SOLOPOS.COM - Pintu masuk kawasan wisata Batu Putih di Gajahrejo, Talang, Bayat, Klaten, Jum'at (3/12/2021). (Faurina Nurhanifa)

Solopos.com, KLATEN—Pandemi Covid-19 menjadi momok bagi sektor pariwisata. Menurunnya jumlah pengunjung mengakibatkan pendapatan dari sektor wisata anjlok. Salah satunya Wisata Batu Putih yang berlokasi di Gajahrejo, Talang, Bayat, Klaten.

Sebelum pandemi, jumlah pengunjung pada akhir pekan dapat mencapai seribuan orang. Sementara pada hari kerja sekitar 200 orang per hari. Namun, saat ini rata-rata pengunjung per hari hanya mencapai 50 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk pengunjung lima hari kerja itu kami rata-rata paling tidak 50 orang per hari. Senin sampai Jumat ya, itu kalau kami pukul rata per hari,” ujar Manajer Operasional Wisata Batu Putih, Wildan Hakim, saat ditemui di kawasan Wisata Batu Putih, Jumat (3/12/2021)

Baca Juga: LPQ Al-Amin Denokan Sukoharjo Kenalkan Lingkungan Anak lewat Outbound

Batu Putih menawarkan konsep family vacation. Objek wisata itu menyediakan wahana yang ramah anak dan cocok untuk liburan keluarga, seperti kolam renang anak, kolam renang dewasa, spot selfie, dan panggung hiburan.

Sebelum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat pada Juli lalu, Wisata Batu Putih menyediakan wahana baru untuk anak-anak. Namun pasca PPKM darurat, wahana baru itu ditarik kembali ke gudang hingga saat ini.

“Sebelum PPKM kami sudah sempat buka. Wahana baru ada bianglala, terus kemudian di atas sana [area Batu Putih yang lebih tinggi] ada trampolin, mini coaster. Kemarin tutup lagi karena ada aturan PPKM darurat. Kami harus segera mengamankan wahana yang sifatnya masih baru karena dengan pertimbangan tidak tahu ini tutup [wisata] sampai kapan,” kata wildan.

Baca Juga: Seleksi Perangkat Desa Wonogiri, Sekolah Sediakan Komputer Cadangan

Wisata Batu Putih buka kembali pada akhir September lalu. Rencananya manajemen merenovasi dan menambah tempat baru.

“Kami dalam proses pembenahan dan renovasi serta penambahan tempat-tempat baru. Rencananya ditargetkan selesai April 2022,” tuturnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya