (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO— Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan Kota Solo siap menyelenggarakan ajang Piala Menpora 2021. Tak sekadar tuan rumah, Kota Bengawan juga akan menjadi lokasi pembukaan turnamen pramusim untuk tim Liga 1 tersebut. Wali Kota pun kini mendorong Stadion Manahan agar dapat digunakan sebagai venue final Piala Menpora.

Hal itu disampaikan Gibran di sela acara pisah sambut Danrem 074/Warastratama di Balai Kota Solo, Selasa (2/3/2021) malam. Gibran mengatakan Kota Solo antusias menyambut ajang pramusim yang akan digelar 21 Maret-25 April itu.

Menurut dia, turnamen tersebut dapat menggairahkan kembali atmosfer sepak bola Kota Bengawan. “Tentu kami siap dan antusias menyambut Piala Menpora. Saatnya meramaikan lagi sepak bola di Solo,” ujar Gibran.

Baca Juga: Bos Baru Persis Solo Diumumkan 18 Maret, Apakah Kaesang?

Putra Presiden Joko Widodo itu mengaku berkomunikasi intens dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, ihwal persiapan Piala Menpora. Gibran mengatakan pembenahan venue hingga teknis protokol kesehatan tengah dibereskan agar ajang pramusim di Solo dapat berjalan lancar.

Wali Kota pun terang-terangan mengincar agar babak puncak Piala Menpora digelar di Stadion Manahan. Selain Solo, ada tiga daerah lain yang menjadi tuan rumah Piala Menpora yakni Sleman, Bandung dan Malang. “Pembukaan sudah di Stadion Manahan, 21 Maret. Harusnya semifinal dan final juga digelar di Solo.”

Baca Juga: Kaesang & Guyonan Akuisisi Saham Persis

Uji Coba

Kota Solo sendiri memiliki Bhayangkara Solo Football Club sebagai wakil di ajang tersebut. Sejak pekan lalu tim asuhan Paul Munster sudah menggeber latihan rutin di Stadion Mini Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Saat ini The Guardian masih fokus meningkatkan kondisi fisik sebelum melangkah ke porsi latihan lebih berat. “Harus perlahan-perlahan karena otot pemain sudah lama tidak berlatih keras,” ujar Paul Munster kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Disinggung ihwal agenda uji coba, Munster mengaku belum menjadwalkannya. Pelatih asal Irlandia Utara ini menilai kondisi pemain belum siap untuk menjalani ekshibisi. Sebelumnya Munster telah menampik tawaran uji coba melawan Timnas U-23, Rabu.

“Untuk pertandingan, kami membutuhkan kemampuan sepanjang 90 menit. Saat ini pemain belum siap untuk itu.”



Berita Terkini Lainnya








Kolom