Wali Kota Solo Diganjar Penghargaan Manggala Karya Kencana, Apa Itu?
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dengan masker kumisnya. (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, diganjar penghargaan Manggala Karya Kencana 2020. Penghargaan ini diberikan lantaran dianggap berkomitmen terhadap program keluarga berencana atau KB.

Banyaknya Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kota Bengawan menjadi salah satu pertimbangan Wali Kota menerima penghargaan tersebut.

Tak hanya itu, capaian KB di Solo yang sudah menyentuh 66,21 persen dan angka Fertility Rate 1,8 persen. Padahal, pemerintah pusat baru menargetkan 2,1 persen pada 2021 mendatang.

Penipu Pengangkatan CPNS Catut Tjahjo Kumolo Raup Rp3,8 Miliar, Begini Ceritanya

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, mengatakan penghargaan diberikan kepadal Wali Kota Solo karena kepala daerah dianggap berdedikasi dan berkomitmen dalam pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana.

“Program itu lebih dikenal dengan nama Bangga Kencana. Terdapat sejumlah indikator penilaian yang digunakan BKKBN. Salah satunya fertility rate, di mana Solo sudah menembus 1,8 persen. Ini yang saya katakan sangat bagus. Bahkan kalau bisa untuk mengalahkan target pusat. Tinggal mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya. Jangan sampai putus, mulai dari genre [generasi berencana],” ucap Hasto seusai menyematkan penghargaan kepada Wali Kota di Pendapi Gede, Kompleks Balai Kota Solo, Jumat (18/9).

Kebakaran Pabrik di Telukan Sukoharjo, Polda Jawa Tengah Lakukan Ini di Lokasi

Pemenuhan Hak Anak

Rudy, sapaan akrab wali kota, mengapresiasi penghargaan tersebut. Untuk mendukung program KB, Solo punya program untuk anak-anak.

“Kami memiliki berbagai program untuk menyukseskan program KB. Selain, ragam upaya pemenuhan hak anak. Membatasi jumlah anak itu termasuk mewujudkan hak anak. Anak bisa mendapatkan gizi yang cukup sehingga masa depan terjamin. Keluarga yang ber KB akan lebih berkualitas dan sejahtera,” kata dia.

Jadi Korban Mutilasi di Kalibata City Jakarta, Begini Sosok Rinaldi Harley di Mata Keluarga

Menurut dia, Pemkot Solo telah berkomitmen menerapkan slogan nguwongke uwong (memanusiakan manusia), yang dikemas dalam 3W, yakni waras (sehat), wasis (pinter) dan wareg (kenyang) dalam membangun KB.

Wali Kota Solo menjadi salah seorang di antara empat kepala daerah di Jawa Tengah yang memperoleh tanda penghargaan Manggala Karya Kencana tersebut.

Tiga lainnya yakni Bupati Klaten Sri Mulyani, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom