SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan sudah banyak wajib pajak yang membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 2023 pada Januari lalu. Mereka membayar kendati tarif PBB meningkat secara signifikan.

Pernyataan tersebut disampaikan Gibran saat diwawancara wartawan usai melakukan pertemuan tertutup sekira dua jam dengan empat legislator dari Fraksi PDIP DPRD Kota Solo di ruang kerjanya, Senin (6/2/2023) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Januari wes akeh sing bayar,” ujar dia saat meladeni wawancara awak media. Tapi, saat ditanya berapa jumlah wajib pajak yang sudah membayar PBB tahun ini, Gibran tidak menyebutkan. Dia hanya menilai sudah banyak.

Gibran menjelaskan alasannya menaikkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang membuat PBB tahun ini melejit beberapa kali lipat. Menurut dia kebijakan itu didasari pesatnya pembangunan Solo dalam dua tahun terakhir ini.

“Pembangunane neng Solo kan cepat ta? Ya otomatis nilai tanahnya ikut naik ta. Wes itu tok. Rumuse itu kok, simpel,” kata dia. Kebijakan itu, menurut Gibran, juga untuk menutup target pendapatan asli daerah (PAD) 2023.

Sebab target PAD tahun ini kembali dinaikkan signifikan saat rapat pembahasan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Angaran (Banggar) DPRD Solo. Tapi Gibran mengaku tak keberatan dengan target PAD itu.

“Enggak, enggak keberatan. Lah ngapa keberatan. Memang [target PAD 2023 besar],” ungkap dia. Gibran justru kembali menyebut sudah banyak wajib pajak yang membayar PBB Solo sepanjang Januari 2023 sesuai tarif yang baru.

“Januari ini sudah banyak yang membayar sebenarnya. Akeh,” kata dia. Terpisah, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Solo, Tulus Widajat, mengaku tidak hafal berapa wajib pajak yang sudah membayar PBB tahun ini.

Dia meminta waktu untuk terlebih membuka dulu data jumlah wajib pajak yang sudah membayar PBB sepanjang Januari 2023. “Kalau banyaknya nanti saya lihat data ya. Tapi kalau untuk nilainya sih di kisaran Rp2,4 miliar,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya