Wah! Solo Untold Story Ungkap Profil Potensi Wisata yang Belum Ada di Wikipedia

Disbudpar Kota Solo meluncurkan buku berjudul Solo Untold Story berisi profil potensi wisata yang selama belum banyak diungkap maupun dikunjungi orang.

 Peluncuran Buku Solo Untold Story oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo di Hotel Horizon Aziza, Solo. Kamis (24/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

SOLOPOS.COM - Peluncuran Buku Solo Untold Story oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo di Hotel Horizon Aziza, Solo. Kamis (24/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Kota Solo meluncurkan buku profil potensi wisata berjudul Solo Untold Story: Beyond What You See. Isi dalam buku itu merangkum potensi-potensi wisata yang dianggap belum banyak diketahui masyarakat atau dikunjungi sebagai lokasi wisata di Kota Solo.

Bahkan, materi dalam buku itu disebut belum ada di laman wikipedia. Peluncuran buku setelah lebih dari 100 halaman itu digelar di Hotel Horison Aziza, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (24/11/2022). Diharapkan buku Solo Untold Story ini bisa lebih mengenalkan profil pariwisata di Kota Bengawan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Disbudpar Solo, Gembong Hadi Wibowo, berharap peluncuran buku Solo Untold Story ini bisa menjadi gambaran pariwisata di Kota Solo sekaligus menjangkau kaum milenial.

“Saya harap dengan peluncuran buku ini bisa menceritakan sisi-sisi wisata menarik di Kota Solo, dengan menjangkau kaum milenial sekaligus lebih memperkenalkan budaya Kota Solo,” ujarnya.

Dalam buku Solo Untold Story itu terdapat lima bab yang masing-masing berisi profil dari atraksi wisata di Kota Solo, mulai dari peristiwa, tempat bersejarah, ruang publik, kuliner hingga serba-serbi. Di bab peristiwa terdapat pembahasan mengenai acara Sekaten, Tradisi Adang Sega, Bubur Samin Orang Banjar, hingga Bersih Desa Mbah Meyek.

Baca Juga: Live Chat hingga Peta Wisata, Ini 10 Fitur Unggulan Aplikasi Let’s Go To Solo

Sedangkan di bab tempat bersejarah ada beberapa lokasi yang ditonjolkan kisahnya seperti Lokananta, Museum Radya Pustaka, Mamba’ul Ulum hingga Ndalem Jayakusuman. Sedangkan di Ruang Publik, ada Ponten Ngebrusan, Taman Jurug, hingga Stasiun Jebres.

Di bab kuliner ada pembahasan mengenai sejarah tengkleng, nasi liwet hingga sate kere ada juga tradisi minum teh dan angkringan di Kota Bengawan. Sedangkan di bab terakhir, mengenai serba-serbi mengenai sejarah Kapal Rajamala, Kampung Kemalyan, Villapark Banjarsari hingga Museum Samanhudi.

Tantangan dalam Penyusunan Buku Solo Untold Story

Menurut penulis serta penyusun buku Solo Untold Story, Heri Priyatmoko, buku itu mengangkat beragam potensi wisata yang belum tersentuh di Kota Solo. Baik dari segi sudut pandang ataupun hal-hal unik lainnya.

Baca Juga: Wajah Baru Wisata Kota Solo, dari Masjid Raya Sheikh Zayed hingga Lokananta

“Saya ingin menceritakan Kota Solo dengan lebih detail dan mengambil yang tidak ada dalam wikipedia ataupun buku pelajaran. Karena jika umum maka tidak melihat Kota Solo sebagai sesuatu yang unik kepada publik dan ingin menunjukkan kisah-kisah ini ada relevansi yang bisa disampaikan ke publik,” jelasnya kepada Solopos.com.

Menurut Dosen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ini beragam tantangan sempat dilaluinya dalam menyusun buku tersebut. Karena mengambil dari sumber utama, menurut Heri, diperlukan seleksi tema yang ketat dan juga relevansi dengan kejadian saat ini.

“Tantangannya menentukan tema terlebih dahulu, akhirnya kami kemudian mencari yang sifatnya mendesak dan dihadirkan dalam bentuk relevansi misal saat [pandemi] Covid-19 kami mengambil tema Stasiun Jebres yang dulu sempat menjadi lokasi di mana wabah pes waktu itu masuk kali pertama ke Kota Solo,” jelasnya.

Baca Juga: Anak Gaul Solo Wajib Coba, Ada Tempat Tongkrongan Asyik Baru Dekat Balekambang

Mengenai kapan buku tersebut akan dipasarkan secara luas, Heri menyebut masih dibahas lebih lanjut. Menurutnya, masih ada beberapa revisi yang akan dikerjakan.

”Kapan mulai dipasarkannya masih belum tahu, karena masih ada revisi terkait desain ataupun beberapa istilah seperti apakah menggunakan angkringan atau hik dan detail-detail lainnya,” tutupnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Dewa 19 Sihir Ribuan Penggemar, Kota Solo Luar Biasa

      Pantauan Solopos.com, ribuan penggemar Dewa 19 mulai berdatangan di Edutorium UMS sejak sore hari.

      RS Indriati Solo Baru Buka Layanan Bedah Plastik: Bantu Bentuk Tubuh Impian

      Rumah Sakit Indriati, Solo Baru, Sukoharjo, menggelar talk show dengan tema Mencapai Bentuk Tubuh Impian dengan Bedah Plastik.

      Kabar Duka: Mantan Bupati Boyolali Wafat, Pencetus Slogan "Boyolali Tersenyum"

      Mantan Bupati Boyolali periode 1984-1994, Brigjen (Purn) H. Mochamad Hasbi, tutup usia, Jumat (25/11/2022) sore pukul 17.15 WIB. 

      Tak Puas Hasil Seleksi, Calon Perdes Karangtalun Sragen Protes Panitia

      Gagal terpilih menjadi Kasi Pelayanan, calon perangkat desa Karangtalun, Kecamatan Tanon, Sragen, melayangkan surat keberatan kepada panitia seleksi. Ia menuding panitia tak transparan.

      Mantap! Mulan Jameela dan Penyanyi Solo Ikut Meriahkan Konser Dewa 19 Malam Ini

      Konser Dewa 19 di Solo bakal dimeriahkan Mulan Jameela dan Nisa, yang disampaikan promotor pada Sabtu (26/11/2022) jelang konser.

      Edutorium UMS Mulai Ramai, Ribuan Baladewa Bersila Menunggu Dewa 19

      Pantauan Solopos.com, ribuan penggemar Dewa 19 mulai berdatangan di Edutorium UMS sejak sore hari.

      Dibuka Pendaftaran Ratusan PPK-PPS Boyolali, Simak Jadwal dan Syaratnya

      KPU Boyolali membuka ratusan lowongan PPK dan PPS.

      Masyaallah! Murid SDN 1 Wonogiri Rama-Ramai Galang Dana untuk Korban Gempa

      SDN 1 Wonogiri menggalang dana untuk membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Viaduk Gilingan Solo akan Diperdalam Agar Bisa Dilewati Bus Pariwisata

      Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan akan memperdalam Viaduk Gilingan Solo agar bisa dilewati bus pariwisata yang hendak berkunjung ke Masjid Syeikh Zayed.

      Catat! Imbauan dan Larangan Nonton Konser Dewa 19 di Solo Malam Ini

      Do and dont saat konser Dewa 19 di Solo, di Edutorium UMS, Sabtu (26/11/2022) malam ini.

      Solo Bersiap! Malam Ini Konser Dewa 19 Dimeriahkan 4 Vokalis, 30 Lagu Hits

      Konser Dewa 19 di Solo bakal dimeriah karena Ahmad Dhani Cs dengan 30 lagu hits dan 4 vokalis.

      Kadisdik Boyolali Sebut Dosa Besar Pendidikan: Intoleransi & Kekerasan Seksual

      Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Darmanto, mengingatkan tiga dosa besar dunia pendidikan yakni bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi.

      UMKM Pinggiran Gunung Kemukus Belajar Branding Produk Bersama ISI Solo

      Banyak pelaku UMKM di sekitar Gunung Kemukus, Sragen, yang belum memahami pentingnya branding dan pengemasan produk.

      Banyak Kelebihan, Pupuk Organik Cair Buatan Warga Plupuh Sragen Diadopsi Pemkab

      Pupuk organik cair buatan petani milenial asal Plupuh, Sragen, berhasil menarik perhatian Pemkab untuk mengadopsinya dang menggunakannya untuk skala yang lebih luas.

      Cegah Inflasi Melonjak Tinggi, Sukoharjo Mulai Tanam Cabai Massal

      Pemerintah Sukoharjo melalui Dinas Pertanian dan Perikanan mencanangkan program gerakan penanaman cabai sebagai upaya pencegahan inflasi daerah. 

      Tak Lolos Seleksi Administrasi, Pendaftar PPPK Nakes Bisa Ajukan Keberatan

      Dari 448 nakes yang mendaftar PPPK di Karanganyar, 56 di antaranya dinyatakan tak memenuhi syarat. Mereka yang tak memenuhi syarat berkesempatan mengajukan keberatan paling lambat 27 November 2022.