Tutup Iklan
Wajib Tahu, Ini 2 Jenis Olahraga Aman dan Mudah Dilakukan di Tengah Pandemi
Ilustrasi yoga. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga saat pandemi sangat penting dilakukan. Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng melawan paparan virus corona.

Dengan demikian, olahraga raga teratur saat pandemi wajib dilakukan. Namun, Anda tetap harus memastikan olahraga yang dilakukan aman.

Pakar Kedokteran Olahraga UGM Jogja, Dr dr H Zaenal Muttaqin Sofro, AIFM, mengatakan banyak jenis latihan fisik yang bisa dilakukan di rumah selama pandemi.

Aneh bin Ajaib! Rumah Warga Ngawi Pindah Tempat dalam Semalam, Dipindah Jin? 

“Prinsipnya ada dua jenis olahraga yakni olahraga persarafan untuk menjaga kesehatan. Serta olahraga fisik untuk menjaga kebugaran. Olahraga tersebut bisa dilakukan di rumah,” terangnya seperti dikutip dari situss Ugm.ac.id, Kamis (9/7/2020).

Olahraga Persarafan

Olahraga persarafan dilakukan dengan tiga cara, yakni mengatur pernapasan, vokalisasi, dan postur. Olahraga pernapasan bisa dilakukan dengan senam tera serta yoga. Sementara vokalisasi contohnya bernyanyi atau membaca Alquran. Sedangkan postur paling mudah dilakukan lewat gerakan salat atau senam taichi.

Gunung Merapi Menggembung, Segawat Apa Kondisinya? 

Olahraga pernapasan ini bisa dilakukan setiap saat di mana pun. Jika dilakukan secara rutin, olahraga pernapasan membuat tubuh sehat dan meminimalisasi stres di tengah pandemi.

Olahraga Fisik

Sementara jenis olahraga fisik yang bertujuan menjaga kebugaran tubuh tidak boleh dilakukan berlebihan, apalagi dengan intensitas tinggi.

“Banyak olahraga fisik yang justru mengganggu kesehatan karena over training. Maka harus mengacu pada prinsip FITT, yakni frequency, intensity, time, and type,” sambung dia.

Olahraga fisik bisa dilakukan 3-5 kali sepekan dengan intensitas sedang selama 30-45 menit per sesi. Adapun jenisnya yang bisa dipilih adalah jalan cepat, joging, bersepeda statis, atau senam yang diawali dengan pemanasan dan diakhiri pendinginan.

Kisah Suroto Magelang, 10 Tahun Kurung Diri di Kamar Sejak Erupsi Merapi Tak Pernah Mandi

Hidrasi

Jangan lupa untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air 30 mennit sebelum berolahraga  dan setelahnya untuk mengganti cairan hilang. Lalu, bagaimana jika ingin olahraga yang aman di luar ruangan selama pandemi?

Daleeem… Ini Arti Nama Unik Dita Leni Ravia Si Remaja Cantik Asli Gunungkidul 

Zaenal menyarankan untuk memastikan kondisi tubuh tetap fit dan menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pilih kostum seperti sepatu dan kaus yang nyaman dikenakan.

Anda bisa menemukan beragam kaus dan sepatu untuk kebutuhan olahraga saat pandemi di Tokosolopos.com.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho