SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Waktunya Beralih ke Agen Tiket

Transportasi udara sudah menjadi primadona di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Sarana penerbangan yang satu ini dianggap paling menguntungkan karena dapat sangat menghemat waktu dan tenaga dibandingkan ketika melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat ataupun laut.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Jika dahulu pesawat hanyalah transportasi eksklusif yang peruntukkannya lebih kepada orang-orang berkantong tebal, kini stigma tersebut telah memudar. Banyaknya maskapai penerbangan yang bermunculan membuat tarif tiket pesawat sangat kompetitif.

Para maskapai berusaha saling memberikan harga yang mudah dijangkau menambah penumpangnya. Di samping, para maskapai juga terus berbenah dalam pelayanan dan fasilitas yang tersedia dalam armada penerbangan mereka. Mereka pun mulai membuka gerai tiket di mana-mana, tidak terkecuali di bandara-bandara. Ini untuk memudahkan mereka yang melakukan perjalanan dadakan.

Namun sejak 1 Maret 2015, gerai tiket di bandara-bandara Indonesia sudah tidak diperbolehkan menjual tiket langsung kepada penumpang. Peraturan menteri perhubungan ini guna menghindarkan pemakai jasa transportasi udara dari para calo yang kerap bertebaran guna mencari calon penumpang pesawat yang membutuhkan tiket dengan segera.

Penjualan tiket pesawat sekarang lebih diarahkan kepada agen-agen tiket pesawat, baik yang manual ataupun online. Dari kedua pilihan tersebut, agen tiket pesawat secara online memang lebih banyak dicari. Hal tersebut secara tidak langsung menunjukkan kesuksesan agen tiket maskapai AirAsia yang pertama kali menerapkan sistem online dalam pemesanan tiket maskapai tersebut.

Sejak sebelum peraturan menteri perhubungan tersebut diterapkan, banyak kalangan telah mengandalkan  sistem online untuk mencari tiket maskapai AirAsia ataupun maskapai penerbangan lainnya. Mereka menganggap membeli tiket penerbangan di agen lebih menguntungkan dibandingkan membeli langsung di gerai yang ada di bandara.

Namun, beberapa pihak konvensional masih menganggap gerai adalah yang terbaik sehingga tidak memedulikan fasilitas agen tiket online, mungkin juga Anda salah satunya. Anda barangkali merasa membeli di agen tiket kurang aman dibandingkan di gerai resmi. Padahal, itu sama sekali tidak benar karena keduanya sama amannya. Berikut adalah beberapa keuntungan membeli tiket pesawat di agen online.

1.    Mudah dan Cepat

Bagi yang mendewakan kemudahan dan kecepatan dalam transaksi, membeli tiket di agen online merupakan keputusan terbaik. Hanya dengan mengandalkan akses internet di mana pun Anda berada, tiket pesawat yang Anda inginkan bisa langsung berada dalam genggaman.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari tiket AirAsia untuk penerbangan murah ke Kuala Lumpur ataupun Singapura, Anda langsung bisa membuka situs resmi maskapai tersebut ataupun memesan tiketnya di agen tiket AirAsia  yang ada di situs-situs perjalanan online seperti Traveloka.

Masalah pengiriman tiket juga tidak sulit karena akan langsung dikirimkan ke surat elektronik Anda begitu Anda menyelesaikan pembayaran. Waktu pengirimannya yang cepat ini tentu membuat Anda dapat cepat beristirahat karena tidak perlu memikirkan masalah tiket untuk keberangkatan dan kepulangan Anda menuju daerah yang dituju.

2.    Selalu Dekat

Karena tidak perlu gerai untuk menggelar lapak penjualan tiketnya dan hanya mengandalkan jaringan internet, keberadaan agen  tiket online akan selalu dekat pada tiap calon penumpangnya. Apabila membutuhkan tiket dalam waktu segera karena ada keperluan mendadak, Anda tidak perlu jauh-jauh memesan tiket. Melalui smartphone pun, Anda dapat menjumpai agen tiket pesawat untuk langsung membeli tiketnya.

Dengan cara ini, tidak ada lagi keluhan mencari agen tiket guna mendapatkan tempat duduk di pesawat yang menuju daerah yang dimaksud. Anda tidak akan mengalami harus bepergian jauh terlebih dahulu agar dapat membeli tiket guna penerbangan esok pagi.

3.    Banyak Pilihan

Ada kalanya dulu saat membeli tiket di gerai resmi suatu maskapai penerbangan, Anda tidak menemukan waktu penerbangan yang cocok. Jika sudah demikian, Anda hanya bisa mencari penerbangan dengan rute yang sama, namun dengan waktu yang dikompromikan sehingga kerap meleset dari tujuan awal Anda.

Dengan membeli tiket pesawat di agen-agen online, Anda akan menemukan banyak pilihan maskapai penerbangan. Waktu pemberangkatannya pun beragam sehingga Anda lebih leluasa menemukan jadwal yang paling sesuai dengan rencana Anda.

4.    Lebih Murah

Berbagai agen perjalanan online biasa bekerja sama dengan maskapai penerbangan untuk memudahkan para pengunjung situsnya mencari tiket pesawat yang diinginkan. Kerja sama ini juga membuat harga tiket yang ada di agen-agen tiket cenderung lebih murah dibandingkan dengan gerai resmi.

Tidak jarang pula Anda akan menemui berbagai promo tiket pesawat menarik yang membuat mata terbelalak. Salah satu yang sering memberikan promo adalah agen tiket AirAsia. Setiap tahun, ada saja promo tiket pesawat murah yang dikeluarkan oleh maskapai bersegmen low cost carrier ini. Tentunya ini membuat Anda senang, bukan?

Melihat berbagai keuntungan di atas, seharusnya Anda tidak perlu ragu lagi membeli tiket pesawat melalui agen online. Sudah saatnya Anda mandiri dalam memesan tiket pesawat dan jangan mau dipermainkan oleh para calo yang banyak berkeliaran menawarkan tiket dengan harga selangit. Selamat beralih membeli tiket melalui agen!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya