Walah! Timnas Putri Indonesia Dibantai Australia 0-18

Timnas putri Indonesia mengalami hasil mengecewakan setelah dibantai Australia 0-18 pada ajang Piala Asia Putri 2022.

Newswire - Solopos.com
Jumat, 21 Januari 2022 - 20:29 WIB

SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah, saat menjalani latihan sebelum tampil pada ajang Piala Asia Wanita 2022.(Solopos.com-Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, MUMBAI — Timnas sepak bola putri Indonesia mengalami hasil yang mengecewakan dalam laga Grup B Piala Asia Putri 2022 di Stadion Mumbai Football Arena, Mumbai, India, Jumat (21/1/2022). Timnas putri Indonesia menelan kekalahan telak 0-18 dari lawannya, Australia.

Ke-18 gol timnas putri Australia itu lima di antaranya dilesakkan Samantha “Sam” Kerr yang menyandang predikat sebagai pemain terbaik kedua duunia FIFA 2021. Sedangkan 13 gol lainnya diciptakan Caitlin Foord, Mary Folwer, Hayley Raso (dua gol), Ellie Carpenter (dua gol), Emily van Egmond (dua gol), Tameka Yallop, Kyah Simon (dua gol), Holly MacNamara dan Aivi Luik.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih tim nasional Indonesia, Rudy Eka Priyambada, membangkucadangkan Shalika Aurelia, bek tengah klub Roma Calcio Femminile dari Liga Serie B Putri Italia.

Baca juga: Laga Perdana Piala Asia 2022: Timnas Putri Indonesia Tantang Australia

Indonesia memasang Zahra Muzdalifah di lini depan, sedangkan kapten Ade Mustikiana di lini belakang.

Sebaliknya pelatih Australia Tony Gustavsson memainkan skuad utamanya yang terdiri dari pemain-pemain klub elite Eropa seperti Samantha Kerr dari Chelsea, Caitlin Foord dari Arsenal serta duo pemain Manchester City, penyerang Hayley Raso dan bek Alanna Kennedy.

Dengan komposisi demikian, Indonesia tertekan sejak awal laga. Bahkan, Australia sudah berhasil membuka keran golnya pada menit kesembilan melalui kesembilan melalui Sam Kerr. Selang dua menit, Sam Kerr kembali menjebol gawang Indonesia.

Australia semakin tak terbendung dengan menambah tujuh gol yang disarangkan Caitlin Foord, Mary Fowler, Hayley Raso, dua gol Sam Kerr (salah satunya penalti), Ellie Carpenter dan tendangan 12 pas Emily van Egmond.

Baca juga: Foto-Foto Latihan Timnas Putri Indonesia Persiapan Piala Asia Wanita

Skor 9-0 untuk Australia bertahan sampai jeda, atau babak pertama selesai. Pada babak kedua, Australia tak mengendurkan serangan dan sebaliknya meningkatkan intensitas tekanan sampai kemudian mencetak sembilan gol tambahan meski satu peluang via penalti gagal dieksekusi Sam Kerr.

Gol-gol pada babak ini dilesakkan oleh Ellie Carpenter, Sam Kerr, Emily van Egmond, Tameka Yallop, Kyah Simon (dua gol), Holly MacNamara, Aivi Luik dan ditutup dengan gol kedua dari Hayley Raso.

Pertandingan pun ditutup dengan kedudukan 18-0 untuk Australia dan membuat Indonesia menempati posisi terbawah Grup B, sedangkan Australia memimpin grup ini. Pada laga Grup B berikutnya, Indonesia akan menghadapi Thailand pada 24 Januari 2022 di Mumbai.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif