SOLOPOS.COM - Ilustrasi wawancara kerja (Magforwomen.com)

Solopos.com, JAKARTA— Cukup sering dijumpai lawan bicara yang menyimpan “misteri”, kita kadang tak tahu pasti apakah lawan bicara kita tengah berbohong ataukah memang benar mengatakan kejujuran. Sulit mendeteksi sebuah kebohongan.

Lantas, bagaimana caranya kita mengetahui jika seseorang tengah berbohong? Berikut cara untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak berdasarkan Beautygenius.com:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1.     Menutup Mulut dengan Tangan
Gerakan ini adalah salah satu dari beberapa yang tersisa dari masa kanak-kanak. Otak kita sadar mencoba untuk mencegah kata-kata palsu yang keluar dari mulut kita. Karena itu, ketika seseorang berbohong, ia menutupi mulutnya dengan tangannya tanpa sadar.

Dia mungkin tidak menutupi seluruh mulut, tetapi ia menyimpan beberapa jari atau tinjunya di mulutnya, Anda mungkin menduga dia berbohong.

2.       Menyentuh Hidung
Ini adalah tanda yang paling pasti bahwa seseorang sedang berbohong. Ketika seseorang berbohong, tubuhnya memproduksi adrenalin, dan darah di kapiler mulai beredar lebih cepat. Sebagaian ujung hidung mengandung banyak pembuluh darah kecil, menciptakan perasaan gatal dan keinginan untuk menggaruk atau menyentuhnya.

3.       Menggosok Kelopak Mata
Ketika kita berbohong, kita takut untuk melihat lawan kita di depan mata dan mencoba untuk menyembunyikan mereka. Oleh karena itu, ada keinginan untuk berpaling, menyentuh, atau menggosok mata. Seorang pembohong takut tertangkap, sehingga ia mencoba untuk menghindari kontak mata.

4.     Menarik Telinga
Gerakan ini juga datang dari masa kanak-kanak, ketika kita ingin menjauhkan diri dari orang tua menyalahkan dan menutup telinga  Anda dengan tangan. Jika seseorang gugup, dia menarik atau menggaruk lobus telinga. Menyentuh telinganya, ia berusaha untuk melepaskan diri dari kebohongan.

Jangan mengabaikan pengamatan psikolog, melihat gerakan dan ekspresi wajah, dan waspada. Mengetahui apa yang gerakan sederhana berarti, Anda dapat dengan mudah mengekspos pembohong tanpa jatuh ke dalam perangkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya