Wali Kota Salatiga Siagakan Satlinmas Eks Keresidenan Semarang Amankan Pilkada 2018

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SALATIGA Wali Kota Salatiga Yuliyanto menyiagakan satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) se-eks Keresidenan Semarang untuk membantu polisi dalam mencegah dan menanggulangi gangguan keamanan dalam pilkada serentak, termasuk Pilgub Jateng 2018.

Yuliyanto yang tampil sebagai inspektur upacara Apel Siaga Satlinmas eks Keresidenan Semarang di Lapangan Pancasila Kota Salatiga, Rabu (25/4/2018), menuntut anggota satlinmas siap siaga, namun tetap dengan langkah yang taktis. "Jika ada permasalahan, selesaikanlah dengan kepala dingin. Anggota satlinmas harus mengedepankan konsultasi dan koordinasi dengan unsur terkait sesuai aturan yang berlaku," tutur Yuliyanto.

Menurut Yuliyanto, yang terpenting bagi satlinmas adalah harus kompak dengan tujuan yang satu, yakni menciptakan keamanan dan kondusifitas wilayah demi lancarnya pilkada serentak 2018 di Jateng. Diingatkannya, salah satu parameter suksesnya pesta demokrasi adalah terpilihnya pimpinan daerah yang kredibel dan akseptabel, serta terjaganya kondusivitas daerah.

Demi menjaga kondusivitas daerah selama pilkada serentak 2018—termasuk Pilgub Jateng, Pemprov Jateng menyiagakan 325.000 personel satlinmas. Sebanyak dua petugas satlinmas akan menjaga setiap TPS, sedangkan yang lain bertugas di luar TPS.

Karena itu, simpul Yuliyanto, peran satlinmas sangat dibutuhkan untuk menjaga jalannya pemungutan suara. Untuk itu, Yuliyanto meminta kepada segenap anggota satlinmas, agar senantiasa melakukan koordinasi dan kerja sama dengan pihak terkait, melakukan pendekatan dengan para tokoh agama guna menciptakan suasana teduh, aman, damai, dan tanpa kerusuhan, serta meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing, baik sebelum, pada saat, maupun setelah pemungutan suara.

"Saya minta satlinmas khusus yang berjaga di TPS, agar dapat melaksanakan tugas secara tegas dan bertanggung jawab. Apabila ditemukan orang yang mencurigakan, segera hubungi petugas keamanan seperti polisi atau TNI yang tidak jauh dari lokasi TPS" kata Yuliyanto.

Menurut dia, anggota satlinmas mempunyai hak untuk memperingatkan jika ada orang yang tidak berkepentingan di lingkungan TPS, dan melaporkan, kemudian menyerahkan kepada pihak berwajib.

Plh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah Ninik Mardiastuti mengatakan kegiatan apel siaga satlinmas di Kota Salatiga itu untuk persiapan pengamanan dalam menghadapi pilkada serentak, termasuk Pilgub Jateng 2018.

Jumlah anggota satlinmas di Jateng kini mencapai 225.000 personel. Mereka semua akan dikerahkan untuk pengamanan pilkada serentak di wilayah ini.

Tupoksi satlinmas antara lain bertugas menjadi mata telinga dari pemerintah untuk mengetahui kejadian atau hal-hal yang berkaitan dengan ketertiban umum. Satlinmas ketika mengetahui kejadian dapat langsung melaporkan informasi itu, ke jenjang yang lebih tinggi.

"Kami menggelar apel siaga satlinmas di alun-alun Salatiga ini yang keempat, dan di Jateng setiap wilayah eks keresidenan. Apel siaga di eks Keresidenan Semarang dipusatkan di Salatiga yang diikuti dari anggota dari Kabupaten dan Kota Semarang, Kendal, Demak, Purwodadi, dan Salatiga sebagai tuan rumah," kata Ninik.

Apel siaga satlinmas, kata dia, juga akan digelar di Magelang untuk kali kelima, dan terakhir atau keenam di Purbalingga untuk wilayah eks Keresidenan Banyumas. Satlinmas dibekali pelatihan bintek, fisik, mental dan pengetahuan. Mereka ke depan akan dilatih juga soal teknologi sehingga bisa bermain sosial media dan mampu mengakses ketika ada kejadian untuk melaporkan informasi ke atasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Ronaldo Lagi-Lagi Jadi Pahlawan MU

Manchester United memang patut berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo. Pasalnya, pemain berpaspor Portugal itu kembali menjadi pahlawan kemenangan Setan Merah.

Rumah Warga di Ngrampal Sragen Terbakar, Ini Foto-Fotonya

Kerugian material akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp10 juta

Jangan Lupa Sob! Doa Saat Hujan Turun Agar Mendapat Keberkahan

Saat hujan turun juga dianjurkan membaca doa untuk mendapatkan keberkahan dan terhindar dari mara bahaya.

Jelang Pra-IPO, GoTo Dapat Guyuran Dana Rp5,64 Triliun dari Abu Dhabi

GoTo Group, menandatangani perjanjian dengan anak usaha Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) dengan investasi senilai Rp5,64 triliun atau US$400 juta.

Solopos Hari Ini: Klaster Sekolah Meluas, Korban Pinjol Tak Harus Bayar

Temuan klaster penularan Covid-19 di sekolah tempat penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Solo meluas hingga ke jenjang SMP.

Universitas Ruang Paling Moderat untuk Mencegah Radikalisme Ekstrem

Universitas adalah salah satu institusi paling penting untuk menjadi penengah tanpa kepentingan ideologis. Kurikulum dan tim pengajar menjadi kunci mewujudkan moderasi di universitas.

Ada Banjir, Pengantin Ini Tumpangi Panci Jumbo ke Tempat Resepsi

Sepasang pengantin melakukan aksi unik dengan menumpangi panci jumbo saat hendak ke lokasi pernikahan.

Akhirnya Aurel Hermansyah Ketemu Raul Lemos, Netizen Ikut Bahagia

Aurel Hermansyah akhirnya bertemu dengan papa tirinya, Raul Lemos ditemani oleh Atta Halilintar. Netizen ikut berbahagia.

10 Berita Terpopuler: Atap Serambi Masjid Runtuh dan Kabar Persis Solo

Kabar atap serambi Masjid Besar Al Furqon Nguter di Jalan Sukoharjo-Wonogiri tiba-tiba ambruk, Rabu (20/10/2021) dan Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (21/10/2021).

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Begini Kondisi 16 Ekor Sapi dalam Kebakaran di Kladungan Sragen

Ke-16 ekor sapi itu berhasil dievakuasi warga dari empat kandang sapi yang yang hangus terbakar.

Diterjang Angin Kencang, Empat Rumah Warga Sukodono Sragen Rusak

Hujan disertai tiupan angin kencang mengakibatkan empat rumah di Dukuh Pare, Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, mengalami rusak pada bagian atap.

Deddy Corbuzier Disomasi Pekerja Sosial, Nikita Mirzani Angkat Bicara

Nikita Mirzani juga angkat bicara mengenai Deddy Corbuzier yang disomasi oleh Propeksos. Bagaimana tanggapannya?

Antam Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 21 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (21/10/2021)  hari ini tidak berubah untuk cetakan UBS, namun naik untuk cetakan Antam.

Menari Bermasker di Pendapa Bupati Wonogiri Jadi Tantangan Tersendiri

Menari memakai masker adalah tantangan tersendiri karena membuat ngos-ngosan atau sulit bernapas.

4 Bahan Kimia Ini Harus Dicoret dari Produk Kecantikan

Ada sejumlah bahan kimia di produk kecantikan yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.