SOLOPOS.COM - Ilustrasi (wordpress.com)

Ilustrasi (wordpress.com)

KULONPROGO—Belasan Kepala Desa (Kades) bimbang untuk berlaga dalam Pemilu 2014 sebagai calon legislatif. Pasalnya, mereka terbentur persyaratan harus mundur setahun sebelum pemilu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepada Harian Jogja, Minggu (9/12/2012), Ketua DPC Partai Golkar Kulonprogo, Sukarman mengatakan sedikitnya sudah ada 17 kades yang mengambil ancang-ancang maju dalam pemilu mendatang melalui partai berlambang beringin tersebut. “Saya sudah kumpulkan, ada sekitar 17 kepala desa yang mau maju dari Golkar,” katanya.

Hanya saja, dalam perjalanan, sekitar 14 kades kemudian terbentur Undang-undang (UU) Pemilu N0.8/2012 yang mensyaratkan para para calon legislatif yang berstatus PNS, TNI/Polri, atau kepala desa yang pendapatannya berasal dari negara, wajib mengundurkan diri setahun sebelum pemilu. Menurut Karman, Partai Golkar sudah mengumpulkan para kader tersebut dan hasilnya, 14 kades yang masih menjabat sampai 2014 menyatakan pikir-pikir.

“Dari 17 kader yang saat ini menjabat kepala desa, hanya tiga yang jabatannya akan selesai 2013 mendatang, atau tepat setahun sebelum pemilu. Tiga kades itu seperti Tawangsari Pengasih dan Kaligintung Temon,” tambah Karman.

Sementara 14 kades yang menyatakan pikir-pikir masih ditunggu kepastian pencalegan hingga Januari-Februari 2013 mendatang. Pasalnya Maret 2013 setiap partai politik sudah harus menyerahkan daftar caleg sementara ke Komisi Pemilhan Umum Daerah (KPUD) Kulonprogo.

Upaya Golkar menyabet suara melalui para kades, menurut Karman karena sebelumnya para pimpinan desa itu memang kader Golkar yang kemudian terpilih sebagai kades. “Selain itu mereka juga mau maju karena itu merupakan hak politik setiap orang,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya