SOLOPOS.COM - Ilustrasi nasi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Nasi putih sampai saat ini seringkali menjadi momok bagi pelaku diet. Sebab, nasi putih mengandung karbohidrat yang dikhawatirkan menambah berat badan. Tetapi, ada tips sehat dan mudah masak nasi agar tidak membuat gemuk.

Seperti diketahui, nasi merupakan makanan pokok mayoritas orang Indonesia. Tak heran, kehadiran nasi dalam menu makanan sehari-hari seperti menjadi kewajiban.

Promosi Dukung Keberhasilan IKN, BRI Sediakan Layanan Lengkap Perbankan

Meski demikian bagi sejumlah orang, khususnya pelaku diet, makan nasi setiap hari dinilai kurang tepat. Sebab, makanan berbahan dasar beras itu dianggap memicu kenaikan berat badan lantaran jumlah kalorinya tinggi.

Lantas, bagaimana tips masak nasi agar tidak membuat gemuk saat dikonsumsi? Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (2/7/2020), nasi yang diolah dengan cara tepat diklaim tidak akan membuat tubuh makin gemuk saat dikonsumsi.

Di Balik Kecelakaan di Flyover Manahan Solo, Anak Korban: Ibu Pengin Coba Lewat Situ

Nasi terdiri dari dua jenis karbohidrat, yakni mudah dan sulit dicerna. Karbohidrat yang mudah dicerna bakal diubah menjadi gula dan diserap tubuh untuk sumber energi.

Sedangkan jenis karbohidrat yang sulit dicern tidak akan diserap tubuh dan diubah menjadi energi. Alhasil, karbohidrat itu bakal ditumpuk di dalam tubuh.

Cara Masak

Nah, sebenarnya ada tips mudah masak nasi agar tidak membuat gemuk saat dikonsumsi. Peneliti dari The College of Chemical Sciences Srilanka mengatakan, menambahkan satu sendok teh minyak kelapa ke dalam air mendidih yang dipakai untuk mengaron nasi bisa menambah jumlah serat.

Kurang Ajar! Karyawan Starbucks di Jakarta Intip Payudara Pelanggan Lewat CCTV

Setelah minyak kelapa, masukkan setengah cangkir beras dan rebus selama 40 menit. Kemudian dinginkan selama 12 jam.

Meski butuh waktu lama, tips masak nasi ini akan meningkatkan kandungan serat hingga 10 kali lipat daripada biasanya. Dikutip dari Times of India, kandungan kalori nasi putih yang dimasak dengan cara tersebut bakal turun hingga 60 persen.

Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir makan nasi putih. Sebab, nasi yang dikonsumsi tidak akan membuat gemuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya