SOLOPOS.COM - Ilustrasi Berolahraga (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO -- Penelitian di India menyebutkan waktu olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan ternyata bukan pagi hari. Benarkah demikian?

Dilansir Okezone.com dari Times of India, waktu olahraga yang pas untuk menurunkan berat badan lebih cepat adalah malam hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rekomendasi Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan

Hal ini dikarenakan konsumsi oksigen cenderung lebih rendah di malam hari. Sehingga membuat Anda semakin cepat dalam menurunkan berat badan.

Ekspedisi Mudik 2024

Alasan lainnya adalah olahraga di malam hari juga dapat menurunkan rasa lapar sehingga bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

4 Artis Ini Ternyata Pernah Jadi Istri Kedua, Nomor 4 Baru saja Cerai

Meskipun begitu, asisten profesor di University of Western Australia, Kym Guelfi menganggap waktu bukanlah paramater utama kesuksesan orang untuk menurunkan berat badan.

"Tidak selalu," terang Kym sebagaimana dilaporkan Detik.com, enam tahun silam.

5 Cara Mengajari Anak Pakai Masker, Mudah Kok!

Menurutnya, yang paling utama adalah membiasakan tubuh untuk aktif bergerak alias olahraga jauh lebih baik daripada waktu untuk melakukannya.

Pagi Hari

Berbeda dengan penelitian di India, sejumlah studi menjelaskan waktu yang baik untuk olahraga menurunkan berat badan adalah pagi hari.

olahraga pakai masker
Ilustrasi olahraga memakai masker. (Freepik)

5 Aktor Ternama Ini Muncul di Video Game, Siapa Saja?

Hal tersebut diungkap pula oleh Kym, ia menyarankan untuk olahraga di pagi hari untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

"Saat Anda latihan fisik, metabolisme tubuh akan meningkat selama beberapa waktu. Bahkan, setelah Anda selesai olahraga, Anda akan mendapat manfaat yang sama baik ketika olahraga di pagi maupun sore hari," jelas dia.

Manfaat Mendongeng untuk Anak yang Jarang Diketahui Orang Tua

Berbeda Manfaat

Profesor dari University of New England, Clara Carlson mengatakan olahraga pagi memiliki manfaat unutk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan.

"Selain itu juga merevitalisasi metabolisme tubuh, sehingga kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak. Tekanan darah pun bisa jadi lebih stabil dan jam tidur Anda di malam hari bisa lebih nyenyak,” ujar Clara dikutip dari Suara.com.

Yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Berhubungan Intim, Nomor 4 Dampaknya Ngeri!

Berbeda dengan pagi hari, olahraga yang dilakukan pada malam hari bisa meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian beraktivitas.

"Asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh kita. Tubuh akan dehidrasi dan kita jadi sulit tidur apabila olahraganya berlebihan," ujar ahli kesehatan Michael Triangto.

Minum Kopi Disarankan Setelah Sarapan, Kenapa?

Wajib Tahu! Ini Batas Konsumsi Nasi Putih Biar Nggak Bikin Gemuk

Tips Diet Baca di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya