SOLOPOS.COM - Ilustrasi jembatan. (freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Kabupaten Sragen bakal memiliki jembatan terpanjang di Jawa Tengah (Jateng). Jembatan yang akan melintasi Waduk Kedung Ombo ini menghubungkan dua desa terpencil di Kecamatan Miri, yakni Gilirejo dan Gilirejo Baru.

Kini proyek senilai Rp75 miliar itu masuk tahap pembebasan lahan. Ada 22 warga yang terdampak pembebasan lahan tersebut. Sementara Pemkab Sragen telah mengalokasikan anggaran senilai Rp900 juta untuk biaya ganti rugi pembebasan lahan tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Diharapkan, pembebasan lahan ini kelar di akhir tahun ini. Meski demikian, bukan berarti tahap selanjutnya, yakni tahapan selanjutnya bisa langsung dilanjutkan di tahun 2002 yakni pembangunan konstruksi jembatan. Besarnya dana yang dibutuhkan menjadi tantangan.

Baca Juga: Sragen Bakal Punya Jembatan Terpanjang di Jateng, Kini Pembebasan Lahan

Kepada Solopos.com, Senin (6/12/2021), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sragen, Marija, mengakui belum bisa memastikan kapan pembangunan konstruksi jembatan akan dilakukan. Pemkab Sragen, sambungnya, berupaya melobi pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi agar bisa memberikan dukungan anggaran pembangunan jembatan tersebut.

Marija memaparkan jembatan ini akan dibangun dengan rangka baja yang membentang sepanjang 600 meter dengan lebar 6 meter. Ia membenarkan jembatan ini bakal menjadi yang terpanjang di Jateng.

Di sisi lain,  Marija mengatakan Pemkab akan lebih dulu melakukan pelebaran jalan menuju jembatan yang akan dibangun. Jalan itu belum bisa dilalui kendaraan berat.

Baca Juga: Pemkab Sragen Gulirkan Sekolah Unggulan di Saat Ada SD Ambruk

“Pemerintah Kabupaten Sragen akan melakukan pelebaran jalan atau peningkatan jalan menuju ke lokasi jembatan. Jalan yang ada masih sempit dan belum memungkinkan transportasi kendaraan berat. Pelebaran peningkatan jalan dilakukan pada 2023,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya