Wali Kota Madiun Minta Guru PAUD Harus Lebih Kreatif dan Inovatif

Di masa pandemi Covid-19, Maidi meminta tenaga pendidik PAUD wajib kreatif dan inovatif.

 Wali Kota Madiun, Maidi, memberikan materi di Workshop Tim Pengembang Kurikulum PAUD Pusdik Perhutani Kota Madiun, Selasa (14/9/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Madiun, Maidi, memberikan materi di Workshop Tim Pengembang Kurikulum PAUD Pusdik Perhutani Kota Madiun, Selasa (14/9/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Wali Kota Madiun, Maidi, menilai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi salah satu jenjang terpenting dalam pendidikan. Untuk itu, pendidikan anak pada saat usia dini harus benar-benar dimaksimalkan.

“Usia anak-anak itu usia keemasan. Mereka cepat belajar, cepat hafal, dan cepat menirukan. Kalau salah dalam memberikan pembelajaran, itu akan membekas sampai dewasa,” kata Maidi saat Workshop Tim Pengembang Kurikulum PAUD Pusdik Perhutani Kota Madiun, Selasa (14/9/2021).

Untuk itu, perlu suatu metode pembelajaran yang tepat bagi pendidikan anak usia dini. Terlebih di masa pandemi Covid-19. Dia juga meminta supaya tenaga pendidik PAUD wajib kreatif dan inovatif.

Baca Juga: Dengarkan Keluhan Pekerja Seni saat Pandemi, Begini Solusi Wali Kota Madiun

Wali Kota Madiun menyebut untuk menciptakan itu memang tidak mudah. Namun, harus diupayakan demi mewujudkan generasi ke depan yang semakin berkualitas.

“Anak-anak ini seperti kertas putih. Tinggal bagaimana kita mengisinya. Kalau diisi dengan kekerasan akan menghasilkan karakter yang pendendam. Sebaliknya, kalau kita berikan dorongan akan menambah kepercayaan diri pada anak. Kita ajarkan toleransi secara tidak langsung menanamkan karakter penyabar,” terang dia.

Di masa pandemi, kata Maidi, peran orang tua sangat penting dalam pendidikan usia dini. Apalagi, anak-anak lebih banyak di rumah di masa pandemi. Orang tua harus menjadi guru di rumah. Pendampingan saat pembelajaran jarak jauh juga sangat penting.

Baca Juga: Young Boys 2-1 Manchester United: Gol Cristiano Ronaldo Jadi Sia-Sia

 

Penghargaan Nasional

“Orang tua harus berperan. Fasilitas sudah kita penuhi. Kita ada laptop gratis, wifi gratis, dan lain sebagainya. Ini salah satu untuk mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas di Kota Madiun,” terangnya.

Pada Selasa ini, seorang siswi dari SD di Kota Madiun, Pelangi Tanjung Kusuma, mendapatkan penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI. Hal ini karena Pelangi menjadi juara pertama dalam Lomba Bertutur Nasional pada 2021 mewakili Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan ini diberikan kepada masyarakat yang dinilai berhasil melakukan gerakan pembudayaan gemar membaca. Penghargaan tertinggi dari Perpusnas itu diberikan setelah melihat kiprah dan sepak terjang warga dengan berbagai penilaian.

Baca Juga: Persis Solo Ajukan Izin Stadion Sriwedari untuk Latihan

Wali Kota Madiun menyampaikan Pemkot Madiun memang berkomitmen untuk mendukung penuh bakat minat siswa. Untuk itu, salah satu cara untuk mewujudkan yaitu dengan menyiapkan sarana dan prasarana penunjang. Salah satunya dengan melengkapi fasilitas yang ada di perpusatakaan.

“Perpusatakaan di Kota Madiun sudah akreditasi nasional. Harapannya seluruh fasilitas dan sarana prasarana yang ada di sini bisa mendukung prestasi para siswa,” jelas Maidi. (ADV)

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Timbulkan Kerumunan, Polisi Bubarkan Acara Musik di Ponorogo

Petugas kepolisian membubarkan kegiatan musik elekton campursari di rumah warga di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Senin PTM, Seribuan Siswa SD di Kota Madiun Ikuti Vaksinasi

Siswa SD kelas VI yang usianya sudah 12 tahun dan belum mendapat suntikan vaksin harus mengikuti vaksinasi Covid-19.

2 Pelaku Pencurian 25 Komputer Sekolah di Madiun Ditangkap, 3 Masih Buron

Setelah empat bulan melakukan pengejaran, Polres Madiun berhasil menangkap dua tersangka pelaku pencurian komputer di dua sekolah. Tiga tersangka lain masih buron.

Sidang Kasus Satai Beracun, Nani Apriliani Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

Sidang perdana kasus satai beracun yang menewaskan seorang bocah digelar di PN Bantul. Terdakwa Nani Apriliani Nurjaman dijerat pasal berlapis.

Covid-19 Jatim Terus Membaik, Tingga Satu Zona Oranye, Lainnya Kuning

Kota Blitar menjadi satu-satunya daerah di Jatim yang masuk zona oranye, lainnya kuning.

Ibu Hamil Ditemukan Meninggal di Indekos, Polisi Madiun Kantongi Petunjuk Baru

Penyelidik menemukan petunjuk baru setelah ponsel milik perempuan muda yang meninggal di indekos di Madiun itu diperbaiki.

Ada Laporan Warga, BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi di Demangan Madiun

Tim peneliti dari BPCB Jawa Timur melakukan ekskavasi di wilayah Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Hujan dan Angin Kencang Robohkan Satu Rumah di Madiun

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan satu rumah di Desa Kedungrejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, roboh.

Waduh, Wawali Madiun Inda Raya Positif Covid-19

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri, terkonfirmasi positif Covid-19. Ia meminta warga yang berkontak dengannya untuk melakukan rapid test antigen.

Wali Kota Madiun Minta Guru PAUD Harus Lebih Kreatif dan Inovatif

Di masa pandemi Covid-19, Maidi meminta tenaga pendidik PAUD wajib kreatif dan inovatif.

Dengarkan Keluhan Pekerja Seni saat Pandemi, Begini Solusi Wali Kota Madiun

Pemkot Madiun memfasilitasi ruang bagi para pekerja seni dan budaya untuk bisa terus berkarya.

Pengumuman! Wawali Kota Madiun Terkonfirmasi Positif Covid-19

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri, terkonfirmasi positif Covid-19 berdasar hasil swab, Selasa (14/9/2021).

PKKMB Unipma Selesai, Ini Pesan Rektor Kepada Mahasiswa Baru

Harapannya, para mahasiswa baru Unipma bisa memanfaatkan kesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi dengan semangat disiplin.

Pengumuman! Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Pemkab Madiun Dipusatkan di Pendapa Ronggo Doemeno

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dan PPPK Pemkab Madiun digelar di Pendapa Ronggo Doemeno. Peserta wajib sudah divaksi dan menyertakan hasil rapid test.

Pemkab Madiun Tambah Anggaran COvid-19 Rp6 Miliar, Untuk Apa Lagi?

Pemkab Madiun menambah anggaran penanganan Covid-19 Rp6 miliar karena anggaran yang ada saat ini akan habis.