Wah! Solo Untold Story Ungkap Profil Potensi Wisata yang Belum Ada di Wikipedia

Disbudpar Kota Solo meluncurkan buku berjudul Solo Untold Story berisi profil potensi wisata yang selama belum banyak diungkap maupun dikunjungi orang.

 Peluncuran Buku Solo Untold Story oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo di Hotel Horizon Aziza, Solo. Kamis (24/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

SOLOPOS.COM - Peluncuran Buku Solo Untold Story oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo di Hotel Horizon Aziza, Solo. Kamis (24/11/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Kota Solo meluncurkan buku profil potensi wisata berjudul Solo Untold Story: Beyond What You See. Isi dalam buku itu merangkum potensi-potensi wisata yang dianggap belum banyak diketahui masyarakat atau dikunjungi sebagai lokasi wisata di Kota Solo.

Bahkan, materi dalam buku itu disebut belum ada di laman wikipedia. Peluncuran buku setelah lebih dari 100 halaman itu digelar di Hotel Horison Aziza, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (24/11/2022). Diharapkan buku Solo Untold Story ini bisa lebih mengenalkan profil pariwisata di Kota Bengawan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Disbudpar Solo, Gembong Hadi Wibowo, berharap peluncuran buku Solo Untold Story ini bisa menjadi gambaran pariwisata di Kota Solo sekaligus menjangkau kaum milenial.

“Saya harap dengan peluncuran buku ini bisa menceritakan sisi-sisi wisata menarik di Kota Solo, dengan menjangkau kaum milenial sekaligus lebih memperkenalkan budaya Kota Solo,” ujarnya.

Dalam buku Solo Untold Story itu terdapat lima bab yang masing-masing berisi profil dari atraksi wisata di Kota Solo, mulai dari peristiwa, tempat bersejarah, ruang publik, kuliner hingga serba-serbi. Di bab peristiwa terdapat pembahasan mengenai acara Sekaten, Tradisi Adang Sega, Bubur Samin Orang Banjar, hingga Bersih Desa Mbah Meyek.

Baca Juga: Live Chat hingga Peta Wisata, Ini 10 Fitur Unggulan Aplikasi Let’s Go To Solo

Sedangkan di bab tempat bersejarah ada beberapa lokasi yang ditonjolkan kisahnya seperti Lokananta, Museum Radya Pustaka, Mamba’ul Ulum hingga Ndalem Jayakusuman. Sedangkan di Ruang Publik, ada Ponten Ngebrusan, Taman Jurug, hingga Stasiun Jebres.

Di bab kuliner ada pembahasan mengenai sejarah tengkleng, nasi liwet hingga sate kere ada juga tradisi minum teh dan angkringan di Kota Bengawan. Sedangkan di bab terakhir, mengenai serba-serbi mengenai sejarah Kapal Rajamala, Kampung Kemalyan, Villapark Banjarsari hingga Museum Samanhudi.

Tantangan dalam Penyusunan Buku Solo Untold Story

Menurut penulis serta penyusun buku Solo Untold Story, Heri Priyatmoko, buku itu mengangkat beragam potensi wisata yang belum tersentuh di Kota Solo. Baik dari segi sudut pandang ataupun hal-hal unik lainnya.

Baca Juga: Wajah Baru Wisata Kota Solo, dari Masjid Raya Sheikh Zayed hingga Lokananta

“Saya ingin menceritakan Kota Solo dengan lebih detail dan mengambil yang tidak ada dalam wikipedia ataupun buku pelajaran. Karena jika umum maka tidak melihat Kota Solo sebagai sesuatu yang unik kepada publik dan ingin menunjukkan kisah-kisah ini ada relevansi yang bisa disampaikan ke publik,” jelasnya kepada Solopos.com.

Menurut Dosen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ini beragam tantangan sempat dilaluinya dalam menyusun buku tersebut. Karena mengambil dari sumber utama, menurut Heri, diperlukan seleksi tema yang ketat dan juga relevansi dengan kejadian saat ini.

“Tantangannya menentukan tema terlebih dahulu, akhirnya kami kemudian mencari yang sifatnya mendesak dan dihadirkan dalam bentuk relevansi misal saat [pandemi] Covid-19 kami mengambil tema Stasiun Jebres yang dulu sempat menjadi lokasi di mana wabah pes waktu itu masuk kali pertama ke Kota Solo,” jelasnya.

Baca Juga: Anak Gaul Solo Wajib Coba, Ada Tempat Tongkrongan Asyik Baru Dekat Balekambang

Mengenai kapan buku tersebut akan dipasarkan secara luas, Heri menyebut masih dibahas lebih lanjut. Menurutnya, masih ada beberapa revisi yang akan dikerjakan.

”Kapan mulai dipasarkannya masih belum tahu, karena masih ada revisi terkait desain ataupun beberapa istilah seperti apakah menggunakan angkringan atau hik dan detail-detail lainnya,” tutupnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Agenda Solo Hari Ini: Masih Ada Pasar Thrift dan Pameran Produk Usaha Mikro

      Agenda Solo hari ini, Kamis (8/12/2022), masih ada market thrift atau awul-awul di hall Terminal Tirtonadi hingga pameran produk usaha mikro PLUT, Jebres.

      Gibran Ngaku Tak Bercanda soal Mau Nyumbang 10 Lagu di Acara Nikahan Kaesang

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak bercanda terkait rencananya menyumbang 10 lagi pada acara nikahan adiknya, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Berawan Tebal Pagi-Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 8 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Cuaca Solo Berawan Tebal Siang Ini, Simak Prakiraan Cuaca BMKG Kamis 8 Desember

      Prakiraan cuaca Kota Solo hari ini, Kamis (8/12/2022) bakal berawan tebal pada siang hari namun tidak ada prediksi hujan sepanjang hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 8 Desember 2022, Berawan Sepanjang Hari

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Kamis (8/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 8 Desember 2022, Mendung Tanpa Hujan

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (8/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 8 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Ini Daftar Seniman Pengisi 9 Panggung Hiburan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia pernikahan Kaesang-Erina telah menentukan sembilan seniman dan kelompok seniman untuk tampil mengisi panggung hiburan di sepanjang Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (11/12/2022).

      Pamerkan Koleksi Batik Terkini, Danar Hadi Solo Geber Fashion Show di 5 Kota

      Batik Danar Hadi memperkenalkan koleksi terkini mereka yang elegan dan memukau lewat fashion show di Rumah Batik Danar Hadi, Solo, Rabu (7/12/2022).

      Inilah Hasil Lengkap Pilkades di 15 Desa Wonogiri, 3 Cakades Petahana Tumbang

      Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap I 2022 di 15 desa di Kabupaten Wonogiri, Rabu (7/12/2022) telah rampung.

      Belum Dapat Undangan Pernikahan, Teman Masa SD Kaesang di Solo Kirim Doa

      Teman masa SD Kaesang Pangarep di Solo mengaku senang dan ikut mendoakan pernikahan Kaesang-Erina pada akhir pekan ini.

      UMK Sukoharjo 2023 Resmi Naik Jadi Rp2.138.274, Apindo: Berat Bagi Perusahaan!

      UMK Sukoharjo 2023 dipastikan naik 7,01 persen (Rp140.12) dari Rp1.998.153,18 menjadi Rp2.138.274 per bulan.

      Diduga Sakit, Ibu Rumah Tangga Ditemukan Meninggal di Rumah Karangdowo Klaten

      TW, 49, seorang perempuan ditemukan meninggal dunia di dalam rumah di Desa Karangwungu, Kecamatan Karangdowo, Rabu (7/12/2022) sore.

      Cakades Petahana Tambakmerang Girimarto Kalah di Pilkades Wonogiri

      Calon kepala desa (cakades) petahana di Tambakmerang, Kecamatan Girimarto, Margono menelan kekalahan di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap I 2022 di 15 desa di Kabupaten Wonogiri, Rabu (7/12/2022).

      Pasutri asal Desa Tanjung Nguter Sukoharjo, Jadi Rival dalam Pilkades

      Calon kepala desa (cakades) petahana Desa Tanjung, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, bakal menghadapi istrinya sendiri dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Kamis (8/12/2022).

      7 Gending Iringi Acara Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang-Erina, Berikut Maknanya

      Grup Seni Karawitan ISI Solo menyiapkan tujuh gending untuk mengiringi prosesi ngunduh mantu pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung, Minggu (11/12/2022).