Wali Kota Solo Gibran Borong Tiga Penghargaan di SDA 2021

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong tiga penghargaan sekaligus dalam gelaran Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021.

 Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 dan talkshow spesial, Makin Dekat Makin Cepat, Rabu (4/8/2021) malam. (Tangkapan layar-Youtube SoloposTV)

SOLOPOS.COM - Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 dan talkshow spesial, Makin Dekat Makin Cepat, Rabu (4/8/2021) malam. (Tangkapan layar-Youtube SoloposTV)

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong tiga penghargaan sekaligus dalam gelaran Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 yang digelar bersamaan talkshow spesial, Makin Dekat Makin Cepat, Rabu (4/8/2021) malam.

Wali Kota Solo yang akrab disapa Mas Gibran meraih Best Figure Digital Performace versi Youtube. Kemudian Best Figure Digital Performance versi Instagram dan Best Figure Digital Performance di Jateng.

Selain Wali Kota Solo, ada nama Bupati Klaten Sri Mulyani sebagai Best Figure Digital Performance di Soloraya. Ada juga Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sebagai Best Figure Digital Performance versi Twitter . Sedangkan Bupati Banyumas, Achmad Husein meraih Best Figure Digital Performance versi Facebook.

Baca juga: Solopos Digital Award 2021 Ukur Performa Pemerintahan di Ranah Digital

Tak hanya figure, penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 juga diberikan kepada pemerintahan daerah dalam pengelolaan media sosial. Best Digital Performance Pemerintah Daerah di Jateng diraih Pemerintah Kota Semarang.

Kemudian Best Digital Performance Humas di Jateng diraih Pemerintah Kota Semarang. Best Digital Performance Humas Pemerintah Daerah di Soloraya diberikan kepada Humas Pemkab Karanganyar. Lalu Best Digital Performance kategori Pemerintah Daerah di Soloraya diraih Pemkab Klaten. Serta Best Digital Performance kategori Pemerintah Daerah di Madiun Raya diraih Pemkot Madiun.

Menurut Koordinator Tim Riset SDA 2021, Danang Nur Ikhsan, data terbaru dari We Are Social pada Januari 2021 menyebutkan 202,6 juta penduduk di Indonesia merupakan pengguna Internet. Jumlah itu mencapai 73,7% dari total populasi penduduk. Selama periode 2020-2021, We Are Social mencatat pengguna Internet di Indonesia bertambah 27 juta orang.

Baca juga: Kunjungi Solo, Anggota DPR ini Soroti Kesenjangan Capaian Vaksinasi Covid-19 Antardaerah

SDA 2021 adalah Riset Digital

“SDA adalah riset digital yang dilakukan Solopos.com untuk melihat performa organisasi atau lembaga tertentu baik di website, mesin pencari [search engine] hingga media social. Pada 2021, SDA khusus menggelar riset digital terkait pemerintah daerah di Jawa Tengah. Pemerintah di Madiun Raya dan kepala daerah [bupati/wali kota] di Jawa Tengah,” jelas Danang.

Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo mengatakan SDA 2021 ini dilaksanakan untuk melihat dan mengukur performa pemerintah daerah. Baik di Jawa Tengah, Madiun Raya, dan kepala daerah di Jawa Tengah di jagat Internet.

“Kami berharap SDA ini bias menjadi barometer performa pemerintah daerah dan kepala daerah di media sosial atau Internet,” ujar Arif Budisusilo. Acara talkshow dan penyerahan penghargaan dipandu Direktur Bisnis & Konten Solopos Media Group, Suwarmin. Disiarkan secara life di kanal Youtube, Instagram, dan Facebook.

Baca juga: Tentang Solopos Digital Award (SDA) 2021

Pakar Media Sosial sekaligus Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi mengapresiasi apa yang dilakukan Solopos Media Group. Karena dengan SDA 2021 bisa terlihat sejauh mana pemerintah daerah juga kepala daerah merespons masukan masyarakat melalui media sosial.

“Media sosial bukan hanya untuk menyampaikan kinerja pemerintah daerah, namun juga menjadi media interaksi. Bagaimana pemerintah daerah merespons ide, masukan bahkan kritikan masyarakat. Inilah erahnya Demokrasi 4.0,” ujar Ismail Fahmi.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengakui pentingnya peran media sosial di era digital sekarang ini. Masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan pemimpinnya. Menyampaikan informasi juga aduan dengan cepat sehingga pemerintah daerah bisa segera meresponsnya.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Agrowisata Desa Pasung Klaten Punya Koleksi 1.000 Lebih Tanaman Buah

Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Klaten mengembangkan agrowisata, sejak empat tahun terakhir. Hingga sekarang, Desa Pasung telah memiliki lebih dari 1.000 tanaman buah.

Ngeri! Ratusan Sarang Tawon Vespa Diamankan Damkar Wonogiri

Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota damkar dalam kurun waktu Januari hingga September 2021.

Solo Tuan Rumah Liga 2, Ini Pesan Gibran untuk Suporter

Pasoepati dan warga Solo, diminta menjadi tuan rumah yang baik terkait penyelenggaraan pertandingan Grup C Liga 2 tahun 2021 di Stadion Manahan.

Bupati Wonogiri Beri Sinyal Siswa Boleh Naik Angkot Saat PTM

Saat pembelajaran tatap muka (PTM) nanti berlangsung, siswa di Wonogiri akan diperkenankan naik transportasi umum.

Akibat Korsleting Listrik, Kandang Kambing di Sambirejo Sragen Hangus

Kebakaran menghanguskan kandang kambing milik, Pranoto, 45, warga Jatirejo RT 004, Blimbing, Sambirejo, Sragen.

Siap-Siap, Disdik Kota Solo akan Tes Covid-19 Acak di Sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana mengadakan uji swab deteksi Covid-19 secara acak (random test) terhadap warga sekolah.

Ciamik! Colomadu Dirancang Jadi Solo Baru-nya Karanganyar

Bupati Karanganyar berencana menjadikan Kecamatan Colomadu sebagai pusat industri dan perdagangan selayaknya Solo Baru.

Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Atlet kickboxing Jawa Tengah (Jateng) meraih juara umum di PON XX Papua merupakan mahasiswa UTP Solo.

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.

Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Ditarget 70 Persen hingga Akhir Tahun

Pemkab Klaten mematok capaian vaksinasi Covid-19 di daerah setempat mampu menembus angka minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021.

Pasar Janglot Tangen Sragen Terbakar, Puluhan Los Ludes

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Janglot, Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen, pada Sabtu (25/9/2021) pukul 23.20 WIB.