SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi CPNS. (Solopos-Dok.)

Solopos.com,WONOGIRI -- Ribuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Wonogiri telah melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di gedung Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Karanganyar pada 24-28 September 2020 lalu.

Meski hasil nilai SKB sudah keluar, pengumuman secara resmi peserta yang diterima sebagai CPNS belum keluar. Hasil tes SKB masih harus diverifikasi dan validasi (Verval) oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Peserta yang mengikuti tes SKB di LPPKS sebanyak 1.285 orang. Sementara itu terdapat sembilan orang yang tidak hadir mengikuti tes. Secara keseluruhan CPNS yang mengikuti SKB sebanyak 1.450 orang. Lowongan yang direbutkan sebanyak 560 posisi.

Kesurupan Hanya Saat Tidur, Pria Wonogiri Ini Lukai Dirinya hingga Ramal Masa Depan

Ekspedisi Mudik 2024

Karena dilakukan secara online, tidak semua peserta SKB mengikuti tes di LPPKS. Begi peserta di luar Wonogiri bisa mengikuti tes di tempat terdekat sesuai yang ditentukan Panselnas.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, pelaksanaan SKB tersebar di 12 lokasi. Hinga saat ini, sebagian besar lokasi tes di luar LPPKS belum melaporkan hasil tes SKB CPNS Wonogiri ke BKD Wonogiri.

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur BKD Wonogiri, Wahyudi, mengatakan untuk menentukan lolos tidaknya peserta, hasil nilai SKB dikombinasikan dengan hasil nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Dengan porsi nilai SKB 60 persen dan nilai SKD 40 persen.

Banyak Pekerja Seni Wonogiri Belum Terima Bansos

Nilai tes SKD ada passing grade, sedangkan nilai SKB tidak ada. "Setelah digabung nanti baru diurutkan atau dirangking. Diambil yang tertinggi, itu yang lolos," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (3/10/2020).

Pengumuman Kelolosan

Terkait pengumuman peserta yang dinyatakan lolos, menurut dia, jadwalnya masih tentatif atau bisa berubah. Jika sudah pasti, akan disampaikan kepada para peserta.

Jadwal sementara, pengolahan nilai SKD dan SKB dilaksanakan pada 8-18 Oktober 2020. Untuk integrasi hasil SKD dan SKB dilakukan pada 19-23 Oktober 2020. Penyampaian hasil seleksi dijadwalkan pada 26-28 Oktober 2020. Kemudian pada 30 Oktober 2020 pengumuman secara resmi.

Gagal Nyabup, Hartono Bentuk KAMI Wonogiri

"Perlu kami tegaskan, jadwal memang sudah direncanakan seperti itu. Namun masih bisa berubah. Kami imbau para peserta untuk sabar menunggu. Jika jadwal sudah pasti, nanti akan kami umumkan," ungkap dia.

Menurut Wahyudi, masing-masing peserta sebenarnya sudah mengetahui sendiri. Hasil tes SKD dan SKB langsung keluar setelah tes. Pastinya, para peserta sudah menjumlahkan atau menggabungkan nilai yang diperoleh. Sehingga sudah mengetahui nilai akhir. Namun hasil itu bukan pengumuman resmi.

Menurut pengamatan Wahyudi, rata-rata para peserta dibingungkan dengan pemberkasan terkait penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) yang akan diusulkan ke BKN.

Mantap! Beli Sapi di Wonogiri Kini Bisa Via Online

"Ini kan belum ada pengumuman resmi siapa yang dinyatakan lolos. Tahap pemberkasan itu dijadwalkan setelah ada pengumuman itu. Jadwal sementara, perkiraan akan dilaksanakan pada 1-30 November 2020. Kami berharap peserta bisa menunggu dengan sabar, sembari menunggu pengumuman resmi dari Pansel," kata Wahyudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya