SOLOPOS.COM - Wali Kota Yuliyanto memakaikan masker kepada seorang sopir angkuta di Terminal Tamansari, Salatiga, Kamis (16/4/2020). Forkopimda Salatiga rutin menggelar patroli masker untuk mengajak warga tertib mengenakan masker saat keluar rumah. (Semarangpos.com-Instagram @yuliyantosalatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Wali Kota Salatiga Yuliyanto turun tangan langsung mendisiplinkan warganya yang masih membandel tidak memakai masker saat berada di jalanan. Orang nomor satu di Salatiga ini menggelar patroli masker bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Salatiga, Kamis (16/4/2020).

Dalam patroli tersebut, masyarakat yang melintas di jalan raya namun tidak memakai masker langsung diberhentikan. Mereka diminta mengenakan masker. “Ayo semua pakai masker saat keluar rumah. Jika masih ada yang keluar rumah tanpa masker saya sendiri yang akan memakaikan masker,” tutur Yuliyanto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasien Positif Virus Corona di Grobogan Jadi 4 Orang

Ekspedisi Mudik 2024

Patroli masker ini dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona atau Covid-19. Saat patroli, Forkopimda juga membawa ratusan masker kain untuk dibagikan. Rute patroli masker menyasar tempat-tempat ramai antara lain di Terminal Angkuta Tamansari dan kawasan Jl. Jenderal Sudirman, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Di Terminal Angkuta Tamansari, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto menegur warga yang tidak memakasi masker. “Mas, ayo pakai masker. Ini corona sudah berbahaya, kalau keluar rumah wajib hukumnya pakai masker. Apalagi anda bekerja sebagai pengantar paket, ketemu banyak orang dan berada di jalan,” ucapnya sembari memakaikan masker untuk pengantar paket tersebut.

Pekerja Jalanan

Yuliyanto mengatakan, patroli masker ini menyasar masyarakat yang bekerja di jalanan, seperti tukang parkir, sopir angkutan kota, dan tukang ojek. “Mereka ini banyak bersinggungan dengan orang lain, wajib mengenakan masker dan membersihkan tangan dengan handsanitizer, kita semua harus disiplin dalam menjaga kesehatan,” tegasnya.

Vlog Billy Christian di Semarang Rekam Suara Misterius Wanita Penghuni

Menurut Wali Kota kesadaran sejumlah warga untuk memakai masker sudah cukup baik. Namun ada beberapa yang lupa sehingga pergi ke luar tanpa masker.

Terpisah Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat belum lama ini mengatakan belum ada peraturan khusus yang mewajibkan setiap warga Salatiga mengenakan masker saat pergi ke luar. Namun pihaknya sudah menginstruksikan kepada semua anggota untuk secara rutin melakukan patroli masker. Jika ada warga yang kedapatan tidak memakai masker di luar rumah pihak kepolisian akan melakukan teguran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya