SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Papua— Lembaga Pemasyarakatan Abepura, Papua kembali dibobol narapidananya sendiri.
Sabtu hari ini (5/6), sekitar 26 narapidana Lapas Abepura kabur. Diduga mereka kabur sekitar pukul 15.30 WIT, saat berlangsung ibadah di dalam Lapas.

Kepala Lapas Abepura, Liberty Sitinjak ketika dikonfirmasi membenarkan adanya napi yang kabur. Meski demikian, ia belum bisa memastikan berapa jumlahnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Memang benar ada napi dan tahanan kami yang kabur tapi berapa orang jumlahnya, lagi di cek,” ujar Sitinjak, berlalu, di Lapas Abepura, Sabtu (5/6).

Dari informasi yang didapatkan wartawan, napi kabur memanfaatkan kelengahan petugas, saat ibadah berlangsung.

Para napi itu di duga kabur melalui menara belakang lapas. Mereka merusak kuncinya dan kemudian memanjat dengan menggunakan kain.

Selanjutnya napi dan tahanan mengendap-endap melalui perumahan penduduk yang ada di sekitar lapas. Mereka diperkirakan lari menuju perbatasan RI-PNG yang jaraknya sekitar 30 kilometer dengan berjalan kaki melalui jalan tikus.

Kejadian kaburnya narapidana di Lapas Abepura bukan kali pertamanya. Sebanyak 18 narapidana penghuni lapas terbesar di Papua itu melarikan diri pada pukul 17.30 WIT, Senin (3/5) lalu.

Para narapidana dan tahanan itu melarikan diri, saat petugas Lapas melakukan penggembokan terhadap blok tahanan, 18 napi dan tahanan merusak gembok pintu pos, lalu dengan menggunakan besi beton ukuran 40 centimeter. Setelah itu para napi dan tahanan memanjat tembok Lapas dengan tali.

vivanews/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya