SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersalaman dengan warga seusai membuka Pasar Imlek Semawis di kawasan Pecinan, Kota Semarang, Jateng, Senin (12/2/2018) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Humas Setda Kota Semarang)

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menganggap keberagaman di ibu kota Jateng itu justru memperkuat kesatuan masyarakatnya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan keyakinannya bahwa keberagaman budaya dan agama masyarakat di ibu kota Jawa Tengah ini justru memperkuat kesatuan warga. “Saya yakin keberagaman merupakan kekuatan kita semua. Tidak ada hal yang harus dikhawatirkan. Lihat saja meriahnya perayaan [Tahun Baru] Imlek di Semarang,” katanya, Selasa (13/2/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Politikus PDI Perjuangan yang akrab disapa Hendi itu mengakui terjadinya kasus intoleransi di beberapa daerah yang terjadi belakangan, seperti di Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, kata dia, kemajemukan sudah dimiliki masyarakat Semarang yang terlihat dari budayanya yang merupakan perpaduan dari berbagai budaya, baik Jawa, Arab, dan Tionghoa.

“Intinya, kalau mau hidup di Indonesia, ya harus saling menghargai. Kalau tidak bisa menghargai, pindah saja ke negara lain,” kata orang nomor satu di Kota Semarang itu.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) Haryanto Halim mengungkapkan pentingnya keberagaman sebagai pemersatu masyarakat. “Keberagaman bukanlah slogan, bukan hanya ucapan. Perbedaan agama, suku, dan ras tidak seharusnya menjadi belenggu. Aku adalah engkau, engkau adalah aku. Tidak ada engkau, tidak ada aku,” katanya.

Pergelaran Pasar Semawis di Kota Semarang berlangsung 12-14 Februari 2018 yang merupakan agenda tahunan Kota Semarang untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek. Berbagai hidangan kuliner khas Semarangan dan peranakan Tionhoa, termasuk pernak-pernik khas tradisi China tersaji di Pasar Semawis yang digelar di kawasan Pecinan Semarang.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama Kota Semarang Rikza Chamami mengatakan keberagaman harus dijaga sebagai kekayaan Kota Semarang. “Dan NU sebagai organisasi Islam yang moderat selalu menjaga dengan penuh khidmat atas realitas keberagaman. Keberagaman masyarakat merupakan kekayaan yang harus dijaga baik,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya