Tutup Iklan

Waktunya Belajat Investasi di Pasar Modal Syariah!

Investasi di pasar modal syariah menjanjikan, namun Otoritas Jasa Keuangan menyadari benar bahwa masyarakat butuh pemahaman lebih lanjut.

Waktunya Belajat Investasi di Pasar Modal Syariah!

SOLOPOS.COM -

Solopos.com, SOLO — Investasi di pasar modal syariah cukup menjanjikan. Namun demikian, Otoritas Jasa Keuangan menyadari benar bahwa masyarakat butuh pemahaman lebih lanjut mengenai salah satu produk investasi tersebut.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 membuat masyarakat semakin sadar akan investasi untuk masa depan. Maka dari itu, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Solo menggelar webinar bertema Investasi Berkah di Pasar Modal Syariah pada Kamis (29/4/2021).

Kepala OJK Solo, Eko Yunianto, mengatakan webinar ini masuk dalam acara Gebyar Safari Ramadan yang merupakan rangkaian program literasi dan inklusi keuangan syariah bekerja sama dengan stakeholder dan pelaku keuangan syariah yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Kata Astrologi Terlahir Cerdas & Kreatif, Kamu Termasuk?

Pada kesempatan itu OJK Solo menyelenggarakan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah webinar bertajuk “Investasi Berkah di Pasar Modal Syariah” yang dikemas secara menarik.

“Ekonomi dunia masih dalam tekanan karena pandemi Covid-19 dan juga berdampak pada industri pasar modal terutama pasar modal syariah. Namun demikian, industri pasar modal sudah menunjukkan perkembangan yang positif dari waktu ke waktu. Hal tersebut menunjukkan industri mulai kuat atau bahkan menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ujar dia.

Menurutnya, perkembangan pasar modal Indonesia pada kuartal I 2021 tercatat tumbuh baik meski pandemi Covid-19. Namun demikian, masyarakat belum sepenuhnya memahami produk apa saja di industri pasar modal syariah sehingga produk tersebut belum dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Baca Juga: Kata Astrologi Pasangan Zodiak Ini Cocok Jadi Pasangan Hidup

Ini merupakan salah satu misi OJK adanya pemahaman terkait industri jasa keuangan khususnya pasar modal syariah yang lebih merata. Data statistik pasar modal pada Maret 2021 kapitalisasi pasar mencapai Rp 7.070 triliun dan obligasi dengan nilai outstanding Rp4.005 triliun.

“OJK mempunyai komitmen mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah. Kami berharap webinar ini dapat mengedukasi masyarakat sehingga memiliki pemahaman terhadap industri keuangan pasar modal syariah dan menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat dalam berinvestasi,” imbuh dia.

Deputi Direktur Pasar Modal Syariah OJK, Arief Machfoed, menjelaskan pandemi Covid-19 selain memiliki sisi negatif juga memunculkan sisi positif, khususnya untuk para milenial. Mereka cenderung melakukan kegiatan di luar bisnis utamanya. Salah satunya adalah berinvestasi.

Baca Juga: Turn Back Hoax: Vaksin Covid-19 Dibuat Sebelum Pandemi?

“Sekarang kegiatan serba online memudahkan orang untuk berinvestasi selama ada internet. Salah satu peluang berinvestasi adalah di pasar modal syariah,” ujar dia.

Arief membeberkan investasi syariah kuncinya adalah harus ada asetnya baik berupa barang atau jasa. Hal ini mengingat maraknya investasi bukan hanya di pasar modal. Apalagi ini banyak menyasar anak muda yang kerap kali sekadar berpikir soal untung.

Menurutnya, ini cukup berbahaya jika ditilik dari segi syariah. Jika investor tidak melihat lebih jauh soal investasi tersebut dikhawatirkan usahanya tidak berkah. Lebih lanjut ia menjelaskan total aset keuangan syariah (tidak termasuk saham syariah) mencapai Rp1.823,13 triliun. Sedangkan market share pasar modal syariah menyumbang 59% dari seluruh aset keuangan syariah.

Baca Juga: Begini Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi...

Menurutnya, ada tiga sektor yang diawasi OJK dalam keuangan syariah, yakni perbankan syariah yang memiliki total aset Rp600,99 triliun, pasar modal syariah, dan industri keuangan nonbank syariah dengan aset mencapai Rp115,83 triliun. Dalam hal ini, pasar modal syariah yang besar adalah saham syariah (market share 47,63%) dan sukuk negara (18,62%).

“Pertumbuhan pasar modal syariah acuannya dari 2011. Belum lama ini BEI menggelar acara kebangkitan pasar modal syariah selama satu dekade, acuannya pada saat peluncuran indeks saham syariah Indonesia [ISSI]. Selama satu dekade ini kenaikannya sangat signifikan. Terbukti dari kapitalisasi pasar saham syariah naik 70% dari Rp1.968 triliun menjadi Rp3.345 triliun. Sedangkan outstanding sukuk korporasi naik 416%, dari Rp6 triliun melejit menjadi Rp30 triliun, sementara reksadana syariah dari Rp6 triliun menjadi Rp74 triliun [1.238%],” papar dia.

Pertumbuhan pasar modal syariah ini sejalan dengan kenaikan jumlah investor. OJK mencatat dari segi investor pengguna sistem online trading syariah (SOTS) naik 295%, investor reksadana meningkat 807%, dan investor sukuk korporasi naik 35% (2017 - Februari 2021).

Baca Juga: Kata Fengsui Ada 5 Kesalahan Umum Penataan Rumah

Arief mengungkapkan banyak tuduhan terkait pasar modal syariah yang masuk praktik perjudian. Padahal label syariah ini tidak main-main. Dalam hal ini, sudah ada fatwa dari Dewan Syariah Nasional terkait aktivitas pasar modal syariah, ini baik fatwa BEI, sentral efek Indonesia, dan kliring. Tahun ini disusul fatwa mengenai saham dan sukuk.

Bukan Judi

Dalam berjudi, pihak yang kalah jika ingin balik modal, maka ia mesti tambah modal lagi. Sedangkan pasar modal, jika investor rugi sahamnya jangan dijual dulu, tetapi menunggu hingga harganya normal. Selain itu, pada pasar modal syariah produknya harus sesuai dengan prinsip syariah baik karakteristiknya dan tidak berbunga. Selain itu, pengaturan cara transaksinya tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah, meliputi short selling dan margin trading.

“Kenapa harus saham syariah, antara lain memenuhi kriteria syariah. Artinya, kegiatan perusahaan dan rasio keuangan perusahaan yang menerbitkan saham harus sesuai syariah. Misalnya, rasio utang ribawi terhadap aset kurang dari 45% dan rasio pendapatan nonhalal kurang dari 10% dari total pendapatan,” imbuh dia.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Tidak Suka Berbagi, Benarkah?

Sementara itu, Founder Syariahsaham.com, Asep Muhammad Saepul Islam, menjelaskan sebenarnya investasi tidak bisa disamaratakan. Artinya, investasi yang cocok untuk orang lain tepat buat diri sendiri. Dalam hal ini, belum tentu saham tersebut cocok buat semua.

“Kenal risiko adalah kanal rezeki. Kenapa kita harus berinvestasi saham syariah. Pertama adalah amanah. Produk investasi di pasar modal syariah tidak hanya memiliki legalitas yang jelas, tetapi juga dikelola sesuai amanah. Kedua adalah berkah. Lalu cuan dan dividen. Sebagian saham syariah ada yang rutin membagikan dividen dengan imbang hasil di atas deposito. Selain itu, efisien dan filantropi. BEI bersama dengan anggotanya bekerja sama dengan berbagai lembaga amal menyalurkan dana filantropi dari investor saham syariah. Berikutnya adalah growth,” tutur dia.

Baca Juga: Ini 5 Zodiak Jago Berimajinasi, Kamu Termasuk?

Asep mengingatkan investasi saham syariah juga memiliki risiko. Antara lain, capital loss, tidak ada pembagian dividen, keluar dari daftar efek syariah (DES), suspensi perdagangan, delisting saham, dan likuidasi.

Meskipun begitu, para investor pemula bisa memulai berinvestasi dari modal yang terjangkau. Selain itu, habiskan modal awal itu untuk belajar cara bertransaksi (setor, tarik, membeli, menjual). Pelajari pula analisis fundamental teknikal dan money management serta upgrade skill berinvestasi dan berdagang saham dengan perkembangan terbaru.

“Strategi yang diterapkan ada tiga, yakni analisis fundamental [FA], analisis teknikal [TA], dan manajemen keuangan [MMA]. Target investasinya, jika soal FA beli ketika harga saham masih di bawah nilai wajar dan jual ketika sudah mulai price in. Sedangkan poin TA, beli ketika harga mulai memantul dari harga support, jual ketika mulai mendekati resisten atau gagal break ke atas. Belilah saham syariah ketika dia mulai up trend,” jelas dia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Berita Terkini

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo, Ini Keunggulannya

PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Solo pada Selasa (22/6/2021).

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

Merangkak Naik, Berikut Harga Emas Pegadaian 22 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat Pegadaian pada hari ini, Selasa (22/6/2021) untuk Antam mengalami kenaikan harga.

Unik, Uniqlo Solo Bikin Workshop Kerajinan Tangan Daur Ulang Tali Goni

Uniqlo Solo Paragon Mall menggandeng ibu tunggal dalam kegiatan workshop kerajinan tangan dari daur ulang tali goni dan upcycled jeans.

Jangan Sampai Bikin Stres, Ini 5 Cara Melunasi Utang Lebih Cepat

Banyak orang yang memilih utang untuk menutupi kebutuhan atau keinginannya tanpa berpikir jauh bagaimana cara membayar utang tersebut.

Kayu Arum Coffe Shop Nava Hotel Tawangmangu, Tawarkan Nikmatnya Ngopi Sambil Selfie

Kayu Arum Coffee Shop Nava Hotel Tawangmangu, Karanganyar secara resmi dibuka pada Juni 2021 dengan beragam menu.

Biar Enggak Rugi, Kapan Waktu yang Tepat Beli Properti?

Bisnis properti terus berkembang, Waktu yang tepat membeli properti, disebut ada dua, yakni 10 tahun lalu dan ketika krisis datang.

Penyaluran Kredit Perumahan Tumbuh Positif, Bisnis Properti Diprediksi Kian Cerah

Penyaluran kredit perumahan pada triwulan I tahun 2021 tumbuh positif jika dibandingkan dengan triwulan I tahun 2020.

Awal Pekan, Simak Harga Emas Pegadaian Hari Ini Senin 21 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Senin (21/6/2021) untuk cetakan UBS dan Antam tidak berubah dibandingkan dengan harga sebelumnya.

Tri Merger dengan Indosat, Apa Akibatnya?

Operator seluler PT Hutchison 3 Indonesia bakal merger dengan PT Indosat Tbk., namun Tri menjamin layanan paket AlwaysOn.

KA Nusa Tembini Susuri Rute Jogja - Cilacap, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

PT Kereta Api Indonesia akan meluncurkan kereta api baru KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta pergi pulang (PP) pada 2 Juli 2021 mendatang.

Turun Lagi Sis, Harga Emas di Pegadaian Hari Ini Minggu 20 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Minggu (20/6/2021) hari ini kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Kios Sempat Terbakar, Pedagang Jebres Solo Ini Bangkit dengan Mitra Bukalapak

Semi sempat terpuruk setelah kiosnya terbakar, namun menjadi Mitra Bukalapak membuatnya bangkit kembali dan sukses seperti saat ini.

Kolaboraksi Marimas dan HOKG, Kolaborasi Saling Mengisi

Marimas tidak ada target tertentu untuk menjalin kolaborasi. Sehingga masih terbuka untuk berkolaborasi dengan komunitas lainnya.

Berwisata Sepeda di Kampung Batik Laweyan Solo, Begini Caranya

Solia Zigna menghadirkan paket wisata teranyar bagi para tamu yang menginap dalam program Kampung Batik’s Greatest Experience

Lewat Asset Sales Festival, BTN Tawarkan Aset Potensial

Adapun aset yang ditawarkan BTN dalam festival itu berupa rumah tapak, ruko, apartemen, proyek perumahan, dan hotel.

Tak Sekadar Viral, ShopeePay Talk Bagikan Rahasia Ubah Tren Jadi Bisnis Kompeten

ShopeePay bersama Bittersweet By Najla, PVRA dan Komunitas Tangan Di Atas bagikan tips pertahankan bisnis di tengah berbagai tren kekinian.

KPPOD Dukung Revisi UU Perimbangan Keuangan dan Pajak Daerah

Pemerintah daerah masih kesulitan dalam mengoptimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). Terutama yang berasal dari pajak dan retribusi daerah.

Kisah Sukses Sepatu PVRA dan Dessert Box Bittersweet, Tak Sekadar Ikut Tren

Tak sekedar ikut tren, bisnis perlu adaptasi, konsistensi, dan kerja keras menjaga loyalitas customer agar bisnis terus bertahan.

Penting, Ini Tips Mendapatkan Review Bagus dari Pembeli di Tokopedia

Review pembeli sangat menentukan performa dan penjualan toko online di e-commerce, termasuk di Tokopedia.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Pentingnya Membangun Impresi yang Baik Untuk Meraih Sukses

Cara membangun impresi yang baik dipaparkan dalam webinar bertajuk Making a Good Impression to be Impactful in New Normal Era.

Kunci Pengembangan Pariwisata Lokal Jateng DIY: Sinergi & Kolaborasi

Kunci dalam pengembangan pariwisata lokal di Jateng dan DIY menurut Dirut BOB Indah Juanita adalalah sinergi dan kolaborasi.

Naik 22%, Jumlah Penumpang Lewat Bandara Adi Soemarmo Capai 43.254 Orang

Load factor atau jumlah penumpang pesawat terbang komersial melalui Bandara Adi Soemarmo pada April 2021 sebanyak 43.254 orang.

Kisah Indah Juanita, Hobi Wisata Antar Dia Jadi Dirut Badan Otorita Borobudur

Kisah inspiratif ditorehkan Dirut Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita yang memulai karier di bidang wisata karena hobi.

Ajaib, Belum Genap 6 Bulan Saham DCII Meroket 14.000 Persen

Mantan Direktur Utama PT BEI Hasan Zein turut mengomentari pergerakan harga saham PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) yang melambung tinggi.

Rivan A Purwantono Kembali Mendapat Mandat Memimpin PT Jasa Raharja (Persero)

Hampir 15 tahun menjadi bagian KB Bukopin, Rivan Achmad Purwantono memiliki karier cukup melesat mulai kepala divisi, general manager hingga direktur.

Penjualan Mobil di RI Tertinggi Kedua Se-Asean, Dampak PPnBM 0 Persen?

Kini Indonesia memperkuat posisinya dengan mencetak volume penjualan mobil tertinggi kedua se-Asean sepanjang Januari—April 2021.

Kompak Turun, Ini Harga Emas Pegadaian Hari Ini Kamis 17 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Kamis (17/6/2021) turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Promo Masakan Eropa The Sunan Hotel, Ini Menunya

-The Sunan Hotel Solo menghadirkan promosi masakan dengan menu khas Eropa yang bertajuk Europe has Never Been This Close.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Konsumen Diberi Kemudahan, Agar Sukses Berbisnis Home Appliance

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, termasuk bisnis home appliance atau perabotan rumah tangga.

Jangan Gegabah Utang Paylater, Ini Saran OJK

OJK meminta masyarakat memahami layanan bayar tunda atau buy now pay later (BNPB/paylater) dengan berbagai konsekuensinya.

Tarif Cek Saldo dan Tarik Tunai ATM Link Dibatalkan, Ini Alasannya

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengonfirmasi pembatalan rencana pengenaan tarif cek saldo dan tarik tunai di ATM Link.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

Moeldoko Dorong Sinergi Kementan Kembangkan Porang dan Sarang Burung Walet

Ketua Umum HKTI yang juga Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko jalin kerja sama dengan Kementan kembangkan porang dan sarang burung walet.

Ekspor-Impor Meningkat, Menko Perekonomian Airlangga Sebut Tren Pemulihan Ekonomi Berlanjut

Pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut seiring dengan tren penguatan ekspor dan impor. Ekspor pada Mei 2021 menguat signifikan sebesar 58,76% (yoy). 

Tabungan Deposito Nasabah di Makassar Hilang Rp20 Miliar, Ini Respons BNI

BNI angkat bicara menanggapi kasus dugaan uang tabungan deposito warga Makassar senilai Rp20 miliar yang hilang misterius

Harga Emas Pegadaian Hari Ini Rabu 16 Juni 2021, Turun Lagi?

- Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Rabu (16/6/2021) hari ini, naik untuk UBS, namun turun untuk cetakan Antam.

Maksimalkan Fitur-Fitur Pemasaran, Tingkatkan Penjualan di Tokopedia

-Untuk meningkatkan performa toko online yang berdampak pada peningkatan penjualan, seller harus memahami fitur-fitur pemasaran di e-commerce tersebut.

Kisah Sukses Naja Mengawali Bisnis Alya Hijab Modal Rp200.000

Bisnis Alya Hijab berawal dari ketidaksengajaan Naja pada 2009, dan terus berkembang hingga bisnisnya dikenal banyak orang.

Ekspor Indonesia Naik 58,3 Persen Dibanding Tahun Lalu, Bagaimana dengan Impor?

Kinerja ekspor meningkat sebesar 58,76 persen (year-on-year/yoy), di mana ekspor migas naik sebesar 66,99 persen yoy.

Cara Cek Resi Tiki Pakai Atau Tanpa Aplikasi, Mudah Banget!

Cara cek status pengiriman barang melalui nomor resi yang sangat mudah membuat TIKI menjadi perusahaan pengiriman barang yang dipercaya masyarakat Indonesia.

Ada yang Baru dari Prodia Mobile! Yuk Update Sekarang!

Pemesanan online via Prodia Mobile versi terbaru akan jadi prioritas dalam antrean saat datang ke cabang Prodia sehingga lebih cepat.

Jangan Sampai Terlewat, Talkshow Bisnis Meriahkan Road to SBBI 2021

Anugerah Solo Best Brand and Innovation (SBBI) 2021 bakal dimeriahkan dengan sederat event sebelum acara puncak yang digelar pada Rabu (7/7/2021) mendatang.

5 Ide Hobi Berfaedah untuk Tingkatkan Produktivitas di Rumah

menjalankan hobi baru merupakan salah satu cara untuk tetap produktif dan ternyata mampu menstimulasi otak kita agar tetap berkembang.

Soal Pajak Sembako, Menkeu Sri Mulyani Minta Masyarakat Jangan Mudah Terhasut

Sri Mulyani mendengar penuturan sejumlah pedagang di pasar yang khawatir terjadi kenaikan harga akibat penarikan pajak sembako.

Turun Lagi Hlo, Ini Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa 15 Juni 2021

Dibandingkan dengan sehari sebelumnya, harga emas Selasa (15/6/2021) hari ini untuk logam mulia Antam ukuran 1 gram di Pegadaian turun Rp3.000.

Kenali Modus Investasi Bodong, Mulai dari Like Post di Medsos hingga Skema Piramida

Saat ini investasi ilegal atau bodong masih marak dengan berbagai modus yang dijalankan para pelaku untuk menjerat korban.

Menko Airlangga Dukung Kolaborasi Visa-Alto Tingkatkan Inklusi Keuangan Nasional

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pentingnya kemitraan dan jasa keuangan digital untuk mendukung pencapaian target inklusi keuangan nasional.

Sempat Turun, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Senin 14 Juni 2021

Mengutip laman Pegadaian, harga emas hari ini, Senin (14/6/2021) untuk logam mulia Antam ukuran 1 gram di Pegadaian mencapai Rp 991.000.

Jangan Mudah Tergiur, Investasi Bodong Sering Pakai Jasa Tokoh hingga Selebritas

Investasi ilegal atau bodong masih marak lantaran masyarakat mudah tergiur keuntungan yang tinggi. Mereka sering menggunakan selebritas.

Ingin Tetap Bugar, Yuk ke Zig-Spa di Solia Zigna

Zig-Spa adalah paket spa kolaborasi Solia Zigna dengan salah satu penyedia layanan kebugaran di Kota Solo, dibuka Rabu, 10 Juni 2021.

3.193 Diblokir Satgas Investasi, Ini Ciri-Ciri Pinjol Ilegal yang Perlu Diwaspadai

Satgas Waspada Investasi mengungkapkan hingga saat ini sedikitnya 3.193 pinjaman online (pinjol) ilegal yang diblokir.

Kerugian Akibat Investasi Ilegal Capai Rp117 Triliun dalam 10 Tahun

Kerugian masyarakat akibat investasi ilegal dalam 10 tahun terakhir secara nasional telah mencapai Rp117 Triliun

PLN Perpanjang Promo Diskon Tambah Daya, Begini Cara Mengaksesnya

Melihat tingginya antusiasme pelanggan, PLN memperpanjang promo diskon tambah daya yang semula berakhir pada 31 Mei 2021 menjadi 30 Juni 2021 mendatang.

Astra Isuzu Klaten Pindah Tempat, Layanan Semakin Hebat

Astra Isuzu Klaten hadir untuk mendukung bisnis pelanggan di segmen transportasi dan logistik, government sales operation (GSO), serta bisnis retail industri kecil dan menengah.

Turun Lagi, Ini Harga Emas 24 Karat di Pegadaian Jumat 11 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Jumat (11/6/2021) hari ini kembali turun baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

UMKM Virtual Expo: Semua Bisa Sukses Berjualan di Tokopedia, Asal..

Membuka toko online berjualan di e-commerce seperti Tokopedia menjadi salah satu pilihan tepat bagi UMKM untuk naik kelas.

Kondisi Stabil dan Membaik, KB Bukopin Sandang Peringkat Pefindo AAA

KB Bukopin mendapatkan peringkat idAAA dari Pefindo yang berarti peringkat perusahaan tersebut dalam kategori stabil.

Rencana Sembako Kena PPN, Pedagang: Kami Bisa Gulung Tikar

Ikatan pedagang pasar Indonesia (Ikappi) memprotes rencana pemerintah menerapkan pajak sembako karena berpotensi merugikan.

Sembako Kena PPN Bisa Gerus Daya Beli hingga Bebani Petani

Rencana pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk bahan pokok atau sembako sebesar 12 persen menuai kritik dari elemen masyarakat.

The Sunan Hotel Solo Gelar Bincang Kesehatan Pencegahan Stunting Sejak Dini

The Sunan Hotel Solo bekerja sama dengan RS JIH (Jogja International Hospital ) Solo menggelar bincang kesehatan tentang stunting.

Yang Kaya Diampuni, Sembako Dipajaki

PPN barang bahan pokok ini akan kian menggerus daya beli dan konsumsi rumah tangga.

Turun Lagi Sis, Berikut Harga Emas 24 Karat di Pegadaian Hari Ini

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian hari ini Kamis (10/6/2021) turun baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Perlu Tahu, Ini Hlo Daftar Sembako yang akan Kena PPN 12 Persen

Pemerintah berencana mengenakan PPN atas barang bahan pokok atau sembako dari sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

Selamat, Warga Jembungan Boyolali Raih Honda Mobilio dari Simpedes BRI

Grand prize utama Undian Simpedes Boyolali periode September 2020-Februari 2021, Honda Mobilio, diraih nasabah dari Unit Jembungan.

Borong BTS Meal, ARMY Indonesia Kumpulkan Donasi Rp29 Juta untuk Driver Ojol

Penggemar BTS atau ARMY (Adorable Representative M.C for Youth) di Indonesia  menggelar donasi dalam rangka perilisan produk BTS Meal.

SBBI 2021: Konsumen Pilih Merek Otomotif Demi Fungsi dan Performa

Sektor otomotif menjadi salah satu kategori penting dalam penyelenggaraan Solo Best Brand and Innovation (SBBI).

Bikin Sejumlah Gerai McDonald's di Jakarta Tutup, Ini Hlo Isi Menu BTS Meal

Efek BTS Meal di McDonalds, sejumlah outlet McDonalds tutup sementara di layanan pesanan layanan online, Rabu (9/6/2021).

BTS Meal McDonald's Diburu ARMY, Biaya Ongkir Capai Rp42.000

Para penggemar BTS atau ARMY di Indonesia sudah pasti ingin segera mendapatkan paket baru dari McDonald's, BTS Meal, yang diluncurkan Rabu (9/6/2021).

Semua Boleh Masuk Mal di Solo, Prokes Diperketat

Pemkot Solo secara resmi memperbolehkan anak usia balita, ibu hamil dan lansia berkunjung ke pusat perbelanjaan modern atau mal.

Pemerintah Memberikan Izin dengan Syarat, GIIAS 2021 akan Digelar?

Pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dikabarkan akan hadir kembali tahun ini pada pada 12–22 Agustus 2021.

Ketua DK Sebut Pengelolaan Aset LPS Aman dan Tidak Ada Penyimpangan Aneh

Pengelolaan aset LPS termasuk juga dana dari masyarakat telah dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2004 tentang LPS.

Naik Tidak Merata, Berikut Harga Emas Antam Hari Ini Rabu Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Rabu (9/6/2021) hari ini,  naik untuk ukuran tertentu, baik cetakan UBS maupun Antam.

UMKM Virtual Expo: Mengungkap Tips Memulai dan Sukses Berjualan di Tokopedia

UMKM bisa memperluas pasar dengan memanfaatkan e-commerce seperti Tokopedia. Asal tahu cara dan tipsnya  UMKM bisa sukses di Tokopedia.

PLN Gelar Lomba Desain Rumah Sehat, Berhadiah Rp457 Juta

Lomba desain rumah sehat, terjangkau, dan ramah lingkungan oleh PLN dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori umum dan kategori mahasiswa.

Duh, BPK Ungkap 106.842 Permasalahan dengan Total Nilai Rp166,23 Triliun

BPK Bahtiar Arif mengatakan bahwa lembaganya mencatat ada 70.499 temuan dengan 106.842 permasalahan berdasarkan hasil pemeriksaan.

Alhamdulillah, 50,7% Pegawai KAI Telah Divaksin Covid-19

Sebanyak 2.782 pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta telah divaksin hingga 1 Juni 2021.

Okupansi Hotel Bintang di Solo 36,64%, Berharap Berkah Vaksinasi

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang di Kota Solo pada April 2021 sebesar 36,64% atau mengalami penurunan sebesar 0,20 poin dibanding pada bulan sebelumnya sebesar 36,84%.

OJK Dorong Potensi Ekonomi Baru di Soloraya, Apa Saja?

Perekonomian daerah memegang peranan penting dalam mengatrol pertumbuhan ekonomi nasional terutama di masa pandemi Covid-19.

Seru! Wahana Mandi Bola Terbesar di Soloraya Hadir di The Park

Wahana mandi bola bertajuk Kanimals Mobile Playland hadir di Soloraya tepatnya di The Park Mall Solo pada 5 Juni - 4 Juli 2021.

Perpres Minuman Alkohol Terbit Lagi, Larang Investasi Bidang Ini

Presiden Joko Widodo kembali menerbitkan peraturan presiden (perpres) terkait minuman mengandung alkohol. Beleid tersebut yaitu Perpres No. 49/2021.

Penyaluran Kredit di Soloraya Rp101 Triliun Meski Ekonomi -1,58%

Pemulihan ekonomi di Soloraya terus berlangsung positif dan dalam jalan yang benar meski laju pertumbuhannya belum secepat yang diharapkan.

Harga Daging Ayam Sumbang Inflasi Kota Solo

Kota Solo mengalami inflasi sebesar 0,06% pada Mei karena adanya kenaikan harga-harga yang ditunjukan oleh naiknya angka indeks harga konsumen.

Transformasi PLN, Kunci Sukses Percepat Digitalisasi Pembangkit Listrik

Transformasi PLN, telah ditetapkan 20 Program Terobosan yang pada tahun 2021 ini jumlahnya bertambah menjadi 24 Program.

Kunjungi Sriekandi Patra, Staf Khusus Presiden Beri Semangat Para Difableprenuer Binaan Pertamina

Pertamina kembali mengembangkan program inkubasi bisnis bagi difabelprenuer Kresna Patra dengan memberikan berbagai  pelatihan keterampilan konfeksi.

Porang Favorit di Jepang, Potensi Ekspor Kian Besar

Industri makanan dan minuman menilai tren budidaya porang saat ini tidak boleh lepas dari pengembangan industri olahan makanan.

Waskita dan BUMN China Garap Aneka Proyek Infrastruktur, Ini Daftarnya

Kerja sama antara Waskita dan CCCC mencakup pengembangan infrastruktur transportasi dan industri lainnya, salah satunya proyek jalan tol.

Catat, Pemerintah akan Hentikan Stimulus Listrik Mulai Juli

Pemerintah akan menghentikan stimulus tarif listrik selama pandemi Covid -19 mulai Juli 2021 mendatang karena ekonomi dinilai sudah pulih.

Komitmen Layani Peserta, MICC Hadir di Solo

Mandiri Inhealth membuka Mandiri Inhealth Contact Center (MICC) kedua di Solo tepatnya yang diresmikan pada Jumat (4/6/2021).

Gelar Pertemuan Tingkat Tinggi, BUMN Pererat Kerja Sama dengan China

Delegasi Indonesia yang dipimpin Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan pemerintah China.

Utang Garuda Indonesia & Keuangan yang Kian Berdarah

Garuda Indonesia memperpanjang waktu pembayaran utang bunga sukuk globalnya.

Dear Kaum Milenial, Ini Hlo Tips Investasi Kripto Minim Risiko

Kaum milenial perlu melek tentang investasi termasuk investasi kripto agar tidak salah mengambil keputusan.

Melesat di Tengah Pandemi, Siapa Raja E-Commerce Asia Tenggara?

i tengah lesunya berbagai sektor perekonomian akibatdampak pandemi Covid-19, perdagangan elektronik atau e-commerce justru sebaliknya.

Lengkapi Fasilitas Stasiun Solo Balapan, KAI Bangun Masjid Berkapasitas 600 Orang

PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya dengan membangun masjid di Stasiun Solo Balapan.

7 Hotel di Soloraya Sabet Penghargaan, Modal Besar Dongkrak Pariwisata

Sebanyak tujuh hotel di Soloraya memborong penghargaan di ajang Joglosemar Tourism Award 2021 yang diharap menjadi modal besar untuk mendongkrak pariwisata Soloraya.