Wajib Dikunjungi, Kota Solo Ternyata Punya 18 Museum Lho

Dinas Kebudayaan Kota Solo meluncurkan gerakan wajib kunjung museum baik museum milik pemerintah maupun swasta, khususnya bagi pelajar.

 Peserta mengamati koleksi Museum Lokananta, Solo, saat peluncuran Gerakan Wajib Kunjung Museum, Selasa (7/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Peserta mengamati koleksi Museum Lokananta, Solo, saat peluncuran Gerakan Wajib Kunjung Museum, Selasa (7/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo meluncurkan Gerakan Wajib Kunjungi Museum, khususnya bagi pelajar. Peluncuran dilakukan di Museum Radya Puskana kemudian mengajak puluhan perwakilan pelajar SMP dan SMA berkeliling mengunjungi lima museum milik pemerintah dan swasta di Kota Bengawan, Selasa (7/12/2021).

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Solo, Agus Santoso, mengatakan gerakan itu bertujuan mengajak pelajar berkunjung ke museum dalam kota sebelum menggelar studi tour ke luar kota.

“Minimal sebelum studi tour ke luar daerah, mereka harus mengunjungi museum-museum di Solo dulu. Museum adalah gudang ilmu yang menyimpan banyak hal dari masa lalu. Mereka bisa belajar budi pekerti, mengetahui sejarah, kreasi zaman dulu, dan sebagainya,” ucapnya kepada wartawan seusai peluncuran Gerakan Wajib Kunjung Museum.

Baca Juga: Pernah Ada Kampung Belanda di Solo, Ini Lokasinya

Agus menambahkan setelah kegiatan tersebut, akan ada edaran ke sekolah di Kota Solo untuk berwisata ke museum. Gerakan tersebut selaras dengan penetapan Solo sebagai deklarator terbentuknya Jaringan Kota Pusaka Indonesia sekaligus sebagai Ibu Kota Pemajuan Kebudayaan.

Hal itu didasari karena seni budaya bisa memberikan nilai kesejahteraan pada masyarakat. Ia mengatakan berdasarkan penilaian dari sepuluh kurator independen, Kota Solo mendapatkan predikat tersebut sesuai visi misi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yakni tangguh, kreatif, gesit, dan sejahtera.

Dalam hal ini kebudayaan, salah satunya sejarah, didorong untuk bersinergi dengan ekonomi guna pemulihan ekonomi seusai pandemi Covid-19. Kepala UPT Museum Kota Solo, Luthfi Khamid, mengatakan ada 18 museum di Solo.

Baca Juga: Perwakilan PDAM Se-Indonesia Ngumpul di Solo, Bahas Apa Ya?

Dongkrak Jumlah Pengunjung

Ada Museum Radya Pustaka, Museum Keris Nusantara, Monumen Pers Nasional, Museum Lokananta, dan Museum Bank Indonesia. Kemudian, Museum RRI, Temurun, Samanhudi, Batik Gunawan, dan Museum Batik Keris.

Lalu, Museum Lukis Dullah, Museum Astana Oentara Laya, Museum UNS Solo, dan Museum Pura Mangkunegaran. Berikutnya Museum Danar Hadi, Museum Musik Kamsidi, Museum Samanhudi, dan Museum Keraton Kasunanan Surakarta. Dari belasan museum tersebut, ada beberapa yang belum layak kunjung lantaran masih persiapan.

“Selama Pandemi, kunjungan ke dua museum Pemkot memang berkurang drastis. Namun, kami berupaya agar tak sepi peminat. Salah satunya menggelar event di Museum Keris beberapa waktu lalu,” ucapnya di lokasi yang sama.

Baca Juga: Sungai Warna-Warni Gegara Limbah Industri, DLH Solo: Solusinya IPAL

Dalam sebulan, total kunjungan di dua museum milik Pemkot Solo tak sampai 500 orang, bahkan hanya belasan orang dalam sehari. Keberadaan event cukup mendongkrak jumlah pengunjung hingga ratusan orang per hari.

“Kami meminjam Keris Pangeran Diponegoro untuk dipajang di Museum Keris yang ternyata mendongkrak jumlah pengunjung. Upaya lain, di antaranya belajar bersama di museum, jelajah museum dengan sepeda, seminar dan lokakarya, dan sejenisnya,” kata Luthfi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ternyata Ada Jembatan Amien Rais di Klaten, Ini Lokasinya

Jembatan itu kerap disebut dengan nama Jembatan Amien Rais lantaran pengecoran jembatan dilakukan warga memanfaatkan gelontoran bantuan dari tim Amien Rais kala menjadi capres pada Pilpres 2004.

Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Dishub Solo berharap pengerjaan peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, bisa selesai sebelum rel layang Joglo dan perbaikan viaduk Gilingan dimulai.

Kejari Karanganyar Tuntut 2 Pelaku Kekerasan Seksual Bayar Ganti Rugi

Kejari Karanganyar tahun ini menuntut dua terdakwa kasus kekerasan seksual dengan membayar ganti rugi (restitusi) kepada korban selain menuntut hukuman penjara dan denda.

Jembatan Kereta Zaman Belanda di Klaten Kini Jadi Penghubung 2 Desa

Jembatan penghubung antara Desa Mranggen dengan Desa Blimbing merupakan bekas jalur kereta pengangkut tebu pada era kolonial Belanda.

PT Swasta Tak Bisa Lagi Digandeng Jadi Penguji Seleksi Perdes di Sragen

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati ingin ke depan seleksi perangkat desa (perdes) hanya bekerja sama dengan peguruan tinggi negeri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) si Jogja.

Polemik Pasar Mebel Gilingan Solo, Gibran Siap Ajak Ngobrol Pedagang

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan siap berdialog dengan pedagang Pasar Mebel Gilingan terkait rencana pembangunan sentra IKM.

Laris Banget, Warung Sate di Sragen Ini Habiskan 55-60 Kelinci/Hari

Warung sate kelinci Pak Peng di Jl. Maospati-Solo, Lemah Abang, Sambungmacan, Sragen ramai dikunjungi pembeli. Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, pernah makan sate di sini.

300 Knalpot Brong Sitaan Digergaji di Satlantas Polres Boyolali

Penindakan terhadap knalpot brong akan dilaksanakan sebab banyaknya aduan dari masyarakat yang terganggu dengan suara yang dihasilkan knalpot brong.

Puan Maharani bakal Hadiri Peresmian Pasar Legi Solo, Ganjar Diundang?

Ketua DPR RI Puan Maharani dijadwalkan hadir pada acara peresmian Pasar Legi Solo, sedangkan Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo belum ada kepastian.

Kantor Kesbangpol Kebanjiran, Pagar DPRD Sragen 50 Meter Ambruk

Hujan deras yang terjadi pada Selasa (18/1/2022) siang hingga sore di Sragen menyebabkan banjir di sejumlah lokasi. Kantor Badan Kesbang kebanjiran, sementara pagar DPRD Sragen ambruk.

On The Track, Hujan Tak Ganggu Pembangunan Overpass DI Pandjaitan Solo

Proyek peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, Solo, masih sesuai rencana meski cuaca hujan menjadi tantangan tersendiri.

Satpol PP Sukoharjo Robohkan Lapak PKL Mangkrak di 3 Ruas Jalan Ini

Setiap hari petugas Satpol PP Sukoharjo selalu menertibkan PKL yang nekat berdagang di area yang dilarang Perda.

Asyik...Plaza Kuliner Rawa Jombor Klaten Segera Dibuka

Serah terima aset Plaza Kuliner Taman Nyi Ageng Rakit dari Pemprov Jateng kepada Pemkab Klaten dilakukan pada akhir pekan ini, Minggu (23/1/2022).

Bawa Sabu-Sabu dan Ganja, Warga Kartasura Ditangkap di Karanganyar

Pemuda asal Kartasura, Sukoharjo, AF, ditangkap Polres Karanganyar saat hendak bertransaksi narkoba di Colomadu. Dari tangan tersangka polisi menyita ganja dan sabu-sabu.

Pemkab Karanganyar Adakan Vaksinasi Berhadiah Motor, Ini Caranya

Pemkab Karangannyar menggandeng Yamaha dan PLN menggelar vaksinasi Covid-19 berhadiah sepeda motor.