SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kabar mengenai bocornya identitas data pengguna Facebook yang sempat marak beberapa waktu lalu saat ini benar-benar terbukti. Sebagaimana dilansir dari detik.com, Senin (29/10), seorang blogger mengaku membeli lebih dari satu juta data pengguna Facebook aktif dengan harga yang sangat murah yakni Rp48.000 saja. Murah sekali bukan?

Bogomil Shopov, seorang blogger dan aktivis digital-right dari Bulgarialah yang dikabarkan mendapatkan data-data privat tersebut. Yang memprihatinkan untuk mendapatkan data penting tersebut, Shopov hanya perlu mengeluarkan uang senilai USD 5 atau sekitar Rp48.000. Kegembiraan Shopov tersebut ia tuangkan dalam sebuah tulisan di blognya sehingga membuat geger dunia maya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam blognya, Shopov menulis data yang ia dapatkan antara lain berisi tentang nama, user ID serta alamat email. Shopov mengaku membeli dari seorang user bernama ‘Mertem’ di Gigbucks. Melalui Mertem,  diketahui bahwa informasi mengenai data pengguna Facebook dikumpulkan melalui aplikasi Facebook dan hanya terdiri dari pengguna facebook aktif yang ada di sebagian besar Amerika Serikat, Kanada, Inggris serta Eropa.

Ekspedisi Mudik 2024

Atas kejadian itu, pihak Facebook segera melakukan tindakan. “Kami memiliki teknisi dan tim keamanan untuk meninjau aksi tersebut dan mengambil tindakan secara agresif,” tulis Facebook dalam pernyataannya. Situs jejaring raksasa itu pun meminta sang blogger untuk mengirimkan file tersebut dan menghapusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya