Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menargetkan lelang jabatan kepala dinas yang masih kosong, Mei 2017.

Solopos.com, SEMARANG — Empat kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kosong sehingga hanya diisi pelaksana tugas (plt). Namun, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku belum akan mengisi jabatan puncak di dinas perhubungan, kepala dinas komunikasi informatika dan persandian, kepala dinas ketahanan pangan, serta kepala badan pemberdayaan perempuan Kota Semarang dengan pejabat difinitif.

Wali Kota Hendrar Prihadi menargetkan pengisian jabatan empat kepala SKPD yang hingga kini masing kosong rampung pada pertengahan Mei 2017. Sejauh ini, pihaknya masih sibuk menyiapkan panitia lelang jabatan. "Sekarang ini sudah dalam proses pembentukan tim panitia seleksi (pansel) untuk rekrutmen pengangkatan pejabat eselon II," kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi di Semarang, Senin (27/3/2017).

Diakuinya, sampai saat ini masih ada empat posisi setingkat kepala dinas yang masih dijabat pelaksana tugas (plt) karena tidak adanya pejabat eselon II untuk mengisi jabatan tersebut. Keempat jabatan yang masih kosong itu adalah kepala dinas perhubungan, kepala dinas komunikasi informatika dan persandian, kepala dinas ketahanan pangan, serta kepala badan pemberdayaan perempuan Kota Semarang.

"Untuk pengisian jabatan itu akan dilakukan melalui lelang terbuka yang diperkirakan pengumumannya di awal April 2017. Pengumumannya kurang lebih berlangsung sekitar 15 hari," katanya.

Setelah itu, kata dia, pansel akan melakukan serangkaian tes, baik tertulis maupun lisan kepada para peserta lelang jabatan untuk diseleksi menjadi tiga besar di masing-masing posisi. "Kalau sudah ada seleksi tiga besar, baru diserahkan kepada wali kota dan wakil wali kota. Ya, harapan kami pertengahan Mei nanti selesai, sekaligus dilakukan pelantikan," katanya.

Berkaitan dengan lelang jabatan, Hendi mendorong aparatur sipil negara (ASN) Kota Semarang yang sekarang ini berada di eselon III untuk mengikutinya sebagai ajang promosi karier di lingkup Pemerintah Kota Semarang. "Ya, untuk pengisian jabatan empat kepala dinas ini kan memang sifatnya promosi. Silakan kawan-kawan di eselon III untuk ikut tes. Buktikan diri layak menjadi kepala dinas," pungkasnya.

Penataan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkot Semarang membuat adanya penambahan satuan kerja perangkat dinas (SKPD) sehingga empat jabatan setingkat kepala dinas kosong. "Kan memang stoknya untuk pejabat eselon II sudah habis. Kami mau ambil langsung pejabat eselon III nanti dulu. Aturannya kan harus ada lelang jabatan. Ya, kami ikuti saja," kata Hendi ketika itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten