Kategori: Solo

Waktu Pendaftaran Tinggal 2 Pekan, Ini Tahapan Pelaksanaan UMKM Virtual Expo 2021


Solopos.com/Tika Sekar Arum

Solopos.com, SOLO -- Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Soloraya masih punya kesempatan sekitar dua pekan atau hingga 5 April untuk mendaftar UMKM Virtual Expo 2021.

Ajang pelatihan sekaligus pemilihan UMKM terbaik dalam berbisnis online ini bakal digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo (KPw BI Solo) bersama Solopos Group hingga November 2021.

Dalam event ini, penyelenggara UMKM Virtual Expo 2021 akan memilih 50 UMKM peserta. Sebanyak 50 UMKM itu akan dibagi dalam dua kelas untuk mengikuti pelatihan pada 20 April hingga 29 Juni 2021. Berbagai pelatihan akan membuat 50 UMKM peserta siap terjun di bisnis online.

Baca juga: Jangan Lupa! Hutan Sebagai Sumber Air Harus Dijaga dan Diapresiasi

Tak cukup sampai di situ, setelah terjun ke bisnis online, puluhan peserta akan didampingi untuk langsung berjualan secara online selama lima bulan.

“Ini benar-benar kesempatan bagus yang sangat sayang dilewatkan. Jika Anda UMKM dan ingin mengembangkan usaha, khususnya dalam digital atau online, Anda harus mendaftar. Kesempatan mendaftar masih dibuka hingga 5 April 2021 atau sekitar dua pekan lagi,” kata Direktur Bisnis Solopos Group, Suwarmin, kepada Solopos.com, Selasa (23/3/2021).

Selain menyediakan berbagai fasilitas dan pelatihan yang keren, ajang UMKM Virtual Expo 2021 juga memberi kesempatan UMKM terbaik memboyong hadiah. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada November 2021 atau setelah seluruh rangkaian event ini selesai.

Baca juga: Pesta Ciu di Siang Bolong, 6 Warga Jebres Solo Diciduk Polisi

Jumlah Pendaftar Terkini

Berdasarkan data panitia UMKM Virtual Expo 2021, jumlah pendaftar ajang ini telah mencapai hampir 250 UMKM. Artinya, ada 200-an UMKM akan akan tersingkir alias tidak terpilih sebagai peserta karena hanya ada 50 peserta yang berhak mengikuti tahapan kegiatan.

Meski demikian, KPw BI Solo memastikan kegiatan ini bukan satu-satunya. Ada beberapa kegiatan pengembangan UMKM yang digagas KPw BI Solo. Beberapa acara sudah berjalan dan ada yang akan berjalan. Kegiatan UMKM Virtual Expo 2021 sendiri adalah bagian dari road to Kenduren UMKM.

Kenduren UMKM merupakan salah satu strategi dan upaya KPw BI Solo untuk mendukung pengembangan UMKM agar memiliki daya saing dan bisa menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Baca juga: Beha, Pesawat Hybrid Bertenaga Campuran Listrik dan Minyak Goreng

Sementara itu, untuk sampai kepada pemenang, peserta UMKM Virtual Expo 2021 akan melalui sejumlah tahapan. Mulai dari pendaftaran, pelatihan secara virtual, hingga pengumuman pemenang.

Apa saja tahapan tersebut? Berikut daftarnya:

Pendaftaran hingga 5 April 2021

Verifikasi pendaftar : 6-9 April 2021

Pengumuman peserta lolos seleksi : 12 April 2021

Baca juga: PTM SD di Lereng Merapi Boyolali, Siswa Semangat Masuk Sekolah 3 Jam

Pelatihan UMKM Virtual Expo 2021 : 20 April–29 Juni 2021

Launching ke marketplace : Juli 2021

Monitoring dan evaluasi : Juli–November 2021

Pengumuman Pemenang: November 2021.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum