Wali Kota Salatiga Siagakan Satlinmas Eks Keresidenan Semarang Amankan Pilkada 2018

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SALATIGA Wali Kota Salatiga Yuliyanto menyiagakan satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) se-eks Keresidenan Semarang untuk membantu polisi dalam mencegah dan menanggulangi gangguan keamanan dalam pilkada serentak, termasuk Pilgub Jateng 2018.

Yuliyanto yang tampil sebagai inspektur upacara Apel Siaga Satlinmas eks Keresidenan Semarang di Lapangan Pancasila Kota Salatiga, Rabu (25/4/2018), menuntut anggota satlinmas siap siaga, namun tetap dengan langkah yang taktis. "Jika ada permasalahan, selesaikanlah dengan kepala dingin. Anggota satlinmas harus mengedepankan konsultasi dan koordinasi dengan unsur terkait sesuai aturan yang berlaku," tutur Yuliyanto.

Menurut Yuliyanto, yang terpenting bagi satlinmas adalah harus kompak dengan tujuan yang satu, yakni menciptakan keamanan dan kondusifitas wilayah demi lancarnya pilkada serentak 2018 di Jateng. Diingatkannya, salah satu parameter suksesnya pesta demokrasi adalah terpilihnya pimpinan daerah yang kredibel dan akseptabel, serta terjaganya kondusivitas daerah.

Demi menjaga kondusivitas daerah selama pilkada serentak 2018—termasuk Pilgub Jateng, Pemprov Jateng menyiagakan 325.000 personel satlinmas. Sebanyak dua petugas satlinmas akan menjaga setiap TPS, sedangkan yang lain bertugas di luar TPS.

Karena itu, simpul Yuliyanto, peran satlinmas sangat dibutuhkan untuk menjaga jalannya pemungutan suara. Untuk itu, Yuliyanto meminta kepada segenap anggota satlinmas, agar senantiasa melakukan koordinasi dan kerja sama dengan pihak terkait, melakukan pendekatan dengan para tokoh agama guna menciptakan suasana teduh, aman, damai, dan tanpa kerusuhan, serta meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing, baik sebelum, pada saat, maupun setelah pemungutan suara.

"Saya minta satlinmas khusus yang berjaga di TPS, agar dapat melaksanakan tugas secara tegas dan bertanggung jawab. Apabila ditemukan orang yang mencurigakan, segera hubungi petugas keamanan seperti polisi atau TNI yang tidak jauh dari lokasi TPS" kata Yuliyanto.

Menurut dia, anggota satlinmas mempunyai hak untuk memperingatkan jika ada orang yang tidak berkepentingan di lingkungan TPS, dan melaporkan, kemudian menyerahkan kepada pihak berwajib.

Plh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah Ninik Mardiastuti mengatakan kegiatan apel siaga satlinmas di Kota Salatiga itu untuk persiapan pengamanan dalam menghadapi pilkada serentak, termasuk Pilgub Jateng 2018.

Jumlah anggota satlinmas di Jateng kini mencapai 225.000 personel. Mereka semua akan dikerahkan untuk pengamanan pilkada serentak di wilayah ini.

Tupoksi satlinmas antara lain bertugas menjadi mata telinga dari pemerintah untuk mengetahui kejadian atau hal-hal yang berkaitan dengan ketertiban umum. Satlinmas ketika mengetahui kejadian dapat langsung melaporkan informasi itu, ke jenjang yang lebih tinggi.

"Kami menggelar apel siaga satlinmas di alun-alun Salatiga ini yang keempat, dan di Jateng setiap wilayah eks keresidenan. Apel siaga di eks Keresidenan Semarang dipusatkan di Salatiga yang diikuti dari anggota dari Kabupaten dan Kota Semarang, Kendal, Demak, Purwodadi, dan Salatiga sebagai tuan rumah," kata Ninik.

Apel siaga satlinmas, kata dia, juga akan digelar di Magelang untuk kali kelima, dan terakhir atau keenam di Purbalingga untuk wilayah eks Keresidenan Banyumas. Satlinmas dibekali pelatihan bintek, fisik, mental dan pengetahuan. Mereka ke depan akan dilatih juga soal teknologi sehingga bisa bermain sosial media dan mampu mengakses ketika ada kejadian untuk melaporkan informasi ke atasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Presiden Tanam Mangrove dan Lepas Tukik di Cilacap

Lepasliar 1.500 tukik penyu lekang dan tukik penyu hijau

Dispar Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Pelaku Usaha Buruan Daftar!

Dinas Pariwisata Kota Solo memfasilitasi pelaku usaha dan kantor instansi untuk pengajuan kode batang atau QR Code PeduliLindungi.

Ngaku Kasatreskrim, Polisi Gadungan Tipu Guru PNS Hingga Rp68 Juta

Tersangka mengaku kepada korban sebagai anggota Polri berpangkat AKP dan menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Madiun Kota.

Hampir Sebulan Banjir Rendam Jalan Trans Kalimantan, Kendaraan Antre Melintas

Banjir merendam jalan nasional sepanjang 2,5 kilometer sejak Senin (30/8/2021)

Resmi! Eks Mensos Juliari Batubara Jadi Penghuni LP Tangerang.

Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.

Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.

Resmi Diperkenalkan di Jateng-DIY, All New Honda BR-V Siap Mejeng di Solo dan Jogja

All New Honda BR-V dengan 5 varian dan pilihan warna ini dibanderol dengan harga on the road (OTR) di Jateng-DIY mulai Rp260 juta.

Gapoktan Jateng Berkomitmen Kuatkan Lumbung Pangan Masyarakat

Menjaga ketersediaan dan akses pangan perlu dilakukan dengan penguatan cadangan pangan melalui kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM).

Wuzz! Puting Beliung Sapu Kerjo Karanganyar, Atap 3 Rumah Warga Beterbangan

Atap tiga rumah warga Desa Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, beterbangan disapu puting beliung yang melanda wilayah itu, Kamis (23/9/2021).