Wali Kota Solo Gibran Borong Tiga Penghargaan di SDA 2021

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong tiga penghargaan sekaligus dalam gelaran Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021.

 Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 dan talkshow spesial, Makin Dekat Makin Cepat, Rabu (4/8/2021) malam. (Tangkapan layar-Youtube SoloposTV)

SOLOPOS.COM - Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 dan talkshow spesial, Makin Dekat Makin Cepat, Rabu (4/8/2021) malam. (Tangkapan layar-Youtube SoloposTV)

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong tiga penghargaan sekaligus dalam gelaran Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 yang digelar bersamaan talkshow spesial, Makin Dekat Makin Cepat, Rabu (4/8/2021) malam.

Wali Kota Solo yang akrab disapa Mas Gibran meraih Best Figure Digital Performace versi Youtube. Kemudian Best Figure Digital Performance versi Instagram dan Best Figure Digital Performance di Jateng.

Selain Wali Kota Solo, ada nama Bupati Klaten Sri Mulyani sebagai Best Figure Digital Performance di Soloraya. Ada juga Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi sebagai Best Figure Digital Performance versi Twitter . Sedangkan Bupati Banyumas, Achmad Husein meraih Best Figure Digital Performance versi Facebook.

Baca juga: Solopos Digital Award 2021 Ukur Performa Pemerintahan di Ranah Digital

Tak hanya figure, penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021 juga diberikan kepada pemerintahan daerah dalam pengelolaan media sosial. Best Digital Performance Pemerintah Daerah di Jateng diraih Pemerintah Kota Semarang.

Kemudian Best Digital Performance Humas di Jateng diraih Pemerintah Kota Semarang. Best Digital Performance Humas Pemerintah Daerah di Soloraya diberikan kepada Humas Pemkab Karanganyar. Lalu Best Digital Performance kategori Pemerintah Daerah di Soloraya diraih Pemkab Klaten. Serta Best Digital Performance kategori Pemerintah Daerah di Madiun Raya diraih Pemkot Madiun.

Menurut Koordinator Tim Riset SDA 2021, Danang Nur Ikhsan, data terbaru dari We Are Social pada Januari 2021 menyebutkan 202,6 juta penduduk di Indonesia merupakan pengguna Internet. Jumlah itu mencapai 73,7% dari total populasi penduduk. Selama periode 2020-2021, We Are Social mencatat pengguna Internet di Indonesia bertambah 27 juta orang.

Baca juga: Kunjungi Solo, Anggota DPR ini Soroti Kesenjangan Capaian Vaksinasi Covid-19 Antardaerah

SDA 2021 adalah Riset Digital

“SDA adalah riset digital yang dilakukan Solopos.com untuk melihat performa organisasi atau lembaga tertentu baik di website, mesin pencari [search engine] hingga media social. Pada 2021, SDA khusus menggelar riset digital terkait pemerintah daerah di Jawa Tengah. Pemerintah di Madiun Raya dan kepala daerah [bupati/wali kota] di Jawa Tengah,” jelas Danang.

Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo mengatakan SDA 2021 ini dilaksanakan untuk melihat dan mengukur performa pemerintah daerah. Baik di Jawa Tengah, Madiun Raya, dan kepala daerah di Jawa Tengah di jagat Internet.

“Kami berharap SDA ini bias menjadi barometer performa pemerintah daerah dan kepala daerah di media sosial atau Internet,” ujar Arif Budisusilo. Acara talkshow dan penyerahan penghargaan dipandu Direktur Bisnis & Konten Solopos Media Group, Suwarmin. Disiarkan secara life di kanal Youtube, Instagram, dan Facebook.

Baca juga: Tentang Solopos Digital Award (SDA) 2021

Pakar Media Sosial sekaligus Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi mengapresiasi apa yang dilakukan Solopos Media Group. Karena dengan SDA 2021 bisa terlihat sejauh mana pemerintah daerah juga kepala daerah merespons masukan masyarakat melalui media sosial.

“Media sosial bukan hanya untuk menyampaikan kinerja pemerintah daerah, namun juga menjadi media interaksi. Bagaimana pemerintah daerah merespons ide, masukan bahkan kritikan masyarakat. Inilah erahnya Demokrasi 4.0,” ujar Ismail Fahmi.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengakui pentingnya peran media sosial di era digital sekarang ini. Masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan pemimpinnya. Menyampaikan informasi juga aduan dengan cepat sehingga pemerintah daerah bisa segera meresponsnya.

 

 

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Meninggal di Gunung Lawu, Pendaki asal Madiun Diduga Kena Serangan Jantung

Pendaki asal Madiun diduga mengalami serangan jantung mendadak sebelum meninggal saat mendaki Gunung Lawu pada Senin (20/9/2021) pagi.

Wow! Setiap Puskesmas di Klaten Mampu Lakukan 1.000 Vaksinasi dalam Sehari

Setiap Puskesmas di Klaten dinilai mampu melakukan hingga 1.000 vaksinasi dalam sehari di tengah pandemi Covid-19.

Masyarakat Peduli Api Dibentuk di Gunung Bromo Karanganyar, Ini Perannya

Pembentukan MPA Singo Serang khusus di lingkungan KHDTK Gunung Bromo diperlukan dalam upaya menciptakan hutan lestari.

Jhon Underground: Pemuda Wonogiri yang Punya Misi Mengenalkan Kampung Halaman lewat Media

Jhon Underground, pemuda asli Wonogiri tergerak untuk memperkenalkan kampung halamannya ke masyarakat luas.

Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Sudah Tempati Kontrakan Baru

Sekeluarga yang tidur di kolong meja wedangan di Kartasura, Sukoharjo, sudah menempati kontrakan baru. Kontrakan itu tak jauh dari wedangan yang menjadi usaha keluarga tersebut.

Hindari Yoni di Tengah Sawah, Jalan Tol Solo-Jogja Wilayah Klaten ini Dibuat Melayang

Proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja wilayah Keprabon, Polanharjo, Klaten, dibuat melayang demi menghindari yoni di tengah sawah.

Saking Parahnya Pencemaran, Warga Sragen Sampai Takut Makan Ikan dari Bengawan Solo

Warga Sragen merasakan betul dampak dari pencemaran Sungai Bengawan Solo di wilayah mereka sampai takut makan ikannya.

Ingat! Tempat Wisata di Boyolali Masih Belum Boleh Buka Lur

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali belum membuka tempat wisata selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini.

Nasi Boks I Am In Love, Solusi Praktis Makan Ayam Panggang

I Am In Love Panggang menyajikan menu lunch box bagi masyarakat Kota Solo dan sekitarnya

Dulur Sukoharjo, Ojo Lali Prokes 5M Ya...

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengingatkan warga untuk menaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Tes SKD CPNS Sukoharjo, Puluhan Peserta Gugur pada Hari Pertama

Jumlah peserta tes SKD CPNS Sukoharjo yang tidak lolos karena tidak hadir saat tes masih ada kemungkinan bertambah.

Pemilik Angkringan di Klaten Tetap Ngeyel Usai Ditegur Satpol PP, Sejumlah Gelas Dikukut

Satpol PP Klaten terpaksa menegur keras tiga pemilik angkringan di Klaten Selatan sepanjang PPKM Level 3.

PTM SMP dan SMA Sederajat di Wonogiri Mungkin Digelar Bareng

PTM belum akan digelar dalam waktu dekat karena SMP-SMA sederajat mulai pekan ini menggelar kegiatan tatap muka terbatas ANBK.

Puluhan Kebakaran Terjadi di Wonogiri Tahun Ini, Mayoritas Penyebabnya Karena Ini

Puluhan kebakaran terjadi di Kabupaten Wonogiri dalam kurun waktu Januari hingga September 2021. Human eror mendominasi penyebab kebakaran di kabupaten itu.

Borong 7,5 Kuintal Cabai Petani, Bupati Karanganyar: Spekulan Jangan Mainkan Harga!

Bupati menyatakan kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar untuk campur tangan mengatasi permainan spekulan.